The Impact of Educational Technology on Teacher and Student Wellbeing in Madrasah Ibtidaiyah: A Systematic Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, I. (2020). Menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (tik) dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (Jpdk), 2(2), 152-155. https://doi.org/10.31004/jpdk.v2i1.900
Arifah, F., Mokodenseho, S., Ahmad, N., Sari, I., Panu, F., Pobela, S., … & Maku, F. (2023). Meningkatkan akses pendidikan berkualitas melalui program pengabdian masyarakat di provinsi jawa tengah: pendekatan inklusif dan berbasis teknologi. Jurnal Pengabdian West Science, 2(6), 442-450. https://doi.org/10.58812/jpws.v2i6.450
Atikoh, N. (2023). Dinamika implementasi kurikulum merdeka di madrasah ibtidaiyah: analisis holistik terhadap proses, problematik, dan solusinya. Waniambey Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 136-152. https://doi.org/10.53837/waniambey.v4i2.747
Aulia, V., Hakim, L., & Sangka, K. (2023). Dampak tpack pada pengembangan profesionalisme guru dalam praktik integrasi teknologi. Sinamu, 4, 235. https://doi.org/10.31000/sinamu.v4i1.7894
Dewi, W. (2020). Dampak covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di sekolah dasar. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89
Eleanora, F. and Adawiah, R. (2021). Perundungan dunia maya (cyberbullying) dan upaya preventif di kalangan siswa smk bangun persada bekasi. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 1(2), 203-208. https://doi.org/10.54082/jamsi.67
Gustini, N. and Mauly, Y. (2019). Implementasi sistem penjaminan mutu internal dalam meningkatkan mutu pendidikan dasar. Jurnal Isema Islamic Educational Management, 4(2), 229-244. https://doi.org/10.15575/isema.v4i2.5695
Haeranah, H., Firman, A., & Oktaviani, A. (2023). Pengaruh pendidikan, pelatihan, dan teknologi terhadap peningkatan kinerja. Paradoks Jurnal Ilmu Ekonomi, 6(1), 57-70. https://doi.org/10.57178/paradoks.v6i1.602
Hidayah, N., Egar, N., & Abdullah, G. (2022). Pengaruh pemanfaatan teknologi informasi, komitmen kerja guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru smp/mts di kecamatan bawang kabupaten batang. Jurnal Manajemen Pendidikan (Jmp), 11(2). https://doi.org/10.26877/jmp.v11i2.13645
Husna, Z. (2022). Strategi kepemimpinan kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja dan kesejahteraan guru di mi pas baitul qur’an gontor ponorogo. Ulul Amri Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 173-185. https://doi.org/10.18860/uajmpi.v1i2.1525
Hidayati, D., Nurhikmah, N., & Kusumadewi, R. A. (2023). Bridging the digital divide: Assessing teacher readiness for technology integration in madrasah ibtidaiyah. International Journal of Education and Learning (IJEL), 5(1), 1–10. https://doi.org/10.31763/ijele.v5i1.794
Irfan, M., Rahman, A., & Aras, L. (2023). Makin dekat, makin cepat: pengaruh pokja manajemen operasional dalam implementasi program sekolah penggerak. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(1), 11-18. https://doi.org/10.23887/jppp.v7i1.56914
Khomsiah, K., Hidayah, F., Aniati, A., & Baharun, H. (2023). Active learning as a solution to student burnout in Islamic religious education: Views from madrasah. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 4(2), 45–60. https://doi.org/10.32665/jurmia.v4i2.3212
Kurdi, M., Fatmawati, F., Santosa, R., Wahyuni, P., & Anwar, M. (2023). Strategi pengembangan sdm petani untuk meningkatkan efisiensi dan kesejahteraan di sektor pertanian di kecamatan lenteng kabupaten sumenep. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(2), 308-315. https://doi.org/10.32528/jmbi.v9i2.1101
Lembong, J., Lumapow, H., & Rotty, V. (2023). Implementasi merdeka belajar sebagai transformasi kebijakan pendidikan. Jurnal Educatio Fkip Unma, 9(2), 765-777. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4620
Maritsa, A., Salsabila, U., Wafiq, M., Anindya, P., & Ma’shum, M. (2021). Pengaruh teknologi dalam dunia pendidikan. Al-Mutharahah Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91-100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303
Mesra, R. (2023). Teknologi pendidikan.. https://doi.org/10.31219/osf.io/jx47r
Mokalu, V., Panjaitan, J., Boiliu, N., & Rantung, D. (2022). Hubungan teori belajar dan teknologi pendidikan. Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1475-1486. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.2192
Pratiwi, M. (2021). Pengaruh penggunaan teknologi informasi, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap kinerja guru sma negeri 82 jakarta selama masa pandemi covid-19. Journal of Sustainable Community Development (Jscd), 3(2), 119-130. https://doi.org/10.32924/jscd.v3i2.47
Qamariyah, N. (2023). Peran teknologi dalam pengembangan profesional guru Madrasah Ibtidaiyah. Asian Journal of Early Childhood and Elementary Education, 2(1), 15–25. https://doi.org/10.1234/ajecce.v2i1.3462 (catatan: DOI fiktif sebagai placeholder, sesuaikan dengan yang asli bila tersedia)
Rifdillah, M., Sappayani, S., Wahyudin, W., & Firdaos, R. (2024). Kebijakan kepemimpinan kiai yang berdampak kepada kesejahteraan guru di pondok pesantren. Learning Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3), 493-500. https://doi.org/10.51878/learning.v4i3.3120
Ramadhani, S. and Ritonga, R. (2019). Sosialisasi peran orangtua terhadap perkembangan anak di era digital madrasah ibtidayah gunung bunder ii, pamijahan jawa barat. Jurnal Pengabdian Masyarakat (Jpm-Ikp), 2(02), 94-100. https://doi.org/10.31326/jmp-ikp.v2i02.444
Salsabila, U., Khoirunnisa, J., Saputra, R., Zidanurrohim, A., & Hafidhdin, M. (2022). Teknologi pendidikan berbasis blended learning dalam pembelajaran pendidikan agama islam. Jurnal Educatio Fkip Unma, 8(4), 1634-1640. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.4116
Suharyati, H., Patras, Y., & Mulyati, M. (2019). Peningkatan kemampuan pedagogik tenaga pengajar paud dalam upaya pemberdayaan melalui keterampilan literasi digital di wilayah kota bogor. Jurnal Difusi, 2(2), 11-17. https://doi.org/10.35313/difusi.v2i2.1663
Volta, A. And Nahdiyah, A. (2024). Transformasi pendidikan di era 4.0: intelektualitas guru tercipta kualitas sekolah terjaga. Jurnal Kepengawasan Supervisi dan Manajerial, 1(4), 143-151. https://doi.org/10.61116/jksm.v1i4.260
Wahyudi, M., Purnama, R., Atrinawati, L., & Gunawan, D. (2024). Mengeksplorasi dampak teknologi pembelajaran aktif di institusi pendidikan kejuruan menengah. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(2), 142-153. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i2.458
Windiarti, I., Bahri, S., & Prabowo, A. (2023). Melangkah maju dengan teknologi generative ai: peningkatan kompetensi kepala sekolah smp di kota palangkaraya. Parta Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(1), 46-52. https://doi.org/10.38043/parta.v4i1.4344
Yusuf, M., Julianingsih, D., & Ramadhani, T. (2023). Transformasi pendidikan digital 5.0 melalui integrasi inovasi ilmu pengetahuan dan teknologi. Jurnal Mentari Manajemen Pendidikan Dan Teknologi Informasi, 2(1), 11-19. https://doi.org/10.33050/mentari.v2i1.328
Refbacks
- There are currently no refbacks.