PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL THINK PAIR SHARE (TPS) PADA SISWA KELAS XI SMK
Abstract
Abstrak: Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research. Penelitian ini mengambil lokasi di SMK Negeri 1 Batukliang pada kelas XI yang berjumlah 24 siswa. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan dengan analisis statistik deskriptif dan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas XI SMK Negeri 1 Batukliang. Peningkatan tersebut terlihat dari peningkatan proses dan hasil. Peningkatan proses keterampilan berbicara terjadi pada saat berdiskusi berpasangan atau pair dan share dimana siswa mendapatkan ruang yang lebih guna mengasah keterampilan berbicara yang dimiliki. Siswa juga lebih berani dalam menyampaikan gagasan, ide, dan perasaan karena didukung dengan waktu khusus dalam berpikir yaitu think time. Peningkatan selanjutnya adalah peningkatan nilai rata-rata kelas serta ketuntasan yang diraih siswa. Pada pratindakan, persentase ketuntasan siswa adalah 12,5% dengan nilai rata-rata 5,49. Setelah dilakukan tindakan siklus I, persentase ketuntasan mecapai 52,63% dengan nilai rata-rata 7,11. Pada siklus II persentase ketuntasan juga meningkat menjadi 84,21% dengan nilai rata-rata 8,06. Dengan demikian, hasil keterampilan berbicara meningkat dengan penggunaan model TPS.
Abstract: This research is a type of Class Action Research (PTK) or Classroom Action Research. This study was conducted at State Vocational High School 1 Batukliang in grade XI with 24 students. The research design used in this class action research is a spiral model of Kemmis and Taggart. Data collection method in this research using observation and test. Data analysis is done with descriptive statistical analysis and qualitative analysis. The results showed that the use of the Think Pair Share (TPS) learning model can improve the speaking skills of students in grade XI of State Vocational High School 1 Batukliang. The improvement is seen from the improvement of processes and results. The improvement of the speaking skills process occurs when discussing pairs or pairs and shares where students get more space to hone their speaking skills. Students are also more courageous in conveying ideas, ideas, and feelings because it is supported by a special time in thinking that thinks time. The next improvement is the increase in the average grade and the achievements achieved by students. In pre-action, the percentage of student completion is 12.5% with an average score of 5.49. After the first cycle action, the percentage of completion reached 52.63% with an average value of 7.11. In the second cycle, the percentage of completion also increased to 84.21% with an average value of 8.06. Thus, the results of speaking skills increased with the use of the TPS model.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abbas, S. (2006). Pembelajaran bahasa Indonesia yang efektif di sekolah dasar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Ahmad, R., & Zuhdi, D. (2002). Pendidikan bahasa dan sastra indonesia di kelas tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang.
Al-Tabany, T. I. B. (2017). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Konteksual. Prenada Media.
Edi Suyanto, E. S. (2017). Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar: Kajian Historis-Teoretis dan Praktis Tulis.
Gorys Keraf, D. (2009). Diksi dan gaya bahasa. Gramedia Pustaka Utama.
Hermawan, D. (2018). KESANTUNAN BERBAHASA PADA ANAK USIA 11 TAHUN (Studi Kasus terhadap Anak Usia 11 Tahun). METAMORFOSIS| Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia Dan Pengajarannya, 11(1), 1–9.
Izzaty, R. E., Pendidikan, P. J. P., & Pendidikan, B. F. I. (2013). Pencerahan dan Kemandirian Peserta Didik: Sudut Pandang Psikologi Perkembangan. Jurusan Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan, Fakultas Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.
Musaba, Z. (2012). Terampil berbicara teori dan Pedoman Penerapannya. Yogyakarta: CV. Aswaja Pressindo.
Narendra, M. B. (2003). Penilaian pertumbuhan dan perkembangan anak. Jakarta: EGC.
Pendidikan, D. (n.d.). Kebudayaan.(1984/1985). Materi Dasar Pendidikan Program Akta Mengajar V Buku IA Filsafat Ilmu.
Sumadayo, S. (2013). Penelitian tindakan kelas. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Wahyuningsih, F. (2014). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TEKNIK THINK-PAIR-SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA) DI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 1 SIDOHARUM. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO.
Wiriaatmadja, R. (2009). Model Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaim, M. (2014). Metode penelitian bahasa: Pendekatan struktural.
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3531
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram