ANALISIS TINGKAT VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HOTS DENGAN SISTEM BARCODE

Mariyani Mariyani, Rini Setiyowati, Husnul Fatihah

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas lembar kerja peserta diidk berbasis HOTS dengan sistem barcode pada mata pelajaran PPKn. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RnD) dengan teknik pengumpulan data angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk menghimpun data dari para validator mengenai aspek materi, media, dan bahasa dalam lembar kerja peserta didik. Dokumentasi digunakan untuk menghimpun data mengenai materi yang akan dikembangkan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: (1) Tingkat validitas aspek materi dinyatakan valid dengan skor 85.7 % (2) Tingkat validitas aspek media dinyatakan valid dengan skor 84.8 %. Dengan demikian, bahan ajar yang telah dikembangkan dinyatakan valid.

Abstract:  This study aims to determine the validity level of HOTS-based student worksheets with the barcode system in civic education subjects. This research is a Research and Development (RnD) research with questionnaire data collection techniques and documentation. Questionnaires are used to collect data from validators regarding aspects of material, media, and language in student worksheets. Documentation is used to collect data about the material to be developed. The analysis technique used is descriptive quantitative. The conclusions of the research results are as follows: (1) The level of validity of the material and language aspects is valid with a score of 85.7% (2) The level of validity of the media aspects is declared valid with a score of 84.8%. Thus, HOTS-based student worksheets with the barcode system that have been developed are declared valid.

Keywords


LKPD, HOTS, PPKn, Barcode

Full Text:

PDF

References


Adhim, A. Y., & Jatmiko, B. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Guided Discovery dengan Kegiatan Laboratorium untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X SMA Pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika (JIPF).

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan bahan Ajar. Depdiknas.

Karsono. (2017). Pengaruh Penggunaan Lks Berbasis Hots Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar IPA SISWA SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, V, 50–57.

Majid, A. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. PT Reamaja Rosdakarya.

RI, K. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Ruminiati. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan SD. PT. Remaja.

Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Sukmadinata, N. S. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. PT Remaja Rosdakarya.

Widodo, T., & Kadarwati, S. (2013). Higher Order Thinkingberbasis Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Berorientasi Pembentukan. Cakrawala Pendidikan, 1, 161–171. https://journal.uny.ac.id/index.php/cp/article/view/1269/pdf

Yulianti, D., Pratiwi, I., & Dwijananti, P. (2017). Membangun Karakter Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbantuan LKS Berpendekatan Scientific Materi Kalor dan Perubahan Wujud. Physics Education Journal, 6(2), 69–76.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v5i2.3747

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram