The Effectiveness of Teacher Training in Implementing Merdeka Curriculum in Madrasah Ibtidaiyah: A Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, N., Wulandari, A. N., & Hidayati, N. (2023). Inovasi pembelajaran berbasis teknologi dalam implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 145–158. https://doi.org/10.21043/jpi.v11i2.15234
Anggara, B., Wandari, W., Nugraha, A., Saparudin, I., & Tasman, M. (2023). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar melalui penguatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis hypothetical learning trajectory. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.31943/abdi.v5i1.91
Anggara, B., Wandari, W., Nugraha, A., Saparudin, I., & Tasman, M. (2023). Peningkatan kompetensi guru sekolah dasar melalui penguatan pembelajaran berdiferensiasi berbasis hypothetical learning trajectory. Abdi Wiralodra : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 45-58. https://doi.org/10.31943/abdi.v5i1.91
Anriani, S., Fatimah, L., & Maulana, R. (2025). Hambatan implementasi Kurikulum Merdeka di Madrasah Ibtidaiyah: Studi kasus pada MI di daerah 3T. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 33–45. https://doi.org/10.32678/jpdi.v6i1.2123
Imron, M. (2024). Strategi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di MIN Kota Semarang. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 55–70. https://doi.org/10.24042/atjpi.v15i1.12345
Lubis, M., & Sumiatun, N. (2024). Peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 101–114. https://doi.org/10.31227/osf.io/zab29
Meilana, S. F., Pramudiani, P., & Zulherman, Z. (2024). Pelatihan pembuatan e-rapor pada kurikulum merdeka. BERBAKTI : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 17-21. https://doi.org/10.30822/berbakti.v2i1.3263
Meilana, S., Pramudiani, P., & Zulherman, Z. (2024). Pelatihan pembuatan e-rapor pada kurikulum merdeka. BERBAKTI, 2(1), 17-21. https://doi.org/10.30822/berbakti.v2i1.3263
Muhafid, E. A. and Retnawati, H. (2023). Persiapan guru sd untuk menerapkan kurikulum merdeka tahun 2022: sebuah studi fenomenologi. CERMIN: Jurnal Penelitian, 6(2), 637. https://doi.org/10.36841/cermin_unars.v6i2.2566
Mustofa, M. and Mariati, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar: dari teori ke praktis. Indonesia Berdaya, 4(1), 13-18. https://doi.org/10.47679/ib.2023371
Mutaqin, Z., Nurhadi, T., & Rachmawati, E. (2024). Evaluasi implementasi Kurikulum Merdeka menggunakan model CIPP pada Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 8(1), 23–39. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.40261
Oktaviani, S. and Ramayanti, F. (2023). Analisis kesiapan sekolah dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(3), 1454-1460. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5156
Pangestika, H., & Nurfuadi, A. (2024). Strategi pembelajaran berbasis nilai keislaman dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Kependidikan Islam, 9(2), 87–100. https://doi.org/10.24252/jki.v9i2.32410
Pratama, L. D. and Lestari, W. (2020). Pengaruh pelatihan terhadap kompetensi pedagogik guru matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 278-285. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.207
Raihan, S. (2024). Pelatihan pembelajaran inovatif pada kurikulum merdeka untuk guru sekolah dasar di bontomarinra. Archive Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 338-348. https://doi.org/10.55506/arch.v3i2.113
Ramadan, F. and Tabroni, I. (2020). Implementasi kurikulum merdeka belajar. Lebah, 13(2), 66-69. https://doi.org/10.35335/lebah.v13i2.63
Saptiwi, N. (2023). Evaluation of teachers' understanding of curriculum 2013 and merdeka curriculum in early childhood education institutions (paud)". Jurnal Pendidikan Indonesia Teori Penelitian Dan Inovasi, 3(1). https://doi.org/10.59818/jpi.v3i1.433
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104, 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.07.039
Supriyadi, S., Lia, R., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., Suraji, S., … & Husain, S. (2023). Program pengabdian masyarakat unnes: pelatihan pembelajaran berdiferensiasi dan asesmennya bagi guru sd. PSNPM, 1. https://doi.org/10.61142/psnpm.v1.98
Torraco, R. J. (2005). Writing integrative literature reviews: Guidelines and examples. Human Resource Development Review, 4(3), 356–367. https://doi.org/10.1177/1534484305278283
Uluwiyah, T., Kholis, N., & Iskarim, M. (2024). Analisis penggunaan platform merdeka mengajar oleh guru pai & bp dalam akselerasi implementasi kurikulum merdeka. Jurnal Basicedu, 8(1), 659-666. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i1.7014
Vitriana, B., Gustina, L. H., Purwanti, S., & Ramadhani, D. (2024). In house training, simulasi perangkat pembelajaran paud dan membangun karakter guru ideal. Jurnal Syntax Admiration, 5(10), 4275-4284. https://doi.org/10.46799/jsa.v5i10.1705
Wahyudi, A., Syamsuddin, A., & Halim, A. (2024). Penguatan strategi pembelajaran inovatif melalui pelatihan Kurikulum Merdeka di MI. Journal of Islamic Primary Education, 5(1), 12–27. https://doi.org/10.5430/jipe.v5n1.98320
Refbacks
- There are currently no refbacks.