Strengthening New Literacy in Madrasah Ibtidaiyah Teachers in Responding to the Challenges of the Industrial Revolution 4.0
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1).Jurnal IAIN Pontianak+1ResearchGate+1
Fauziah, N. (2021). Analisis Literasi Digital Guru Kelas. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 5(2), 123-135.Jurnal STIQ Amuntai+1Jurnal STIQ Amuntai+1
Safrizal. (2023). Gambaran Kemampuan Literasi Digital Guru Madrasah Ibtidaiyah se-Kabupaten Tanah Datar. UIN Mahmud Yunus Batusangkar.Uin Sjech Muhammad Syah Nurtanio
Rizal Abdullah. (2023). Menguatkan Literasi Baru Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. Kompasiana.
Torraco, R. J. (2016). Writing Integrative Literature Reviews: Guidelines and Examples. Human Resource Development Review, 15(4), 404–428. https://doi.org/10.1177/1534484316671606
Warsiyah, W., Madrah, M. Y., Muflihin, A., & Irfan, A. (2022). Urgensi literasi digital bagi pendidik dalam meningkatkan keterampilan mengelola pembelajaran. Dimas: Jurnal Pemikiran Agama Untuk Pemberdayaan, 22(1), 115-132. https://doi.org/10.21580/dms.2022.221.10042
Dewantoro, F., Alriyanto, I., Prasetyo, M., & Pritama, A. (2023). Pendampingan edukasi open broadcaster software bagi tenaga pendidik se-kabupaten banyumas. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 3(6), 759-764. https://doi.org/10.52436/1.jpmi.1610
Fauziyah, N. R. and Mahmudah, Y. (2023). Technological pedagogical content knowladge sebagai revolusi guru mi era profil pelajar pancasila. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2379-2385. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.5797
Firdaus, M. I. (2024). Strategi pengembangan profesionalisme guru madrasah ibtidaiyah. ELEMENTARY : Journal of Primary Education , 2(2), 39-43. https://doi.org/10.55210/elementary.v2i2.441
Ixfina, F. D., Nurdianah, L., & Diana, R. F. (2023). Peran guru dalam mengembangkan budaya literasi di madrasah ibtidaiyah al fithrah surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 401-410. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.572
Mubarok, R., Nursalim, E., & Hasan, H. (2024). Eksplorasi gaya kepemimpinan partisipatif kepala madrasah dalam mendorong peningkatan mutu madrasah ibtidaiyah. Al-Madrasah Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 480. https://doi.org/10.35931/am.v8i2.3419
Suprihatin, S. (2024). Peningkatan kompetensi guru madrasah dalam membelajarkan peserta didik berkebutuhan khusus. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 78-83. https://doi.org/10.21009/perduli.v4i2.35075
Boli, R., Rosari, Y., Goran, J., Kewa, M., Kabelen, F., Peka, E., … & Lamawuran, Y. (2022). Kampanye literasi bagi siswa sekolah dasar di desa kiwangona kabupaten flores timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat Indonesia, 1(6), 35-42. https://doi.org/10.55542/jppmi.v1i6.395
Ditaningsih, F., Septianti, K., & Rahayu, R. (2021). Penanaman karakter siswa sekolah dasar melalui literasi digital di era revolusi industri 4.0. Jurnal Amal Pendidikan, 2(2), 94. https://doi.org/10.36709/japend.v2i2.15814
Harjono, H. (2019). Literasi digital: prospek dan implikasinya dalam pembelajaran bahasa. Pena Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 8(1), 1-7. https://doi.org/10.22437/pena.v8i1.6706
Hasanah, U. and Sukri, M. (2023). Implementasi literasi digital dalam pendidikan islam : tantangan dan solusi. Equilibrium Jurnal Pendidikan, 11(2), 177-188. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v11i2.10426
Ibda, H. (2018). Penguatan literasi baru pada guru madrasah ibtidaiyah dalam menjawab tantangan era revolusi industri 4.0. Journal of Research and Thought on Islamic Education (Jrtie), 1(1), 1-21. https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064
Nurjannah, N. (2022). Tantangan pengembangan kurikulum dalam meningkatkan literasi digital serta pembentukan karakter peserta didik di indonesia. Jurnal Basicedu, 6(4), 6844-6854. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3328
Ridlwan, M., Naila, I., & Nurdianah, L. (2022). Pembelakan literasi dasar guru sekolah dasar islam untuk mencapai sustainable development goal (sdgs): pendidikan berkualitas. Stilistika Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 15(2), 249. https://doi.org/10.30651/st.v15i2.13390
