INTEGRASI SISTEM PENDIDIKAN MADRASAH IBTIDAIYAH DAN PENDIDIKAN UMUM DALAM MEWUJUDKAN SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis integrasi antara sistem pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dan pendidikan umum dalam konteks sistem pendidikan nasional di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research), yaitu metode yang memanfaatkan berbagai sumber literatur untuk mengumpulkan data dan informasi yang relevan dengan topik yang diteliti. Hasil penelitian ini menunjukan integrasi sistem pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) dengan pendidikan umum dapat mendukung tercapainya tujuan sistem pendidikan nasional, sebab sistem pendidikan Islam dan sistem pendidikan umum tidak bisa dipisahkan karena dua sistem ini memang saling berhubungan, oleh karenanya sistem pendidikan Islam pada Madrasah Ibtidaiyah dan sistem pendidikan umum harus terkoneksi secara kodifikatif supaya terciptanya sistem pendidikan yang saling melengkapi dan saling menyempurnakan guna menjadikan pendidikan di Indonesia yang lebih bermutu tanpa mandang bulu dalam konteks ilmu. Pasalnya, perhari ini pendidikan itu malah mendikotomikan keilmuan, yakni membeda-bedakan antara pendidikan Islam yang notabenenya ilmu agama dan pendidikan umum yang notabenenya ilmu dunia. Padahal pendidikan itu sangat penting adanya keseimbangan untuk mencapai pendidikan yang mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan akhlak yang mulia dengan mengembangkan potensi peserta didik perlu adanya proses dialektika antara pendidikan Islam dan pendidikan umum sehingga output daripada proses dialektika tersebut berimplikasi terhadap sosok manusia yang berintelektual dan bermoral, agamis dan nasionalis, ideologis dan spiritualis.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin., H.M,. (2003) Ilmu Pendidikan Islam,. Jakarta: Bumi Aksara, 2003.
Darajat, Zakiah,. (1996). Ilmu Pendidikan Islam.Jakarta : Bumi Aksara.
Dhofier, Zamakhsyari,.(1992). “The Intellectualization of Islamic Studies in Indonesia” dalam Islamic Culture .
Departemen P & K,(1989). Undang-undang RI No. 2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Kloang Klede Jaya.
Fadjar, Malik., A.(1998) Visi Pernbaharuan Pedidikan Islam. Jakarta : LPP&PNI.
Hasan, M. Ali. Et al.,(2003). Kapita Selekta Pendidikan Islam.Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.
Ihsan, Fuad,. (2007) Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: CV Pustaka Setia.
Kasan Tholib,. (2009) Dasar-dasar Pendidikan. Jakarta: Studia Press.
Maksum, M. (1999) Madrasah Sejarah dan perkembangannya, Jakarta: Logos Wacana.
Purwanto, Ngalih,. (1995) Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung : PT Remaja.Rosdakarya.
Ramayulis, (2004) Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
Shulhah, Muwahid, et al. (1998). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.
Suhadi,.(2003). Pemberdayaan Pendidikan Masyarakat. Jakarta : LA. 2003.
Steenbrink, Karel A. (1994). Pesantren, Madarash, Sekolah; Pendidikan Islam Dalam Kurun Modern. Jakarta: LP3S.
Syaibany, et al. (2005), Fislsafat Pendidikan Islam: Pendekatan Historis, Teoritis dan Praktis. Jakarta: Ciputat Press.
Widdah, El, Minnah., (2012). Kepemimpina Berbasis Nilai dan Pengembangan Mutu Madrasah. Bandung: Alfabeta.
Jurnal
Achadi, M. W, (2018). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al-Ghazali, 1(2), 152-167,
Ahmad Gawdy., et al. (2022) 3 FAKTA MENARIK TENTANG KEDUDUKAN DAN PERAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL., OEAI (Journal of Education and Instruction) Volume 5, (1) Nomor 1, 240-246 https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/view/3635/2473
Al Aluf, Wilda, et al. (2024) Integrasi Tiga Pilar Pendidikan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan 9 (3) 1662-1667. file:///C:/Users/user/Downloads/2374-Article%20Text-12866-1-10-20240731.pdf
Dainuri,. (2018). Integrasi Pendidikan Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional., Al Hikmah Jurnal Studi Keislaman, Vol. 8, (1), 1-8 https://ejournal.kopertais4.or.id/pantura/index.php/alhikmah/article/view/3297
Hambali,.(2006). Konsep Pendidikan dalam Perspektif Tan Malaka, Jurnal Intelektualita, Vol.3, (1)
https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1164
Hasanah, U., et al. (2021) "Integrasi Kurikulum Umum dan Agama di MI." Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Vol. 8 (1), 45–52
Ikhwan, Afiful, (2018). Integrasi pendidikan Islam (Nilai-nilai Islami dalam Pembelajaran), Jurnal Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Tulung Agung, Vol. 2, (2), 179-194 https://ejournal.uinsatu.ac.id/index.php/taalum/article/view/574/411
Parhan, Muhamad., et al,. (2022). Konsep Integrasi Pendidikan Islam Dalam Pendidikan Nasional Sebagai Upaya Menghindari Dikotomi Pendidikan Di Indonesia., Al-Fikr Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 8, (1), 41-48 https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&opi=89978449&url=https://jurnal-tarbiyah.iainsorong
Pratama, Yoga Anjas,. (2019). Integrasi Pendidikan Madrasah Dalam Sistem Pendidikan Nasional (Studi Kebijakan Pendidikan Madrasah Di Indonesia., Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, Volume 10. No. (1) , 95-112 https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/tadzkiyyah/article/view/3838
Samrin. (2015). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional. Jurnal Al- Ta’dib. 8(1), 101-116 https://ejournal.iainkendari.ac.id/al-tadib/article/view/395
Wajiyah, W., & Hudaidah, H. (2021). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan, Jurnal Pendidikan dan Sosial, Vol. 3 (1), 97-106 https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa/article/view/1164
Zamroni, M. (2020). Pendidikan Karakter Berbasis Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, Vol. (7) 2, 153–165
DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v9i2.28000
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Ibtidaiy Stats
Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesia | p-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.
Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383
CURRENT INDEXING
EDITORIAL OFFICE