Pedagogical Strategies Rooted in Ki Hadjar Dewantara’s Philosophy to Improve Students’ Social Skills
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apsari, N. C., Nurfauziah, L. S., & Aisah, D. H. S. (2023). Dampak Penggunaan Gawai (Gadget) Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini. Share: Social Work Journal, 13(1), 11–22.
Arief, M. I., & Yuwanto, L. (2023). Gotong Royong Sebagai Budaya Bangsa Indonesia Ditinjau Dari Teori Nilai (Basic Human Values Theory). Jurnal Cahaya Mandalika, 4(2), 490–497.
Bandura, Albert. (1977). Social learning theory. Prentice Hall.
Budi, C. (2018). Manajemen Pembelajaran (1st ed.). Unnes Press.
Choiriyah, S., Masruroh, S., Imamah, N., Laili, A., & Kunaifi, H. (2024). Peran Guru Dalam Pencegahan Bullying Di Sekolah. Journal Educatione: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(2), 112–126.
Darmiany. (2021). Keterampilan Sosial Modal Dasar Remaja Bersosialisasi Di Era Global (M. A. Maulidya, Ed.; 1st ed.). Sanabil.
Dewantara, K. H. (2013a). Ki Hadjar Dewantara, Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka. Bagian Kedua: Kebudayaan (5th ed.). UST Press bekerjasama dengan Majelis Luhur Persatuan Tamansiswa.
Dewantara, K. H. (2013b). Ki Hadjar Dewantara : Pemikiran, Konsepsi, Keteladanan, Sikap Merdeka I Pendidikan (5th ed.). UST Press bekerja sama dengan Majelis Luhur Persatuan Taman Siswa.
Dyah Priyana, W., & Hady, N. (2023). Pelaksanaan pendidikan karakter gotong royong melalui pembelajaran PPKn di SMA Negeri 01 Batu. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 3(9), 960–967.
Faliyandra, F. (2019). Tri Pusat Kecerdasan Sosial Membangun Hubungan Baik Antar Manusia Pada Lingkungan Pendidikan Di Era Teknologi (1st ed.). Literasi Indonesia.
Febriana, R. (2021). Kompetensi Guru (S. B. Fatmawati, Ed.; 1st ed.). Bumi Aksara.
Goleman, D. (2024). Social Intelligence, Ilmu baru tentang hubungan antar manusia (H. Imam, Trans.; 8th ed.). PT Gramedia.
Hailitik, H. J., & Kuswandi, D. (2024). Belajar Dari Keunggulan Pengelolaan Pendidikan Finlandia Dan Relevansinya Dengan Pemikiran Ki Hajar Dewantara Tentang Pendidikan. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 3(1), 64–75.
Herlambang, Y. T. (2023). Pedagogik: Telaah Kritis Ilmu Pendidikan Dalam MultiPerpektif (Y. Abidin & R. A. Kusumaningtyas, Eds.; 3rd ed.). Bumi Aksara.
Hikamudin, E., Robandi, B., Nuryani, P., Riyadi, A. R., Aryanti, Peniasiani, D., & Kurniasih, S. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Dan Penilaian Hasil Belajar (1st ed.). Yayasan Sahabat Alam Rafflesia.
Isrizal. (2024, July 13). Tantangan Guru dalam Membentuk Keterampilan Sosial Siswa. Padang.Kemenag.Go.Id.
Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia. (2025). Naskah Akademik Pembelajaran Mendalam Menuju Pendidikan Bermutu Untuk Semua. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Dasar dan Menengah Republik Indonesia.
Kholish, A., Jawahir, A. S., Halimah Putri, E., Lativa, F., & Naurah Nazhifah, S. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Gotong Royong : Peran Mahasiswa dalam Program KKN di Teluk Kabung Tengah. Manaruko: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 73–79. https://doi.org/10.24036/manaruko.v2i2.26
Mustaghfiroh, V., & Listyaningsih. (2023). Strategi Sekolah Dalam Menginternalisasikan Nilai Karakter Gotong Royong Pada Siswa Di Smp Negeri 1 Prambon Nganjuk. Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 11(1), 382–397.
Muzakar, A., Azizurrahman, A., & Khotmi, N. (2023). Psikologi Sosial (1st ed.). Itskermus Press.
Nahdiyah, A., Prasetyo, S., & Wulandari, N. (2023). The Concept of Educational Philosophy of Humanism Perspective in the Free Learning Curriculum and the Independent Campus (MBKM). Jurnal Filsafat Indonesia, 6(2), 143–151.
Nurhaliza, S. (2024). Pendidikan Agama Islam dan Peningkatan Keterampilan Sosial dalam Memainkan Peran Penting Membentuk Karakter Moral dan Sosial Siswa. Integrated Education Journal, 1.
Nurlina, Ariani, Masruro, Z., Zahara, S., Saragih, R., Hasibuan, S. S., & Simamora, T. (2022). Belajar dan Pembelajaran (N. Rismawati, Ed.; 1st ed.). CV Widina Bakti Persada.
Pambudi, K. S., & Utami, D. S. (2020). Menegakkan Kembali Perilaku Gotong – Royong Sebagai Katarsis Jati Diri Bangsa. CIVICUS : Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila & Kewarganegaraan, 8(2), 12–17.
Pranoto, S. W. . (2017). Ki Hajar Dewantara, pemikiran dan perjuangannya. Museum Kebangkitan Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Pransiska, L., Santoo, G., Firmasyah, A., & Kartini, A. (2023). Mengukuhkan Kebersamaan Sikap Bergotong Royong Dan Kolaborasi Di Kelas 3. Jurnal Pendidikan Transformatif (JPT), 2(4). https://doi.org/https://doi.org/10.9000/jpt.v2i4.636
Pratidina, N. D., & Mitha, J. (2023). Dampak Penggunaan Media Sosial terhadap Interaksi Sosial Masyarakat: Studi Literature. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 810–815.
Purba, S., Iskandar, A., Khalik, M. F., & Syam, S. S. (2021). Landasan Pedagogik: Teori dan Kajian (1st ed.). Yayasan Kita Menulis.
Sadulloh, U. (2022). Pedagogik (Vol. 9). ALFABETA, cv.
Sangaswari, G. O., Syaifullah, H. I., Ibrahim, M. D. M., Sumarni, N., Dwiyanti, S. K., & Rakhman, A. (2024). Peran Keterampilan Sosial Membentuk Hubungan yang Sehat Dalam Mempengaruhi Interaksi Sosial di Lingkungan Sosial. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i3.2695
Santika Virdi, Husnul Khotimah, & Kartika Dewi. (2023). Sosiologi Pendidikan Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah. Protasis: Jurnal Bahasa, Sastra, Budaya, Dan Pengajarannya, 2(1), 162–177. https://doi.org/10.55606/protasis.v2i1.86
Sari, F., Sesmiarni, Z., & Febriani, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMAN 5 Payakumbuh. Al I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 11(3), 281–288.
Sauri, S., Kosasih, A., Mustamin, H., Syafeie, A. K., Kusniasari, S., Parina, Nugraha, R. A., Fuadi, abdurrahman, Supriatna, A., Fuadin, A., Kuswanto, Mayenti, Y. S., Prihantini, M., & Hilman, I. (2023). Pembinaan Karakter di Lembaga Pendidikan (A. Fuadin, Ed.). CV. Jendela Hasanah.
Schunk, D. H. (2012). Learning Theories, an educational perspective (E. Hamdiah & R. Fajar, Trans.; 6th ed.). Pustaka Pelajar.
See, S. (2022). Kontribusi Pendidikan IPS Terhadap Pembentukan Karakter Sosial Peserta Didik di Sekolah Dasar. Ekspektasi: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(2), 140–147. https://doi.org/10.37478/jpe.v7i2.2296
Singleton, W. T. (Ed.). (1983). Social Skills, The Study of Real Skills (1st ed., Vol. 4). MTP Press Limited.
Sugiyono. (2020). Metode penelitian kuantitatif-kualitatif dan R&D (Sutopo, Ed.; 2nd ed.). CV Alpabeta.
Sumar, W. T., & Rajak, I. A. (2016). Strategi Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Soft Skill (1st ed., Vol. 1). Deepublish.
Sutisna, Y. (2012). Gotong Royong Inti Sikap Budaya Bangsa (A. Ariestuti, Ed.). CV Rizky Aditya.
Vygotsky, L. (1978). Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes (M. Cole, V. Steiner, S. Scribner, & E. Souberman, Eds.). Harvard University Press.
Zaini, M. (2021). Manajemen Pembelajaran, Kajian teoritis dan Praktis. (Subakri, Ed.). IAIN Jember Press.
Refbacks
- There are currently no refbacks.