PENGARUH PENGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN POWTOON TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMAN 2 PERCUT SEI TUAN
Abstract
Abstrak: Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa di kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pelajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kulitatif dengan disain kuantir eksperimen. Populasi dalam pnelitian ini merupakan seluruh siswa kelas XI dengan pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik cluster random sampling. Sampel yang dipilih adalah kelas XI IPS 1 sebagai kelas eksperimen dengan pengunaan media pembelajaran powtoon yang berjumlah 36 orang dan kelas XI IPS-2 sebagai kelas kontrol dengan mengunakan media Gambar yang berjumlah 30 orang. Instrumen tes yang digunakan dalam penelitian adalah tes pilihan berganda. Soal sudah divalidasi oleh tim validator. Analisa data yang digunakan adalah dengan menggunakan uji t. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata pre test kelas eksperimen adalah 46,6 dan kelas kontrol adalah 46,4. setelah pembelajaran selesai diberikan post test dengan hasil nilai rata-rata kelas eksperimen 80,43 dan kelas kontrol 71.1. Analisis uji normalitas dan uji homogenitas pada kedua kelas diketahui bahwa data berdistribusi normal dan kedua kelas berasal dari kelompok yang homogen. Hasil uji t satu pihak diperoleh thitung> ttabel yaitu (04,67 > 1,671 ), artinya ada pengaruh yang signifikan dalam penguatan media pembelajaran powtoon terhadap hasil belajar siswa pada materi kedudukan jepang di Indonesia kelas XI IPS di SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan Tahun Pembelajaran 2021/2022.
Abstract: This study aims to determine the effect of powtoon learning media on student learning outcomes in class XI IPS at SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan for the academic year 2021/2022. The research method used is a qualitative method with a quantitative experimental design. The population in this research is all students of class XI with the sampling is done by means of cluster random sampling technique. The sample selected was class XI IPS 1 as an experimental class using the Powtoon learning media, amounting to 36 people and class XI IPS-2 as a control class using image media, amounting to 30 people. The test instrument used in the study was a multiple choice test. The questions have been validated by the validator team. Analysis of the data used is by using the t test. The results showed that the average pre-test score for the experimental class was 46.6 and the control class was 46.4. After the learning is complete, a post test is given with the results of the average value of the experimental class being 80.43 and the control class 71.1. Analysis of the normality test and homogeneity test in both classes showed that the data were normally distributed and both classes came from homogeneous groups. The results of the one-party t-test obtained tcount > ttable, namely (04.67 > 1.671), meaning that there is a significant influence in strengthening Powtoon learning media on student learning outcomes on the material of Japanese position in Indonesia in class XI IPS at SMA Negeri 2 Percut Sei Tuan. 2021/2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Haerullah, H., & Elihami, E. (2020). Dimensi Perkembangan Pendidikan Formal dan Non Formal. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 199–207.
Hasanah, N. M. (2019). Penyelenggaraan Jalur Pendidikan Formal dan Nonformal (Studi Kasus di PAUD Terpadu Salsabila Al-Muthi’in Yogyakarta). JECED: Journal of Early Childhood Education and Development, 1(2), 84–97.
Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. HOLISTIK, Journal Of Social and Culture.
PRATIWI, A. (2020). PENGEMBANGAN MEDIA POWTOON PADA PEMBELAJARAN SEJARAH MATERI PENDUDUKAN JEPANG DI INDONESIA UNTUK KELAS XI DI SMA NEGERI 1 DELITUA. Universitas Negeri Medan.
Soviawati, H. D. (2021). Pengaruh penggunaan media audio visual powtoon terhadap hasil belajar siswa materi konsep keadaan cuaca tema 5 subtema 1 pembelajaran 2 Kelas III MIM 18 Sumberrejo Bojonegoro. UIN Sunan Ampel Surabaya.
Sudjana, N. (2005). Metode Statistika Edisi keenam. Bandung: PT. Tarsito.
Sudjana, N. (2009). Penilaian hasil belajar proses belajar mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Alfabeta.
Sukiyasa, K., & Sukoco, S. (2013). Pengaruh media animasi terhadap hasil belajar dan motivasi belajar siswa materi sistem kelistrikan otomotif. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Yulianti, H., Iwan, C. D., & Millah, S. (2018). Penerapan Metode Giving Question And Getting Answer Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 6(2), 197–216.
DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v7i1.9465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram