Strategi Komunikasi Akun Instagram Kacamatan Tulungagung Sebagai Media Informasi Masyarakat

Darisy Syafaah, Gallih Ari Fadhli

Abstract


Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap strategi komunikasi yang digunakan oleh akun Instagram @kacamata_tulungagung sebagai media informasi bagi masyarakat Tulungagung. Akun Instagram @kacamata_tulungagung merupakan salah satu media informasi terbesar kompetitornya di Tulungagung dengan jumlah followers mencapai 262 ribu. Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini meliputi cara akun Instagram @kacamata_tulungagung dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam menyampaikan informasi, akun instagram ini menggunakan strategi : 1) mengenal khalayak melalui postingan- postingan bermuatan lokal yang relevan dengan kondisi masyarakat Tulungagung 2) menetapkan tujuan penyampaian informasi berdasarkan unsur informatif sebanyak 40%, persuasif 30%, edukatif 15 %, dan hiburan sebanyak 15%, 3) menyusun pesan dengan berlandaskan pada prinsip tepat, valid, akuntabel dan responsif, dan 4) menyampaiakan pesan melalui bahasa lokal Tulungagung yang dikombinasikan dengan bahasa Indonesia serta pemanfaatan fitur- fitur yang terdapat pada instagram secara maksimal

 

Abstract:
This study aims to reveal the communication strategy used by the Tulungagung District Instagram account as a medium of information for the Tulungagung community. The Tulungagung District Instagram account is one of the largest competitor information media in Tulungagung with 262 thousand followers. The problems discussed in this study include the way the Tulungagung District Instagram account conveys information to the public. To answer this question, the researcher used descriptive qualitative research methods. The results show that in conveying information, this Instagram account uses the following strategies: 1) getting to know the audience through local content posts that are relevant to the conditions of the Tulungagung community 2) setting the goal of delivering information based on informative elements as much as 40%, persuasive 30%, educative 15% , and entertainment as much as 15%, 3) compiling messages based on the principles of appropriate, valid, accountable and responsive, and 4) conveying messages through the local language of Tulungagung combined with Indonesian and utilizing the features found on Instagram to the fullest


Keywords


komunikasi; strategi; instagram; informasi; media; tulungagung; communications; strategies;



DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v5i1.5179

Refbacks



Copyright (c) 2021 Darisy Syafaah, Gallih Ari Fadhli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085730002007 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: