KEARIFAN LOKAL TEKI FE'A DHADHO RADHA DALAM MEMBANGUN SOLIDARITAS SOSIAL PADA MASYARAKAT ADAT RENDU DI KECAMATAN AESESA SELATAN KABUPATEN NAGEKEO

Maria Goretty Djandon

Abstract


Kearifan lokal teki fe’a dhadho radha, merupakan salah satu kearifan lokal pada masyarakat adat Rendu yang hidup dan berkembang di Kecamatan Aesesa Selatan  Kabupaten Nagekeo. Kebudayaan lokal ini merupakan warisan dari para leluhur yang harus di laksanakan dan di lestarikan dari generasi ke generasi, yang syarat dengan  nilai-nilai kemanusisaan. Dalam realitanya, kearifan lokal teki fe’a dhadho radha yang berarti (berat sama dipikul, ringan sama dijinjing), ini menjunjung tinggi nilai persaudaraan dan nilai persatuan yang sampai saat ini masih tetap dilaksanakan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimana eksistensi kearifan lokal teki fe’a dhadho radha pada  masyarakat adat Rendu di Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo? b. Nilai-nilai solidaritas apa sajakah yang terdapat dalam kearifan lokal teki fe’a dhadho radha pada  masyarakat adat Rendu di Kecamatan Aesesa Selatan Kabupaten Nagekeo?

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kearifan lokal teki fe’a dhadho radha masih tetap dilakukan oleh masyarakat adat Rendu sampai saat ini, karena merupakan warisan leluhur yang harus di rawat dan dilestarikan dari waktu ke waktu oleh generasi penerusnya. Dalam kearifan lokal teki fe’a dhadho radha terdapat berbagai nilai yang menjadi pedoman hidup masyarakat adat Rendu antara lain nilai gotong royong atau to’o jogho waga sama, nilai keharmonisan atau muzi modhe ne’e keka bho’a  sa`o lange, nilai  persaudaraan atau ka’e azi moko doa dan nilai persatuan atau kolo sa toko tali sa tebu. Nilai-nilai inilah yang menjadi pegangan hidup masyarakat adat Rendu sampai saat ini.


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v7i1.9318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram