Development of Science-Islam Integrated Thematic Teaching Materials through Teacher Assistance in Madrasah Ibtidaiyah
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adyaksa, h. F., & sudirman, a. (2024). Model integrasi sains dan islam dalam pendidikan dasar: tinjauan teoritik dan praktik di madrasah. Jurnal pendidikan islam, 10(1), 15–28.
Bujuri, d. A., & utami, f. N. (2023). Integrasi nilai-nilai islam dalam pengembangan bahan ajar tematik madrasah ibtidaiyah. Jurnal pendidikan madrasah ibtidaiyah, 5(2), 101–115.
Nurjanah, s., ramadhani, r., & aziz, a. (2017). Pengembangan modul pembelajaran sains berbasis nilai-nilai islam untuk meningkatkan karakter religius siswa. Jurnal pendidikan sains dan keislaman, 3(1), 35–45.
Tahir, m. (2021). Integrasi agama dan sains dalam pembelajaran di madrasah: studi implementatif di mi unggulan. Jurnal pendidikan dasar islam, 8(1), 72–83.
Moher, D., Liberati, A., Tetzlaff, J., Altman, D. G., & The PRISMA Group. (2009). Preferred reporting items for systematic reviews and meta-analyses: The PRISMA statement. PLoS Medicine, 6(7), e1000097. https://doi.org/10.1371/journal.pmed.1000097
Torraco, R. J. (2005). Writing integrative literature reviews: Guidelines and examples. Human Resource Development Review, 4(3), 356–367. https://doi.org/10.1177/1534484305278283
Andang, A. and Subhan, M. (2023). Analisis kebutuhan bahan ajar berbasis teknologi digital di sma negeri 1 donggo. JUNDIKMA, 2(3), 55-60. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.38
Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. (2022). Pelatihan pengembangan bahan ajar digital berbasis hots sebagai bentuk pembelajaran di era revolusi industri 4.0 untuk guru sekolah dasar. Dedication Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59-68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
Hidayati, H. (2020). Improvement of the ability of high school physics teachers in tanah datar district in the making of teaching materials with scientific literacy. Pelita Eksakta, 3(1), 70. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/101
Santia, E. and Nurmayani, N. (2023). Bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman materi siswa sekolah dasar. Paedagogi Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (E-Journal), 9(1), 116. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46101
Simatupang, A. (2023). Pengembangan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 765-773. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125
Sine, J., Lak'apu, M., Tandjung, F., Baun, N., Koroh, T., Oematan, T., … & Sapai, M. (2023). Pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar bagi guru di kabupaten sumba timur. Sambara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61-67. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i2.189
Wati, R., Sulistyorini, S., & Kustiono, K. (2022). Pengembangan modul bermuatan etnoekologi untuk mengukur kemampuan literasi siswa sekolah dasar terkait asesmen kompetensi minimum (akm). Jurnal Basicedu, 6(2), 2081-2088. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2391
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D., Indrawati, E., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di smp negeri 41 padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183-189. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1865
Zulvira, R. and Desyandri, D. (2022). Pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan steam berbasis lectora di kelas iii sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1273-1286. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133
Andang, A. and Subhan, M. (2023). Analisis kebutuhan bahan ajar berbasis teknologi digital di sma negeri 1 donggo. JUNDIKMA, 2(3), 55-60. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.38
Anggrayni, R. (2023). Dualism in philosophical studies. JITIM, 4(1), 39-46. https://doi.org/10.52690/jitim.v4i1.723
Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. (2022). Pelatihan pengembangan bahan ajar digital berbasis hots sebagai bentuk pembelajaran di era revolusi industri 4.0 untuk guru sekolah dasar. Dedication Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59-68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
A’yun, Q., Fauziyah, N., Nuranisaturofiah, A., Mefia, N., & Andini, S. (2023). Science integration model project in islamic studies learning (research at islamic junior high school bani hasyim singosari malang). Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 33. https://doi.org/10.36667/jppi.v11i1.1209
Hadi, M. (2023). Disorientation of islamic education integration: overview of the crisis of islamic education in indonesia., 305-312. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0_33
Hidayati, H. (2020). Improvement of the ability of high school physics teachers in tanah datar district in the making of teaching materials with scientific literacy. Pelita Eksakta, 3(1), 70. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/101
Muhsan, M. and Haris, A. (2022). Multidisciplinary approach in islamic religious education: the formation of a holistic and responsive muslim community to the dynamics of modern life. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 14(1), 597-612. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4440
Murhayati, S., Hartono, H., Susilawati, S., Marzuqo, K., Lestari, S., Umam, M., … & Utami, L. (2023). Integration of science, technology, engineering, and mathematics (stem) in islamic education using strategic assumption surfacing and testing (sast).. https://doi.org/10.46254/ap04.20230235
Santia, E. and Nurmayani, N. (2023). Bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman materi siswa sekolah dasar. Paedagogi Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (E-Journal), 9(1), 116. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46101
Simatupang, A. (2023). Pengembangan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 765-773. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125
Sine, J., Lak'apu, M., Tandjung, F., Baun, N., Koroh, T., Oematan, T., … & Sapai, M. (2023). Pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar bagi guru di kabupaten sumba timur. Sambara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61-67. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i2.189
Warapsari, L., Mustofa, T., & Jinan, M. (2023). Integration of islamic religious education and general science at sma it nur hidayah sukoharjo., 490-498. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-102-9_44
