Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Membentuk Kebiasaan Beribadah Anak Berkebutuhan Khusus Siswa Sekolah Luar Biasa Negeri 1 Mataram

Endang Rahmawati, Fatimatus Zahra, Muhammad Zulkifli

Abstract


Abstrak:
Penelitian dalam skripsi ini dilakukan dengan melihat semakin banyaknya jumlah Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) di Indonesia, termasuk di Kota Mataram. Para ABK yang beragama Islam tetap memiliki kewajiban untuk menjalankan syariat agama Islam termasuk diantaranya beribadah. Tentunya dalam hal ini peran orangtua untuk mendampingi dan membimbing anak dalam membentuk kebiasaan beribadah sangat dibutuhkan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komunikasi interpersonal para orangtua anak berkebutuhan khusus (ABK) siswa Sekolah luar Biasa (SLB) Negeri 1 Mataram dalam membentuk kebiasaan beribadah. Selain itu juga untuk mengetahui kebiasaan beribadah anak berkebutuhan khusus (ABK) siswa Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri 1 Kota Mataram di rumah masing-masing. Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sampel yang diambil dari skripsi ini adalah guru dan orangtua siswa di Sekolah luar Biasa Negeri 1 Mataram. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan komunikasi interpersonal yang dilakukan oleh orangtua dalam menanamkan kebiasaan beribadah pada anak tidak terlepas dari peran sekolah yang mengadakan berbagai kegiatan peribadatan. Kegiatan inilah yang kemudian diadaptasi dan dilanjutkan di rumah dengan menyesuaikan keadaan dan kemampuan masing-masing siswa. Selain itu kebiasaan beribadah pada ABK siswa SLB Negeri 1 Mataram telah tumbuh tentunya berbeda-beda setiap anak dengan berbagai keadaan.

Abstract:
The research in this thesis was conducted by looking at the increasing number of Children with Special Needs (ABK) in Indonesia, including in the city of Mataram. The crew members who are Muslim still have an obligation to carry out Islamic religious law, including worship. Of course, in this case the role of parents to accompany and guide children in forming worship habits is very much needed. The purpose of this study was to determine the interpersonal communication of parents of children with special needs (ABK) students of Special School (SLB) Negeri 1 Mataram in forming worship habits. In addition, to find out the worship habits of children with special needs (ABK) students of the State 1 Special School (SLB) Mataram City at their respective homes. The research methodology used is qualitative research with data collection techniques using observation, interviews, and documentation. The samples taken from this thesis are teachers and parents of students at the State Special School 1 Mataram. From the results of the study, it can be concluded that interpersonal communication carried out by parents in instilling worship habits in children cannot be separated from the role of schools that hold various worship activities. This activity is then adapted and continued at home by adjusting the circumstances and abilities of each student. In addition, the habit of worshiping the ABK students of SLB Negeri 1 Mataram has grown, of course, it is different for each child with various circumstances.


Keywords


Komunikasi Interpersonal; Autisme; ABK; Ibadah; autism; worship



DOI: https://doi.org/10.31764/jail.v5i2.8210

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Fatimatus Zahra, Muhammad Zulkifli

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Al-I’lam: Jurnal Komunikasi dan Penyiaran Islam
Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram.

Alamat Redaksi:
Jln. KH. Ahmad Dahlan No. 1 Pagesangan – Mataram
Telpon 085730002007 | email: [email protected]

 

INDEXED BY: