SENI MENGELOLA DATA: PENERAPAN TRIANGULASI TEKNIK, SUMBER DAN WAKTU PADA PENELITIAN PENDIDIKAN SOSIAL

Andarusni Alfansyur, Mariyani Mariyani

Abstract


Abstrak: Karya tulis ini berjudul Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial.karya tulis ini dilator belakangi tentang banyaknya pertanyaan yang muncul tentang bagaimana menghilangkan keraguan dalam mengelola data pada penelitian pendidikan sosial dengan pendekatan kualitatif. Dalam penulisan karya tulis ini metode yang digunakan adalah metode library research. Kemudian hasil yang diperoleh bahwa dalam mengelola data penelitian pendidikan sosial haruslah menerapkan salah satunya triangulasi waktu, teknik dan sumber agar penelitian yang diinginkan dapat diterima kebenarannya.

Abstract:  This paper is entitled The Art Of Analisys Data: The Application of Technical Triangulation, Resources and Time in Social Education Research. This paper is based on the many questions that arise about how to remove doubts in managing data in social education research with a qualitative approach. In writing this paper, the method used is the library research method. Then the results obtained are that in managing social education research data one must apply, one of which is the triangulation of time, techniques and sources so that the desired research can be accepted as true.


Keywords


Triangulasi Pendidikan Sosial Mengelola Data

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. Sage publications.

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Moleong, L. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian kuantitatif dan kualitatif serta pemikiran dasar menggabungkannya. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 15(1), 128–137.

Satori, Djam’an, & Komariah, A. (2011a). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Satori, Djam’an, & Komariah, A. (2011b). Qualitative Research Methodology. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2013b). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014-0173-7.2

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit CV. Alfabeta.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R dan D. Alfabeta: Bandung.

Sugiyono, H. (2016). Metode kualitatif dan kuantitatif. Cetakan Ke-23. Alfabeta, Bandung.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

Zamili, M. (2015). Menghindar dari Bias: Praktik Triangulasi dan Kesahihan Riset Kualitatif. LISAN AL-HAL: Jurnal Pengembangan Pemikiran Dan Kebudayaan, 9(2), 283–304.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3432

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram