INTENSI KEMERDEKAAN DAN DUNIA PERGERAKAN MAS MARCO KARTODIKROMO

Agus Sulton, Joko Susilo

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran Mas Marco dalam gerakan sosial pra-kemerdekaan. Gerakan sosial itu dilakukan dengan menghadirkan ilustrasi teks sederhana dan umum supaya mudah dimengerti oleh masyarakat pembaca. Hasil penelitian ini menemukan, bahwa gerakan sosial pra-kemerdekaan tidak hanya dilakukan dengan organisasi kerumanan. Narasi teks juga memiliki kemampuan untuk menjadikan pemerintah kolonial khawatir tentang intensi kemerdekaan. Respon pemerintah terhadap teks-teks yang diproduksi Mas Marco dapat menjadi bukti, narasi dapat memberi penyadaran kepada pembaca, bahkan menggerakkan seseorang untuk melakukan tindakan gerakan sosial.

Abstract: This study aims to reveal the role of Mas Marco in the pre-independence social movement. The social movement was carried out by presenting simple and general text illustrations so that it is easy to understand by the reading public. The results of this study found that the pre-independence social movement was not only carried out by crowd organizations. The narrative text also has the ability to make the colonial government worried about the intention of independence. The government's response to the texts produced by Mas Marco can be evidence, the narrative can provide awareness to readers, even move someone to take social movement actions.


Keywords


Mas Marco Kartodikromo; Narrative; Social Movement; Intention of Independence

Full Text:

PDF

References


Adam, A. B. (1995). The vernacular press and the emergence of modern Indonesian consciousness 1855-1913. New York: Southeast Asia Program Cornell University.

Cahyono, E. (2003). Jaman bergerak di Hindia Belanda: Mosaik bacaan kaoem pergerakan tempo doeloe. Jakarta: Yayasan Pancur Siwah.

Davis, J. E. (2002). Narrative and social movement: The power of stories. In Stories of change: Narrative and social movements. New York: State University of New York Press.

Dijk, K. van. (2007). The Netherlands Indies and the Great War 1914−1918. Leiden: Brill.

Dimjati, M. (1951). Sedjarah perdjuangan Indonesia. Djakarta: Widjaja.

Hartanto, A. D. (2017). Doenia bergerak: Keterlibatan Mas Marco Kartodikromo di zaman bergerakan (1890–1932). Temanggung: Kendi.

Johns, Y. (1981). The Japanese as educators: A personal view. In W. H. Newell (Ed.), Japan in Asia 1942−1945. Singapore: Singapore University Press.

Komandoko, G. (2008). Boedi Oetomo: Awal bangkitnya kesadaran bangsa. Yogyakarta: MedPress.

Lolali, H. (1994). Technisch onderwijs en sociaal-ekonomische verandering in Nederlands-Indië en Indonesië 1900−1958 [Scriptie]. Universiteit van Amsterdam.

Muljana, S. (1968). Nasionalisme sebagai modal perdjuangan bangsa Indonesia. Djakarta: Balai Pustaka.

Nasihin. (2012). Serikat Islam mencari ideologi 1924–1945. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Poesponegoro, M. D., & Notosusanto, N. (1981). Sejarah nasional Indonesia (Vol. 5). Jakarta: Balai Pustaka.

Prakosa, A. J. (2017). Diskriminasi rasial di kota kolonial Salatiga 1917–1942. Semarang: Sinar Hidoep.

Shiraishi, T. (1990). An age in motion: Popular radicalism in Java 1912–1926. New York: Cornell University Press.

Toer, K. S. (2002). Pergaoelan orang buangan di Boven Digoel. Jakarta: KPG.

Doenia Bergerak. (1914, January 31).

Doenia Bergerak. (1914, March 28).

Doenia Bergerak. (1914). No. 4.

Doenia Bergerak. (1914). No. 5.

Doenia Bergerak. (1914). No. 9.

Doenia Bergerak. (1914). No. 13.

Doenia Bergerak. (1914, April 18).

Darmo-Kondo. (1915, May 5).

Oetosan Melajoe. (1917, April 21). No. 81.

Sinar Djawa. (1918, February 28).

Sinar Djawa. (1918, April 23).

Sinar Hindia. (1918, August 17).

Islam Bergerak. (1919, July 10).

Darmo-Kondo. (1919, July 30).

Persatoean Hindia. (1919, December 20).

Sinar Hindia. (1921, August 26).

Persatoean Hindia. (1921, September 17).

Sinar Hindia. (1924, February 26).

“Perdelicht dan Surat Perlawanan dari Mas Marco Kartodikromo” di persidangan umum Landraad Djogjakarta pada hari Kamis, 8 Desember 1921.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v9i2.28504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram