Digital Da'wah Strategies In Guiding Parents To Become The First Madrasah For Children

Endang Rahmawati, Nurliya Ni'matul Rohmah, Yusron Saudi

Abstract


Abstrak: Penelitian ini menganalisis strategi dakwah digital orang tua dalam peran mereka sebagai madrasah pertama bagi anak-anak di tengah tantangan disrupsi teknologi. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kepustakaan, penelitian ini mensintesis temuan dari berbagai literatur untuk membangun sebuah kerangka kerja strategis yang unik dan orisinal. Hasilnya, penelitian ini mengidentifikasi Kerangka Strategis 5-M sebagai model yang efektif: (1) Memahami, yaitu memandang anak sebagai anugerah yang harus dijaga fitrah-nya; (2) Meneladani, yaitu membangun otoritas moral digital melalui praktik yang bertanggung jawab; (3) Mengarahkan, yaitu berperan sebagai digital navigator yang memandu anak; (4) Menghadirkan, yaitu menciptakan benteng spiritual dan emosional; dan (5) Mengembangkan, yaitu menjadi pembelajar berkelanjutan di era digital. Kerangka 5-M ini tidak hanya menjawab tantangan pendidikan anak di era digital tetapi juga menawarkan panduan praktis dan holistik bagi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai agama secara efektif.

Abstract: This study analyzes the digital da'wah strategies of parents to effectively serve as the "first madrasah" for their children amid the challenges of technological disruption. Using a qualitative approach with a library research method, the study synthesizes findings from various literature to build a unique and original strategic framework. The results identify the 5-M Strategic Framework as an effective model: (1) Understanding (Memahami), viewing children as a divine gift whose fitrah must be protected; (2) Modeling (Meneladani), building digital moral authority through responsible practice; (3) Guiding (Mengarahkan), acting as a digital navigator to lead children; (4) Presence (Menghadirkan), creating a spiritual and emotional fortress; and (5) Evolving (Mengembangkan), becoming a continuous learner in the digital era. This 5-M framework not only addresses the challenges of child education in the digital age but also offers a practical and holistic guide for parents to effectively instill religious values. 


Keywords


Strategi dakwah; Digital Pendidikan Anak; Orang tua; Islam; Da’wah Strategy; Digital; Kid’s education; Parenting

Full Text:

PDF

References


Ani Nur Aeni, S. R. H. M. R. Z. E. S. (2022). Penggunaan Podcast Mengenai “Peran Dan Tantangan Muslimah Di Era Milenilal” Menjadi Madrasah Al-ula.

Binti Ismail, S., Musliza Binti Mustafa, N., Azman Bin Shaharuddin, S., Binti Yahaya, M., & Syafiq Bin Razali, K. (n.d.). Pendekatan Dakwah Orang Tua Era Digital Dalam Pendidikan Awal Anak-Anak. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 4.

Damayanti, E., Ahmad, A., Bara, A., Islam Negeri Alauddin Makassar, U., & Kab Luwu Timur, F. (2020). Dampak Negatif Penggunaan Gadget Berdasarkan Aspek Perkembangan Anak. 4(1), 1–22.

Hafiz, A., & Suparto. (2024). Teori Pendidikan Empirisme Behaviorisme (John Locke) dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rayah Al-Islam, 8(1), 143–160. https://doi.org/10.37274/rais.v8i1.917

Hardiyanti Rahmah. (2025). Pengasuhan Berbasis Digital : Tantangan Dan Strategi Orang Tua Mendampingi Proses Belajar Pada Anak Usia SD.

Laela, N., Fakultas, D., Dan, K., & Kesehatan, I. (n.d.). Peran Orang Tua Terhadap Pendidikan Anak Dalam Perspektif Islam.

Nahriyah, atun. (2018). Tumbuh Kembang Anak Di Era Digital. 4(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.3552008

Najwah, N. (2021). The Role of Parents in The Character’s Building of Children (The Qur’an and Hadith`S Perspective)/Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak (Perspektif Al-Qur`an dan Hadis). Journal AL-Mudarris, 4(1), 49–63. https://doi.org/10.32478/al-mudarris.v4i1.633

Nugroho, R., Artha, I. K. A. J., Nusantara, W., Cahyani, A. D., & Patrama, M. Y. P. (2022). Peran Orang Tua dalam Mengurangi Dampak Negatif Penggunaan Gadget. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 5425–5436. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2980

Nur Ika Fatmawati dan Ahmad Sholikin. (2019). Literasi Digital, Mendidik Anak Di Era Digital Bagi Orang Tua Milenial.

Nurhayati, O. :, Dosen, S., Pai, P., & Tarbiyah, J. (2015). Urgensi Dan Peran Ibu Sebagai Madrasah Al-Ula Dalam Pendidikan Anak: Vol. VI (Issue 2).

Parhan, M. (2020). Aktualisasi Peran Ibu Sebagai Madrasah Pertama Dan Utama Bagi Anak Di Era 4.0. JMIE (Journal of Madrasah Ibtidaiyah Education), 4(2), 157. https://doi.org/10.32934/jmie.v4i2.193

Al-I’lam; Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam p-ISSN 2598-8883 | Vol. 9, No 1, September 2025, pp. 30-37 e-ISSN 2615-1243

Parinduri, R., & Syekh Abdul Halim Hasan Al Ishlahiyah Binjai, S. H. (2022). Pendidikan Anak Usia Dini Dalam Hadis Riwayat Bukhari (Setiap Anak Dilahirkan Dalam Keadaan Fitrah).

Pitriyani, A., & Widjayatri, R. D. (2022). Peran Orang Tua Milenial Dalam Mendidik Generasi Alpha Di Era Digital (Vol. 4, Issue 1).

Rachmat, I. F., & Hartati, S. (2019). Literasi Digital Orang Tua Anak Usia Dini (Vol. 7, Issue 2).

Rahmat, S. T. (n.d.). Pola Asuh Yang Efektif Untuk Mendidik Anak Di Era Digital. https://kbbi.web.id/orang-tua

Rahmawati, N. R., Septiana, N. Z., & Masitoh, F. (2019). Proceeding of International Conference on Islamic Education: Challenges in Technology and Literacy Faculty of Education and Teacher Training, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang POLA PENGASUHAN ORANGTUA MILENIAL.

Riski Pratama, A., Aprison, W., Latifa, N., Islam Negeri Sjech Djamil Djambek Bukittinggi, U. M., & Mohammad Natsir Bukittinggi, U. (2024). Dakwah Digital Dalam Penyebaran Nilai-Nilai Islam Di Era Digital. Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 5(1), 45. https://ejournal-stidkibogor.ac.id/index.php/tabayyun

Mohammad Adnan, & Gresik, B. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Akhlak Anak Dalam Pendidikan Islam. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 4(1). http://indonesia-admin.blogspot.com,

Umroh, I. L. (2019). Peran Orang Tua Dalam Mendidik Anak Sejak Dini Secara Islami Di Era Milenial 4.0. In Jurnal Studi Pendidikan Islam (Vol. 2, Issue 2).

https://kemenag.go.id/kolom/sentuhan-ibu-dalam-menyiapkan-generasi-tangguh-PJCVE




DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v9i1.35283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Endang Rahmawati, Nurliya Ni'matul Rohmah, Yusron Saudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: