The Role of MI Teachers in Fostering Religious Moderation Attitudes in Students: A Character Education Approach in the Digital Age
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aluf, W., Bukhori, I., & Bashith, A. (2024). Evaluasi Pembelajaran Moderasi Beragama Untuk Mengukur Penguatan Toleransi Siswa Di Min 2 Pamekasan. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (Jppi), 4(4), 1623-1634. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i4.825
Ali, M. and Firmansyah, F. (2023). Konsep Implementasi Penguatan Moderasi Beragama Melalui Tripusat Pendidikan. Al-I'tibar : Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 50-54. https://doi.org/10.30599/jpia.v10i1.2122
Alfalah, R. (2023). Menjadi Guru Di Era Society 5.0 : Tantangan Dan Peluang.. https://doi.org/10.31219/osf.io/4h38b
Bambang, S. E. M., Alfakihi, A., Heltien, D., Handayani, H., & Amelia, A. (2023). Analisis Pemanfaatan Media Sosial Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 12(2), 49-60. https://doi.org/10.22437/pena.v12i2.23577
Dewi, S., Zamroni, M., & Leksono, A. (2024). Penanaman Sikap Moderasi Beragama Pada Siswa Sekolah Dasar Melalui Pembelajaran Pai. Irsyaduna Jurnal Studi Kemahasiswaan, 4(1), 1-15. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i1.1558
Dito, S. B. and Pujiastuti, H. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar Dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59-65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Hefni, W. and Muna, M. K. (2022). Pengarusutamaan Moderasi Beragama Generasi Milenial Melalui Gerakan Siswa Moderat Di Kabupaten Lumajang. Jurnal SMART (Studi Masyarakat, Religi, Dan Tradisi), 8(2), 163-175. https://doi.org/10.18784/smart.v8i2.1763
Harmi, H. (2022). Analisis Kesiapan Program Moderasi Beragama Di Lingkungan Sekolah/Madrasah. JPGI (Jurnal Penelitian Guru Indonesia), 7(1), 89. https://doi.org/10.29210/021748jpgi0005
Hartono, S. D. T., Mansyur, M. H., & Kosim, A. (2022). Pembelajaran Online Pendidikan Agama Islam: Peluang Dan Tantangan Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 10(1), 27-43. https://doi.org/10.36232/pendidikan.v10i1.1269
Hasna, M. (2024). Digitalisasi Pengelolaan Sekolah Dasar Negeri Kota Banjarmasin: Tinjauan Analisis Swot Dalam Strategi Pengembangan Sekolah Digital. Jurnal Pendidikan Modern, 10(1), 32-42. https://doi.org/10.37471/jpm.v10i1.1053
Ikhwan, M., Wahyudi, D., & Alfiyanto, A. (2023). Peran Pendidikan Agama Islam Dalam Memperkuat Moderasi Beragama Di Indonesia. Realita Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 21(1), 1-15. https://doi.org/10.30762/realita.v21i1.148
Ilafi, M. M., Hidayah, R., & Hidayat, R. (2023). Implementasi Pengabdian Masyarakat Berbasis Moderasi Beragama Di Tengah Pandemi Covid-19. Ngarsa: Journal of Dedication Based on Local Wisdom, 3(1), 77-88. https://doi.org/10.35719/ngarsa.v3i1.172
Iriananda, S. W., Sahro, H., Putra, R. P., & Farhan, A. (2023). Pelatihan Pengembangan Kompetensi Guru Kb-Ta Amanah Bunda Lawang. Conference on Innovation and Application of Science and Technology (CIASTECH), 6(1), 875. https://doi.org/10.31328/ciastech.v6i1.5329
Lase, D. (2019). Education And Industrial Revolution 4.0. Jurnal Handayani, 10(1), 48. https://doi.org/10.24114/jh.v10i1.14138
MUBAROK, H., & MUSLIHAH, N. (2022). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP KEBERAGAMAAN DAN MODERASI BERAGAMA SISWA DI SMPN 1 KALIMANAH. AL-HAYAT: JOURNAL OF ISLAMIC EDUCATION, 6(2), 245–256. HTTPS://DOI.ORG/10.35723/AJIE.V6I2.210
Monalisa, M., Syaputra, Y., Ummah, Y., & Muhamad, A. (2023). Religious Moderation Scale (Rm-S): Validitas, Reliabilitas Dan Implikasinya Dalam Bimbingan Dan Konseling. Edu Consilium Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 4(1), 1-15. https://doi.org/10.19105/ec.v4i1.7939
Mo’tasim, M., Mollah, M. K., & Rahman, M. (2023). Moderasi Beragama Sebagai Materi Bimbingan Dan Konseling Dalam Proses Pendidikan Agama Islam. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 4(2), 363-368. https://doi.org/10.32806/jkpi.v4i2.16
Murtadlo, M. (2021). Pendidikan Moderasi Beragama: membangun harmoni, memajukan negeri.. https://doi.org/10.31219/osf.io/3mr5s
Murtadlo, M. (2021). Pendidikan moderasi beragama: membangun harmoni, memajukan negeri.. https://doi.org/10.31219/osf.io/3mr5s
Mudiyanto, H. and Jaelani, A. (2023). Pendampingan Pengembangan Keterampilan Guru Madrasah Untuk Pembuatan Konten Pembelajaran Digital. Abdimas Siliwangi, 6(3), 780-792. https://doi.org/10.22460/as.v6i3.21242
Nafilah, A., Mabnunah, M., Aisyah, S., & Kahfi, S. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Di Man 1 Pamekasan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 31-43. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8005
Nole, O. A. and Serdianus, S. (2023). Membentuk Karakter Moderat Berbasis Moderasi Beragama. Melo: Jurnal Studi Agama-Agama, 3(2), 90-106. https://doi.org/10.34307/mjsaa.v3i2.140
Nafilah, A. K., Mabnunah, M., Aisyah, S., & Kahfi, S. (2023). Implementasi Pendidikan Berbasis Moderasi Beragama Dalam Meningkatkan Kesadaran Beragama Di Man 1 Pamekasan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 11(1), 31-43. https://doi.org/10.24269/dpp.v11i1.8005
Najmina, N. (2018). Pendidikan Multikultural Dalam Membentuk Karakter Bangsa Indonesia. Jupiis: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial, 10(1), 52. https://doi.org/10.24114/jupiis.v10i1.8389
Nurdin, A. and Naqqiyah, M. S. (2019). Model Moderasi Beragama Berbasis Pesantren Salaf. ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman, 14(1), 82-102. https://doi.org/10.15642/islamica.2019.14.1.82-102
Nastiti, F. E. and Abdu, A. (2020). Kajian: Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61-66. https://doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
OKTAVIA, F., & PURWOWIDODO, A. (2024). INTERNALISASI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH MANBA’UL ‘ULUM BUNTARAN REJOTANGAN TULUNGAGUNG. JURNAL MODERASI: JURNAL STUDI ISLAM INTERDISIPLINER, 10(1), 33–48. HTTPS://DOI.ORG/10.20414/JM.V10I1.5501
Pratama, D. (2020). Pengembangan Skala Thurstone Metode Equal Appearing Interval Untuk Mengukur Sikap Moderasi Beragama Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(1), 71. https://doi.org/10.26740/jptt.v11n1.p71-82
Purwanto, Y., Qowaid, Q., Ma’rifataini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 17(2). https://doi.org/10.32729/edukasi.v17i2.605
RAMDANI, M. R., FADILAH, N., & UMAM, C. (2023). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENUMBUHKAN MODERASI BERAGAMA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. JURNAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM, 20(2), 172–186. HTTPS://DOI.ORG/10.24042/AJPI.V20I2.11234
Ramdani, M. I., Fadilah, W., & Umam, H. (2023). Strategi Guru Pai Dalam Membina Moderasi Beragama Siswa. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4827-4833. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2353
Ramdani, M., Fadilah, W., & Umam, H. (2023). Strategi Guru Pai Dalam Membina Moderasi Beragama Siswa. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(7), 4827-4833. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i7.2353
Rohimah, Y. (2023). Implementation Of Religious Moderation Program In Pai Curriculum Development. Al-Iltizam: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 1-13. https://doi.org/10.33477/alt.v8i1.3859
Setiadi, I., Nurmala, N., & Rizka, S. (2022). Sikap Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah: Studi Terhadap Pemanfaatan Candi Sebagai Tempat Ibadah. Wawasan Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 180-198. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.150
Setiadi, I., Nurmala, N., & Rizka, S. Z. (2022). Sikap Moderasi Beragama Siswa Madrasah Aliyah: Studi Terhadap Pemanfaatan Candi Sebagai Tempat Ibadah. Wawasan: Jurnal Kediklatan Balai Diklat Keagamaan Jakarta, 3(2), 180-198. https://doi.org/10.53800/wawasan.v3i2.150
Sahruddin, S., Yaumi, M., Malli, R., & Sumiati, S. (2023). Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Membangun Moderasi Beragama Pada Pondok Pesantren Ahlush Suffah Kabupaten Bantaeng. FIKROTUNA: Jurnal Pendidikan Dan Manajemen Islam, 12(02), 128-144. https://doi.org/10.32806/jf.v12i02.7380
Torraco, R. J. (2005). Writing Integrative Literature Reviews: Guidelines And Examples. Human Resource Development Review, 4(3), 356–367. https://doi.org/10.1177/1534484305278283
Trisaputra, I., Lolo, J. S., & Serdianus, S. (2023). Penamanan Prinsip-Prinsip Moderasi Beragama Bagi Peserta Didik Melalui Pengajaran Pendidikan Agama Kristen. VIDYA SAMHITA: Jurnal Penelitian Agama, 9(2), 95-102. https://doi.org/10.25078/vs.v9i2.3046
Whittemore, R., & Knafl, K. (2005). The Integrative Review: Updated methodology. Journal of Advanced Nursing, 52(5), 546–553. https://doi.org/10.1111/j.1365-2648.2005.03621.x
Wulandari, I. A. G. (2024). Pendidikan Multikultural Bagi Mahasiswa Di Perguruan Tinggi Hindu Menuju Sikap Moderasi Beragama. JAPAM (Jurnal Pendidikan Agama), 4(01), 46-51. https://doi.org/10.25078/japam.v4i01.3258
Yusuf, M. (2024). Implementasi Pembelajaran Ipas Berbasis Chromebook Di Sdn 05 Tarok Dipo Kota Bukittinggi. Journal of Information System and Education Development, 2(1), 33-38. https://doi.org/10.62386/jised.v2i1.55
Refbacks
- There are currently no refbacks.