The Development Strategy of Islamic Da'wah Communication Through Instagram Social Media in Batu Mekar Village, Lingsar District
Abstract
Abstrak: Teknologi dan media sosial telah membawa pengaruh besar dalam pengembangan dakwah Islam. Penelitian ini menguraikan tentang Strategi Pengembangan Komunikasi Dakwah Islam Melalui Media Sosial Instagram di Desa Batu Mekar Kecamatan Lingsar dengan metode penelitian kualitatif. Salah satu platform media sosial yang paling populer adalah Instagram. Hasil penelitian ini menemukan adanya beberapa tantangan yang harus diatasi dalam memanfaatkan media sosial Instagram untuk pengembangan dakwah di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar. Dalam jurnal ini, dibahas tentang masalah akses internet dan keterbatasan teknologi, evaluasi konten dakwah, dan analisis pengaruh dan dampak penggunaan media sosial Instagram. Dengan strategi yang tepat, Instagram dapat menjadi alat yang efektif untuk mengembangkan dakwah Islam di Desa Batu Mekar, Kecamatan Lingsar dan seluruh dunia.
Abstract: Technology and social media have brought great influence in the development of Islamic da'wah. This research describes the Development Strategy of Islamic Da'wah Communication Through Instagram Social Media in Batu Mekar Village, Lingsar District, using a qualitative research method. One of the most popular social media platforms is Instagram. The results of this study found several challenges that must be overcome in utilizing Instagram social media for the development of da'wah in Batu Mekar Village, Lingsar District. This journal discusses the problem of internet access and technological limitations, evaluation of da'wah content, and an analysis of the influence and impact of using Instagram social media. With the right strategy, Instagram can be an effective tool to develop Islamic da'wah in Batu Mekar Village, Lingsar District, and throughout the world."
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Deslima, Y. (2018). Pemanfaatan instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam UIN Raden Intan Lampung. http://repository.radenintan.ac.id/4414/
Fadhlur Rahman, K., Yahya, W., Kamil Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, P., Dakwah, F., & Islam Bandung, U. (n.d.). Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Pengembangan Dakwah Islam. J-Innovative.Org. https://doi.org/10.29313/bcsibc.v4i1.11222
Suhada, D., Delviga, D., Agustina, L., … R. S.-J. P., & 2022, undefined. (n.d.). Analisis Keterbatasan Akses Jaringan Internet Terkait Pembelajaran Daring selama Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Desan Talun Kondot, Kec. Panombeian Panei. Jptam.Org. Retrieved June 5, 2024, from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/2861
Sulaiman, J., Dakwah, M. P.-, & 2020, undefined. (n.d.). Manajemen Dakwah Menurut Perspektif Al-Qur’an. Download.Garuda.Kemdikbud.Go.Id. Retrieved June 5, 2024, from http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=2708169&val=24691&title=Manajemen%20Dakwah%20Menurut%20Perspektif%20Al-Quran
Aprina, N. (t.t.). Komunikasi Kehumasan Pemerintah Kota Padang Sidempuan Dalam Menyosialisasikan Perkembangan Covid-19 Melalui Media Sosial Instagram. Diambil 5 Juni 2024, dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/62210
Burhanudin, A. M., Nurhidayah, Y., & Chaerunisa, U. (2019). Dakwah Melalui Media Sosial. ORASI: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 236–246.
Cahyani, R. I. (2018). Peran Media Sosial Instagram Akun Akhyar Tv Dalam Penyebaran Dakwah [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/3980
Deslima, Y. D. (2018). Pemanfaatan instagram sebagai media dakwah bagi mahasiswa komunikasi dan penyiaran islam UIN Raden Intan Lampung [PhD Thesis, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/4414/
Husna, Z. Z. (2021). Perkembangan Dakwah Melalui Media Sosial Instagram. Ath-Thariq: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 5(2), 197–208.
Janah, V. M. (2022). Strategi Promosi Melalui Media Sosial Instagram Dalam Meningkatkan Omzet Penjualan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus Qomeshop Store Jl. Balowerti No. 88A Kota Kediri) [PhD Thesis, IAIN Kediri]. http://etheses.iainkediri.ac.id/id/eprint/6883
Muyassaroh, I. S., Harto, U. S., Suparto, D., Permadi, D., & Sutjiatmi, S. (2024). Model Komunikasi Pendakwah Pada Konten Dakwah Dalam Isu Sosial Dan Politik Di Media Sosial. Journal of Syntax Literate, 9(4). https://search.ebscohost.com/login.aspx?direct=true&profile=ehost&scope=site&authtype=crawler&jrnl=25410849&AN=177257403&h=5HAKDd6%2B4iOEciAklXxm4bCqQaCgrPJbfahsTrLjlHcGs8ppSmV1J%2BQUWeGzb%2FrdesB21OfD9pt%2Bo03KJOnIOQ%3D%3D&crl=c
Saptandari, E. W., Shabrina, Z. R. N., & Priwati, A. R. (2022). Online psychoeducation in the COVID-19 pandemic situation: An effort to improve mental health. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 7(1), 38–53.
Saputri, H. (t.t.). Hayani Saputri, Nim: 1711310071, 2021, Judul Skripsi: I Nstagram Sebagai Media Paenyampaian Pesan Dakwah”. [PhD Thesis, IAIN Bengkulu]. Diambil 5 Juni 2024, dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/6825/
Ummah, N. H. (2023). Pemanfaatan Sosial Media Dalam Meningkatkan Efektivitas Dakwah Di Era Digital. Jurnal Manajemen Dakwah, 11(1). http://journal.uinjkt.ac.id/index.php/jmd/article/view/32914
Zahra, U. F., Sarbini, A., & Shodiqin, A. (2016). Media Sosial Instagram sebagai Media Dakwah. Tabligh: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam, 1(2), 60–88.
Zulaecha, N. N., Hafidz, H., Pertiwi, B. N. O., & Nashihin, H. (2023). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Dakwah Digital Dalam Penyiaraan Agama Kalangan Kaum Milenial Di Instagram (Ustadz Hanan Attaki). Attractive: Innovative Education Journal, 5(2), 534–547.
DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v9i1.35494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Sukarta Sukarta, Abdul Malik Madani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.
Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085946008096 | email: [email protected]
INDEXED BY:
.png)
2.png)


























