BIMBINGAN FIQIH SHOLAT KHUSYUK DI MASJID DARUL ARQOM DESA BATURINGGIT KECAMATAN SEKARBELA KOTA MATARAM

Saprun, Mappanyompa Saprun, Mappanyompa

Abstract


Abstrak:

Sholat itu memiliki kedudukan yang mulia didalam islam, bahkan sholat itu dijadikan sebagai tiang agama di dalam agama islam, artinya seseorang tidaklah dikatakan muslim manakala ia meninggalakan sholat, sebagaimana disebutkan didalam hdits Nabi yang masyhur “pokok segala urusan adalah islam, sedangkan tiangnya adalah sholat dan puncak perkaranya adalah jihad. Shalat merupakan kewajiban yang diwajibkan bagi setiap muslim yang baliq dan berakal. Penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan (field research) yang pengumpulan datanya dilakukan secara langsung dari lokasi penelitian. Data-data penelitian ini diperoleh langsung dari jama’ah sholat di Masjid Darul Arqom Baturinggit Kecamatan Sekarbele menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi Data-data yang dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis interaktif Model Miles dan Huberman yang meliputi reduksi data, menyajikan data, hingga memverifikasi dan menyimpulkan data, Adapun hasil penelitian ini adalah: pelatihan sholat khusyuk dengangan kitab 33 sebab yang menghantarkan kehusyukan di dalam sholat yang ditulis oleh Dr. Al-Munajjid berdampak sangant baik pada perubahan tatacara sholat, bacaan sholat dan perubahan sikap jama’ah seusai mempraktekkan gerakan sholat yang sesuai dengan tuntunan Rosul Sholallahu ‘alaihi Wasallam. Maka berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelatihan shalat khusyuk memiliki pengaruh positif dalam ritual ibadah sholat para peserta pelatihan di Masjid Daru Arqom.

Abstract:

Prayer has a noble position in Islam, even prayer is used as a pillar of religion in Islam.Itmeans that a person is not said to be a Muslim when he leaves the prayer. as mentioned in the famous hadith of the Prophet "the subject of all affairs is Islam".while the pillar is prayer and the peak of the matter is jihad. Prayer is an obligation that is obligatory for every Muslim who is baliq and reasonable.The research that the author does is field research, where data collection is carried out directly from the research location.The data of this study were obtained directly from the prayer congregations at the Darul Arqom Mosque Baturinggit, Sekarbele District using observations, interviews,collected were analyzed using the Miles and Huberman Model interactive analysis technique which includes data reduction, data presentation,to verify and conclude the data, The results of this study are:training in solemn prayer with the book of 33 reasons that lead to solemnity in prayer written by Dr. Al-Munajjid had a very good impact on changing prayer procedures,prayer readings and changes in the attitude of the congregation after practicing prayer movements in accordance with the guidance of the Prophet Sholallahu 'alaihi Wasallam. So based on the results of this study it can be concluded that the solemn prayer training has a positive influence on the prayer rituals of the trainees at Daru Arqom Mosque.

 


Keywords


Bimbingan, FiqihSholat, Khusyu’

Full Text:

PDF

References


Abdullah AS, Achyar Zein, S. A. (2017). Manhaj Imam An-nawawi Dalam Kitab Al-Arbain An-nawawiyah: Kajian Filosofi di Balik Pnulisan Kitab Hadis Al-arba’in An-nawawiyyah. At-Tahdis: Journal of Hadith Studies, 1, 30.

Arifin, M. Z. (2018). Konsep khusyuk dalam al-qur’an. Tesis Sarjana.

Hidayah, N. (2021). SHALAT KHUSYU’ SEBAGAI TERAPI KETENANGAN JIWA (Kajian Surat Al- Mu’minun A yat 2).

Hukum, K. P., Studi, P., Mazhab, P., Hukum, D. A. N., Syariah, F., Hukum, D. A. N., & Hidayatullah, U. I. N. S. (2017). Kepastian Hukum Tentang Khusyu ‘ Dalam Salat Menurut Fikih ( Hukum Islam ).

Purahman, P. (2018). Salat khusyuk dalam perspektif alquran dan sains. http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/26357

Romadhon, Y. A. (2019). Pengembangan Alat Ukur Khusyuk Sholat Dalam Kaitan Pengaruh Positifnya Bagi Kesehatan. MAGNA MEDICA: Berkala Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 6(1), 88. https:// doi.org/10.26714/ magnamed.6.1. 2019.88-98

Safrilsyah. (2013). Psikologi Ibadah Dalam Islam. https://repository.ar-raniry.ac.id/id/eprint/12147/1/1. PSIKOLOGI IBADAH %281%29_merged.pdf

Salat Sebagai Media Terapi Jiwa Perspektif Tafsir Sufistik Ru > H } Al- Ma ’ a > Ni > Karya Al-Alusi. (2020).

Suri, P. I. (2014). THE INFLUENCE FERVENT PRAYER TRAINING TO REDUCE PREMARITAL SEXUAL BEHAVIOR ON DATING UNIVERSITY STUDENTS. 6(2), 181–192.

Wiliyani, U. (2013). Konsep Tahajjud Dalam Perspektif Imam Ghajali. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Abdurrahman, 2012, Tafsir Al-Qur’an (5) Surat Al-Mu’minun-Saba, (Terjemahan Muhammad Iqbal, dkk), Jakarta: Darul Haq.

Abidin, Fadhil Zainal, 2019 Terapi Shalat Khusyuk Menarik Rezeki Bertubi-Tubi, Jakarta: Wahyu Qalbu. Al-Isfari, Abu

Muhammad, 2014, Shalat, Solusi Hidupku, Surakarta: Shahih.

Amin, Muhammad Rusli dkk., 2014, Psikologi Shalat Untuk Orang Sukses, Jakarta: AMP Press

Aqib, Zainal, 2013, Konseling Kesehatan Mental: untuk Mahasiswa, Guru, Konselor, Dosen, Bandung: Yrama Widya.

Media. Chirzin, Muhammad, 2010, Buku Pintar Asbabun Nuzul, Jakarta: Zaman.

Imran, Ali, 2011, Fiqih, Bandung: Citra Pustaka Media Perintis.

Karzon, Anas Ahmad, 2010, Tazkiyatun Nafs, (Terjemahan Emiel Threeska), Jakarta: Akbar Media.

Kurniawan, Iwan, 2015, The Miracle of Shalat, Bandung: Marja. 2015

Latifah, Ummi, 2016, Shalat Tahajjud Sebagai Media Terapi Dalam Mewujudkan Ketenangan Jiwa, Skripsi Jurusan Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, IAIN Padang sidimpuan, Padang Sidempuan.

Purahman, 2018, Salat Khusyuk Dalam Perspektif Alquran Dan Sains, Skripsi Jurusan Ilmu Alqur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Rasyid, Sulaiman, 2010, Fiqh Islam, Bandung: Sinar Baru Algesindo

Sabiq, Sayyid. 2011. Fikih Sunnah, (Terjemahan Khairul Amru Harahap dkk), Jakarta: Cakrawala Publishing

Safrilsyah, 2013, Psikologi Ibadah dalam Islam, Banda Aceh: Naskah Aceh.

Shaleh, Moh, 2016, Terapi Shalat Tahajjud: Menyembuhkan Berbagai Penyakit, Jakarta: Mizan Publika.

Sugiyono, 2016, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method), Bandung: Alfabeta.

Sulaiman, 2017, Ringkasan Fiqih Sunnah, (Terjemahan Ahmad Zaeni Dachlan), Depok: Senja Media Utama.

Sumawati, Tiara, 2020, Salat Sebagai Media Terapi Jiwa Perspektif Tafsir Sufistik Ruh Al-Ma’ani Karya Al-Alusi, Skripsi Jurusan Ilmu Alqur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Filsafat, UIN Sunan Ampel, Surabaya.

Wulandari, Dewi, 2019, Perspektif Imam Al-Ghazali Tentang Amalan Shalat Sebagai Terapi Batin, Skripsi Jurusan Tasawuf Psikoterapi, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

Yusuf, Muri, 2014, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Jakarta: Prenadamedia Group.




DOI: https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i2.6297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Ibtidaiy Stats

Published by: Ibtida'iy : Jurnal Prodi PGMI incollaboration with Perkumpulan Dosen PGMI Indonesiap-ISSN: 2502-504X dan e-ISSN 2615-1332.

Email: ibtidaiy.[email protected]| Contact: 082333380383

CURRENT INDEXING

     

         

EDITORIAL OFFICE