Wati, R., Sulistyorini, S., & Kustiono, K. (2022). Pengembangan modul bermuatan etnoekologi untuk mengukur kemampuan literasi siswa sekolah dasar terkait asesmen kompetensi minimum (akm). Jurnal Basicedu, 6(2), 2081-2088. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2391
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D., Indrawati, E., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di smp negeri 41 padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183-189. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1865
Zulvira, R. and Desyandri, D. (2022). Pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan steam berbasis lectora di kelas iii sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1273-1286. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133
Andang, A. and Subhan, M. (2023). Analisis kebutuhan bahan ajar berbasis teknologi digital di sma negeri 1 donggo. JUNDIKMA, 2(3), 55-60. https://doi.org/10.59584/jundikma.v2i03.38
Anggrayni, R. (2023). Dualism in philosophical studies. JITIM, 4(1), 39-46. https://doi.org/10.52690/jitim.v4i1.723
Anita, Y., Arwin, A., Ahmad, S., Helsa, Y., & Kenedi, A. (2022). Pelatihan pengembangan bahan ajar digital berbasis hots sebagai bentuk pembelajaran di era revolusi industri 4.0 untuk guru sekolah dasar. Dedication Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(1), 59-68. https://doi.org/10.31537/dedication.v6i1.658
A’yun, Q., Fauziyah, N., Nuranisaturofiah, A., Mefia, N., & Andini, S. (2023). Science integration model project in islamic studies learning (research at islamic junior high school bani hasyim singosari malang). Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 11(1), 33. https://doi.org/10.36667/jppi.v11i1.1209
Damayanti, D. and Perdana, P. (2023). Pengembangan e-modul pembelajaran tematik (emotik) berbasis flipbook pada tema 8 subtema 1 kelas v di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(5), 2886-2897. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i5.5932
Fitriyah, F., Nursafitri, L., & Purwanti, E. (2023). Pengembangan bahan ajar pada mata kuliah ushul fiqih di stai darussalam lampung. As-Salam Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 12(1), 86-97. https://doi.org/10.51226/assalam.v12i1.481
Gusmawati, M. and Montessori, M. (2022). Pengembangan bahan ajar pada pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(2), 3147-3155. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2524
Hadi, M. (2023). Disorientation of islamic education integration: overview of the crisis of islamic education in indonesia., 305-312. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-022-0_33
Hafis, C., Ashari, A., & Ngazizah, N. (2022). Multimedia interaktif berbasis literasi sains dan karakter bagi siswa sekolah dasar. Edukasiana Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(4), 246-252. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i4.196
Hidayati, H. (2020). Improvement of the ability of high school physics teachers in tanah datar district in the making of teaching materials with scientific literacy. Pelita Eksakta, 3(1), 70. https://doi.org/10.24036/pelitaeksakta/vol3-iss1/101
Muhsan, M. and Haris, A. (2022). Multidisciplinary approach in islamic religious education: the formation of a holistic and responsive muslim community to the dynamics of modern life. Qalamuna Jurnal Pendidikan Sosial Dan Agama, 14(1), 597-612. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v14i1.4440
Murhayati, S., Hartono, H., Susilawati, S., Marzuqo, K., Lestari, S., Umam, M., … & Utami, L. (2023). Integration of science, technology, engineering, and mathematics (stem) in islamic education using strategic assumption surfacing and testing (sast).. https://doi.org/10.46254/ap04.20230235
Rafi’y, M., Irawan, F., & Harahap, D. (2023). Pengembangan bahan ajar interaktif berbasis problem based learning untuk meningkatkan kemampuan literasi sains peserta didik. Indo-Mathedu Intellectuals Journal, 4(2), 669-682. https://doi.org/10.54373/imeij.v4i2.243
Sabri, M., Muhali, M., Hulyadi, H., & Asy’ari, M. (2022). Validitas bahan ajar hidrokarbon berbasis model inkuiri dengan strategi konflik kognitif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Journal of Authentic Research, 1(1), 1-17. https://doi.org/10.36312/jar.v1i1.635
Santia, E. and Nurmayani, N. (2023). Bahan ajar flipbook interaktif berbasis problem based learning untuk meningkatkan pemahaman materi siswa sekolah dasar. Paedagogi Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (E-Journal), 9(1), 116. https://doi.org/10.24114/paedagogi.v9i1.46101
Simatupang, A. (2023). Pengembangan bahan ajar teks cerita pendek berbasis nilai pendidikan karakter pada siswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(7), 765-773. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i7.2125
Sine, J., Lak'apu, M., Tandjung, F., Baun, N., Koroh, T., Oematan, T., … & Sapai, M. (2023). Pelatihan dan pendampingan pembuatan bahan ajar bagi guru di kabupaten sumba timur. Sambara Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 61-67. https://doi.org/10.58540/sambarapkm.v1i2.189
Warapsari, L., Mustofa, T., & Jinan, M. (2023). Integration of islamic religious education and general science at sma it nur hidayah sukoharjo., 490-498. https://doi.org/10.2991/978-2-38476-102-9_44
Wati, R., Sulistyorini, S., & Kustiono, K. (2022). Pengembangan modul bermuatan etnoekologi untuk mengukur kemampuan literasi siswa sekolah dasar terkait asesmen kompetensi minimum (akm). Jurnal Basicedu, 6(2), 2081-2088. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2391
Widya, W., Zaturrahmi, Z., Muliani, D., Indrawati, E., Yusmanila, Y., & Nurpatri, Y. (2021). Pelatihan pembuatan bahan ajar digital menggunakan aplikasi kvsoft flipbook dan web anyflip di smp negeri 41 padang. Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin, 4(3), 183-189. https://doi.org/10.36341/jpm.v4i3.1865
Zulvira, R. and Desyandri, D. (2022). Pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan steam berbasis lectora di kelas iii sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1273-1286. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133
Zulvira, R. and Desyandri, D. (2022). Pengembangan bahan ajar interaktif tematik terpadu menggunakan steam berbasis lectora di kelas iii sd. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1273-1286. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.3133
Refbacks
- There are currently no refbacks.