Solehuddin, D., Aminudin, L., & Nur’ainiyah, N. (2023). Peran guru dalam pendidikan karakter berbasis literasi kepada siswa pada mata pelajaran pendidikan agama dan budi pekerti kelas xi di smkn 14 bandung. Al-Hasanah Islamic Religious Education Journal, 8(2), 224-237. https://doi.org/10.51729/82189
Sulistyo, A. (2022). Urgensi dan strategi penguatan literasi media dan digital dalam pembelajaran agama islam. At Turots Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 51-61. https://doi.org/10.51468/jpi.v3i2.75
Tapung, M. (2024). Penguatan tema “kearifan lokal” berbasis pada pemikiran “ecological literacy” david orr pada projek penguatan profil pelajar pancasila. Syntax Literate Jurnal Ilmiah Indonesia, 9(7), 3429-3433. https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v9i7.15780
Lalu et al. "Pengaruh Profesionalisme Guru dan Budaya Sekolah Terhadap Kemampuan Literasi Dasar Siswa Madrasah Ibtidaiyah" Jurnal penelitian pendidikan (2024) doi:10.21137/jpp.2024.16.1.4
Hadi and Zaidah "Peningkatan Kompetensi Profesionalisme Guru SD Dalam Pengembangan Desain Skenario Pembelajaran Berbasis Literasi Numerasi" Tut wuri handayani jurnal keguruan dan ilmu pendidikan (2022) doi:10.59086/jkip.v2i4.137
Jamaludin and Rosli "Pembangunan Profesionalisme Guru Matematik Sekolah Rendah: Kajian Literatur Bersistematik" Malaysian journal of social sciences and humanities (mjssh) (2021) doi:10.47405/mjssh.v6i8.912
Wulanjani et al. "Pelatihan Literacycloud.Org Sebagai Upaya Peningkatan Literasi Digital Para Guru Sd Dalam Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19" Kumawula jurnal pengabdian kepada masyarakat (2022) doi:10.24198/kumawula.v5i3.37444
Shodiq et al. "Optimalisasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Pusat Pembelajaran Berbasis Literasi: Pengabdian Masyarakat Di Sekolah Menengah Kejuruan An Nur Al Muntahy" (2024) doi:10.62335/zghj9335
Wardani et al. "Peran Konselor Dalam Meningkatkan Perilaku Literasi Digital Siswa Di Masa Pandemi Covid-19" Jbki (jurnal bimbingan konseling indonesia) (2023) doi:10.26737/jbki.v8i2.3135
Sinyanyuri et al. "Literasi Sains dan Asesmen Kompetensi Minimum (AKM): Integrasi Bahasa dalam Pendidikan Sains" Jurnal basicedu (2022) doi:10.31004/basicedu.v6i1.2286
Ixfina et al. "Peran Guru dalam Mengembangkan Budaya Literasi di Madrasah Ibtidaiyah Al Fithrah Surabaya" Jurnal jendela pendidikan (2023) doi:10.57008/jjp.v3i04.572
Hadi, S. and Zaidah, A. (2022). Peningkatan kompetensi profesionalisme guru sd dalam pengembangan desain skenario pembelajaran berbasis literasi numerasi. Tut Wuri Handayani Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 2(4), 141-143. https://doi.org/10.59086/jkip.v2i4.137
Ixfina, F., Nurdianah, L., & Diana, R. (2023). Peran guru dalam mengembangkan budaya literasi di madrasah ibtidaiyah al fithrah surabaya. Jurnal Jendela Pendidikan, 3(04), 401-410. https://doi.org/10.57008/jjp.v3i04.572
Jamaludin, S. and Rosli, R. (2021). Pembangunan profesionalisme guru matematik sekolah rendah: kajian literatur bersistematik. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities (Mjssh), 6(8), 224-235. https://doi.org/10.47405/mjssh.v6i8.912
Lalu, A. (2024). Pengaruh profesionalisme guru dan budaya sekolah terhadap kemampuan literasi dasar siswa madrasah ibtidaiyah. Jurnal Penelitian Pendidikan, 16(1), 35-49. https://doi.org/10.21137/jpp.2024.16.1.4
Shodiq, J., Mutmainnah, M., & Faizah, N. (2024). Optimalisasi perpustakaan sekolah sebagai pusat pembelajaran berbasis literasi: pengabdian masyarakat di sekolah menengah kejuruan an nur al muntahy. BESIRU, 1(8), 616-624. https://doi.org/10.62335/zghj9335
Sinyanyuri, S., Utomo, E., Sumantri, M., & Iasha, V. (2022). Literasi sains dan asesmen kompetensi minimum (akm): integrasi bahasa dalam pendidikan sains. Jurnal Basicedu, 6(1), 1331-1340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2286
Wardani, S., Kadafi, A., & Dewi, N. (2023). Peran konselor dalam meningkatkan perilaku literasi digital siswa di masa pandemi covid-19. Jbki (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 8(2), 84. https://doi.org/10.26737/jbki.v8i2.3135
Wulanjani, A., Arvianti, G., & Yunianti, S. (2022). Pelatihan literacycloud.org sebagai upaya peningkatan literasi digital para guru sd dalam pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Kumawula Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3), 501. https://doi.org/10.24198/kumawula.v5i3.37444
Refbacks
- There are currently no refbacks.