Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Proses Hafalan Juz Amma

Muhammad Muhlis, Mappanyompa Mappanyompa

Abstract


Komunikasi merupakan bagian dari kehidupanmanusia sehari-hari, karena tanpa komunikasi tidak akan mungkin terjadi proses interaksi sosial, baik secara individu maupun kelompok. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui implementasi komunikasi verbal dan non verbal dalam proses hafalan juz amma pada peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dokumentasi, serta jurnal refleksi. Penelitian ini dilakukan pada 3 orang ustadz dan peserta didik yang sedang menghafal juz amma sebanyak 20 orang. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa implementasi komunikasi verbal dalam proses hafalan juz amma terdapat pada proses pembelajaran tajwid berupa lisan dan tulisan serta pada kegiatan kultum yang dilakukan sebelum pembelajaran dimulai, adapun implementasi komunikasi non verbal dalam proses hafalan juz amma berupa kinesik yang meliputi kontak mata, sentuhan, gestur, sikap badan, emosi, dan ekspresi wajah, serta paralinguistik yang meliputi kualitas suara, volume, dan kecepatan suara ketika proses pembelajaran berlangsung. Dalam proses hafalan juz amma berupa langkah-langkah sebelum memulai hafalan seperti mengikhlaskan niat, mengatur waktu, pembelajaran tajwid dan tahsin, serta metode-metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an berupa metode wahdah dan jama’.

 

 

Abstract:    Communication is part of everyday human life because without communication it is impossible to process social interaction, both individually and in groups. This research was conducted to determine the implementation of verbal and non-verbal communication in the process of memorizing juz amma in students. This study uses a qualitative approach, with data collection through observation, interviews, documentation, and reflection journals. This research was conducted on 3 ustadz and 20 students who were memorizing juz amma. The results of this study can be concluded that the implementation of verbal communication in the process of memorizing juz amma is found in the recitation process in the form of oral and written as well as in cult activities carried out before learning begins, while the implementation of non-verbal communication in the process of memorizing juz amma is in the form of kinesics which includes eye contact, touch, gestures, posture, emotions, and facial expressions, as well as paralinguistics which includes voice quality, volume, and speed of sound when the learning process takes place. In the process of memorizing juz amma in the form of steps before starting the memorization such as sincere intentions, managing time, learning recitation and tahsin, as well as the methods used in memorizing the Qur'an in the form of wahdah and jama' methods

Keywords


pendidikan islam; kitab at-tarbiyah al amaliyah; sifat-sifat pendidik; komunikasi verbal; komunikasi non-verbal; islamic education; verbal communication; non-verbal communication; hafalan; juz-amma

References


Abdul, R. (2013). Ekspresi Wajah Anak Gepeng Sebagai Sumber Inspirasi. Eduarts : Journal of Arts Education, 2(1), 1–11. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/catharsis

Ari Anshori, A. A. F. (2017). Pemikiran Bakr Bin Abdullah Dan Abdul Qadir Bin Abdul Aziz Tentang Adab Dan Akhlak Penuntut Ilmu. Jurnal Studi Islam, 18(2), 130–138.

Asiyah, S. (2018). Implementasi Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Dalam Kegiatan Public Speaking Santri Di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Putri Bangsri Jepara. Jurnal An-Nida, 10(2), 154–165. http://eprints.walisongo.ac.id

Awang, S., Merpirah, M., & Mulyadi, B. (2019). Kecerdasan Emosional Peserta Didik Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 41–50. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.7946

Cintaka, R., & Djuwita, E. (2019). Penerapan prompting untuk meningkatkan frekuensi kontak mata pada anak dengan global developmental delay. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(2), 199–210. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i2.7995

Constantin, C.-, & Constantin, E. C. (2015). Private Language, Non Verbal Communication and Acquisition of Psychological Concepts. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 191, 1854–1858. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.320

de Lind van Wijngaarden, R. A. F., Siregar, S., Legué, J., Fraaije, A., Abbas, A., Dankelman, J., & Klautz, R. J. M. (2019). Developing a Quality Standard for Verbal Communication During CABG Procedures. Seminars in Thoracic and Cardiovascular Surgery, 31(3), 383–391. https://doi.org/10.1053/j.semtcvs.2018.12.001

Destiarlisa, A. M., Yubiliana, G., & Abdurrochman, A. (2020). Pola Intonasi Tindak Tutur Direktif Berdasarkan Parameter Akustik Suara dalam Praktik Dental Hypnosis. Padjadjaran Journal of Dental Researcher and Student, 4(April), 1–8. https://doi.org/10.24198/pjdrs.v3i2.21989

Elliott, A. M., Alexander, S. C., Mescher, C. A., Mohan, D., & Barnato, A. E. (2016). Differences in physicians’ verbal and nonverbal communication with black and white patients at the end of life. Journal of Pain and Symptom Management, 51(1), 1–8. https://doi.org/10.1016/j.jpainsymman.2015.07.008

Fitriani, D. I., & Hayati, F. (2020). Penerapan Metode Tahsin untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 5(1), 15–31. https://doi.org/10.35316/jpii.v4i1.227

Gasc, A., & B, A. N. (2018). Implementasi Metode Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Hasil Belajar Tpq. Photosynthetica, 2(1), 1–13. http://link.springer.com/10.1007/978-3-319-76887-8%0A

Halidjah, S. (2012). Evaluasi Keterampilan Berbicara dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 2(1), 259–268. https://doi.org/10.26418/jvip.v2i1.367

Hardianto, Subanji, & Rahardjo, S. (2016). Penggunaan Gesture dalam Memperbaiki Kesalahan Prosedural Siswa. Prosiding Seminar Nasional, 02(1), 305–313.

Hasan, A. R. A., Patel, I. F. M., Ghani, A. R. A., & Jemali, M. (2017). Faktor Motivasi dalam Amalan Pembelajaran Hafazan Al-Quran. Sains Sosial Dan Kemanusiaan, Universiti Teknologi Mara, Perak, Universiti Pendidikan Sultan Idris, 1(13–20), 13–20. https://ejournal.upsi.edu.my/index.php/PERS/article/view/1762

Idris, A., & Hakim, H. (n.d.). Penerapan Metode One Day One Ayat Untuk Banda Aceh. 155–167.

Irma, C. N., & Setyorini, R. (2018). Pengembangan bahan ajar mata kuliah berbicara. Jurnal Kredo, 2(1), 157–169.

Kasus, S., Pengguna, P., & Online, B. (2018). Pengaruh Selebriti Endorsement Pada Periklanan. 3(4), 119–126.

Kurniasari, F., & Kurniawan, R. (2019). Animasi Pembelajaran Gesture atau Gerakan Badan pada Anak dengan Autisme. Seminar Nasional Informatika Medis (SNIMed), 0(0), 28–33. https://journal.uii.ac.id/snimed/article/view/13850

Kusumastuti, A. R., Kristian, Y., & Setyati, E. (2020). Klasifikasi Ketertarikan Anak PAUD Melalui Ekspresi Wajah. Jurnal Teknologi Informasi Dan Terapan, 7(2), 92–96. https://doi.org/10.25047/jtit.v7i2.176

Lestari, D. P., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat Kecerdasan Emosi Peserta Didik Kelas Xi Di Sma Negeri 15 Palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 11–20. https://doi.org/10.36706/jkk.v6i1.8498

Loh Sandi, A. W., & Febrianto, A. (2020). Penerapan Metode Wahdah Sebagai Upaya Meningkatkan Tahfidzul Quran Siswa. TA’DIBUNA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 37. https://doi.org/10.30659/jpai.3.2.37-42

Lubis, D. (2017). Pengaruh Profesionalisme Guru Terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1.

Mappanyompa. (2021). Dampak Penerapan Metode Asy-Syafi’i Dalam Pembelajaran Tahsin Al Qur’an. Ibtida’iy : Jurnal Prodi PGMI, 6(1), 1–10. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v6i1.4984

Mappanyompa, A. M. (2017). Urgensi Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Lingkungan Dan Permainan Untuk Meningkatan Kualitas Baca Tulis Al- Qur’an. Ibtida’iy Jurnal PGMI, 2(2), 54–80. https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v3i1.1055

Mappanyompa, I. (2019). Problematika Pengkaderan Di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Mataram Dalam Perspektif Norma Pengkaderan Muhammadiyah. Media Keadilan: Jurnal Ilmu Hukum, 10(1), 82. https://doi.org/10.31764/jmk.v10i1.1106

Mujahid, dkk. (2020). Peran Komunikasi Verbal Dan Non Verbal Sales Promotion Girl Rokok Terhadap Minat Beli Konsumen the Role of Verbal and Non Verbal Sales Promotion Girl Ciga-Rette on Consumer Buying Interest. Mujahid, 7(1), 1–6.

Mulyani, M. D. (2013). Hubungan Antara Manajemen Waktu Dengan Self Regulated Learning Pada Mahasiswa. Educational Psychology Journal, 2(1), 43–48.

Nida, Hartiani, F. (2018). Modifikasi Perilaku Kontak Mata Pada Anak. Seurune Jurnal Psikologi Unsyiah, 1(1), 34–52. https://doi.org/10.24815/s-jpu.v1i1.9923

Nur, I., Budiyono, A., & Purwokerto. (2021). Bimbingan Konseling Indiviual Untuk Mengurangi Perilaku Prokastinasi Menghafal Juz’amma. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur, 7(1), 29–37. https://doi.org/https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/AN-NUR

Pamungkas, Amini, Rahmawati, C. (2020). Sentuhan Kasih Ibu, Upaya Stimulasi Tumbuh Kembang Anak. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 4(1), 356. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3223

Pendidikan, S., Islam, A., Tinggi, S., Tarbiyah, I., & Wijaya, R. (2017). Memutuskan Mengatur Waktu Belajar : Suatu Upaya Perbaikan Lingkungan Belajar. 8(2), 117–124.

Purba, A. (2019). Mendidik Anak dalam Mencintai al- Qur ’ an … Mendidik Anak dalam Mencintai al- Qur ’ an …. 08(02), 347–368.

Qomariana, A., & Adkha, L. F. (2019). Metode Wahdah dalam Pembelajaran Tahfiz Alquran. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 27–45.

Resmisari, R. (2016). Penerapan Metode ABA ( Applied Behavior Analysis ) untuk Meningkatkan Kontak Mata pada Anak. 2nd Psycology & Humanity, 19–20. mpsi.umm.ac.id/files/file/374-378 Rizki Resmisari.pdf

Respati, R., Nur, L., & Rahman, T. (2018). Gerak Dan Lagu Sebagai Model Stimulasi Pengembangan Kecerdasan Kinestetik Anak Usia Dini. JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(2), 321–330. https://doi.org/10.21009/jpud.122.13

Rowokangkung, K., & Lumajang, K. (2020). Peningkatan pemahaman sistim pendaftaran tanah melalui komunikasi verbal pada masyarakat kecamatan rowokangkung kabupaten lumajang 1. 5(2), 10–22.

Salsabila, Q. R., & Wartono, M. (2020). Hubungan sikap tubuh saat bekerja. Jurnal Biomedika Dan Kesehatan, 3(4), 169–175. https://doi.org/10.18051/jbiomedkes.2020.v3.169-175

Saprun, M. (2020). Penerapan Metode Tsaqifa Dalam Pembelajaran Al Quran Di Rumah Tahsin Desa Gegutu Kacang. Jurnal Prodi PGMI, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31764/ibtidaiy.v5i2.3689

Sartika, Erwin Diana & Rohmah, F. A. (2013). Pengaruh Terapi Musik Gamelan Terhadap Ekspresi Wajah Positif pada Anak Autis. Jurnal Psikologi Integratif, 1, 31–43.

Sekretariat, H., & Provinsi, D. (2011). Implementasi komunikasi verbal antar pegawai dalam meningkatkan produktivitas kerja di biro humas sekretariat daerah provinsi riau. 11(2), 125–135.

Sojanah, J., Suwatno, Kodri, & Machmud, A. (2021). Factors affecting teachers’ technological pedagogical and content knowledge (A survey on economics teacher knowledge). Cakrawala Pendidikan, 40(1), 1–16. https://doi.org/10.21831/cp.v40i1.31035

Stickley, T. (2011). From SOLER to SURETY for effective non-verbal communication. Nurse Education in Practice, 11(6), 395–398. https://doi.org/10.1016/j.nepr.2011.03.021

Subhan Abdullah Acim, S. N. Y. (2019). Nilai Kearifan Lokal pada Implementasi Komunikasi Antarbudaya. 3(2), 95–116.

Susianti, C. (2016). Efektivitas Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Anak Usia Dini. Tunas Siliwangi Halaman, 2(1), 1–19.

Tahfidz, M., Di, A. A. N., & Pesantren, P. (2016). Metode Tahfidz Al-Qur’an Di Pondok Pesantren. Jurnal Ushuluddin, 24(1), 91–102.

Wardana, I. N. K., & Harsemadi, I. G. (2014). Identifikasi Biometrik Intonasi Suara untuk Sistem Keamanan Berbasis Mikrokomputer. Jurnal Sistem Dan Informatika, 9(1), 29–39.

Widia Rahim, Erwin, U. M. (2015). Analisis Spektrum Suara Manusia Berdasarkan Jenis Kelamin (Gender) Dan Kelompok Umur Menggunakan Komputer. Manajemen Pengembangan Bakat Minat Siswa Di Mts Al-Wathoniyyah Pedurungan Semarang, 2(1), 14–23.

Wiklund, M. (2016). Interactional challenges in conversations with autistic preadolescents: The role of prosody and non-verbal communication in other-initiated repairs. Journal of Pragmatics, 94, 76–97. https://doi.org/10.1016/j.pragma.2016.01.008

Winoto, Y., & Yusup, Pawit, S. (2018). Memahami Aspek Paralinguistik. Edulib, 7(2), 60–73. https://doi.org/10.17509/edulib.v7i2.9383

Yuliastuti, R. A., Handayani, H., & Kartini, Y. (2018). Perubahan Kemampuan Komunikasi Verbal Pasien Stroke Iskemik. Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(2), 35–44. https://doi.org/10.33023/jikep.v4i2.183

Zukeflli, N. N., & Subramaniam, V. (2018). Paralinguistik dalam Pemerolehan Bahasa Kanak-Kanak. International Journal of Language Education and Applied Linguistics, 8(1), 1–13. http://ijleal.ump.edu.my/




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v7i2.22575

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Muhlis, Mappanyompa Mappanyompa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085730002007 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: