PEMBENTUKAN KARAKTER DAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PADA PELAKSANAAN MATERI SEJARAH DAN KEBUDAYAAN DALAM KAJIAN IPS SD

Faidin Faidin, Suharti Suharti

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yakni untuk membentuk karakter dan berfikir kritis mahasiswa tentang konsep dasar sejarah dan kebudayaan Indonesia. Sejarah merupakan suatu ilmu yang mempelajari tentang masa lalu, masa kini, dan masa yang akan datang. Sedangkan kebudayaan adalah mempelajari segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat yang ditentukan oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Penelitian ini dilakukan pada tingkat mahasiswa di mata kuliah kajian IPS SD di STKIP Harapan Bima, menggunakan metode deskriptif kualitatif dalam rangka mendeskripsikan secara ilmiah data penelitian. Adapun hasil penelitian yakni meningkatnya karakter mahasiswa berdasarkan implementasi materi sejarah dan kebudayaan, yang menarik adalah mahasiswa dapat berfikir kritis dengan menggali dan menganalisa informasi apasaja yang berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan dalam pembelajaran kajian IPS SD.  


Keywords


karakter; Berpikir Kritis; Sejarah; Kebudayaan.

Full Text:

PDF

References


Widja, I Gde. (2018) Pembelajaran Sejarah yang Mencerdaskan: Suatu Alternatif Menghadapi Tantangan dan Tuntutan Jaman yang Berubah. Jurnal Pendidikan Sejarah Indonesia. Vol. 1, No. 2, 2018.

N. H. Kistanto. (2022). Konsep Kebudayaan. Universitas Diponegoro.

Abbas, dan Warmansyah E. (1996). Memahami Sejarah (sebuah Tanggung Jawab). Banjarmasin: Antra EWA Book Company.

Abdullah T, dan Suryomihardjo A. (1985). Ilmu Sejarah dan Historiografi. Jakarta : Gramedia.

Tamburaka, R E. (1999). Pengantar Ilmu Sejarah, Teori Filsafat sejarah, Sejarah Filsafat & Iptek. Jakarta : Rineka Cita.

G.J., Reinier. (1997). Metode dan Manfaat Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lutha, M. (1994). Kebudayaan. Padang: Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan IKIP Padang.

Judiani, S. (2010). Implementasi Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Melalui Pengamatan Pelaksanaan Kurikulum. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Volume 16 Edisi khusus III, Oktober 2010, Balitbang Kementerian Pendidikan Nasional.

Faidin, F., Suharti, S., & Lukman, L. (2022). Pelaksanaan Pendidikan Karakter berbasis Kearifan Ekologis untuk Mendukung Program Merdeka Belajar. JISIP Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 6(1), 2422–2430. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.36312/jisip.v6i1.2850

Zubaidah, S. (2020). Berpikir Kritis: Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi yang Dapat Dikembangkan melalui Pembelajaran Sains.




DOI: https://doi.org/10.31764/historis.v7i1.9663

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ALAMAT REDAKSI:
Program Studi Pendidikan Sejarah
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Muhammadiyah Mataram