PENDAMPINGAN PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS DIGITAL MAEKETING DI DESA MEGALUH JOMBANG

Lailatus Sa'adah, Ayunanda Retno Putri, Wisnu Mahendri, Mochamad Alfianata Pradana, Baitul Ainun Makin

Abstract


ABSTRAK                                                                                     

Untuk bertahan di era industri pada zaman sekarang sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dituntut kreatif dan mengikuti perkembangan jaman yang mana pada saat ini semuannya sudah menggunakan online dalam segala bidang khususnya pemasaran. digital marketing dapat menggunakan facebook dan whatsapp. dengan demikian perlu dilakukan pendampingan strategi pemasaran yang lebih baik dengan memanfaatkan media sosial agar jangkauannya lebih luas dan tepat sasaran. Pendampingan ini dilakukan fokus pada strategi digital melalui Facebook dan whatsapp.  dipemilihnya facebook dan whatsapp karena kedua aplikasi ini merupakan pengguna media sosial terbanyak. Peserta dalam pendampingan ini adalah pelaku usaha tergabung dalam Pujasera Desa Megaluh.  Tujuan dari pendampingan ini adalah untuk dapat meningkatkan pemahaman mengenai digital marketing, meningkatkan penggunaan digital marketing lebih efektif, dapat memperluas area pasaran serta meningkatkan pendapatan. Metode yang digunakan adalah  ceramah dan praktik langsung menggunakan gedget masing-masing. Untuk peserta yang belum memiliki akun facebook, peserta dibimbing membuat iklan produk masing-masing di facebook marketplace, penyebaran ke grub facebook serta pembuatan akun whatsapp business  Setelah mengikuti pelatihan, kemampuan pelaku UMKM dalam melakukan promosi meningkat. Hasil dari pendampingan ini didapatkan Sebanyak 100% peserta menyatakan akan melakukan promosi melalui facebook baik marketplace maupun grup serta whatsapp business.

 

 

Kata kunci: Digital marketing, facebook, whatsapp Business, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

 

ABSTRACT

To survive in the current industrial era, the micro, small and medium enterprise (MSMEs) sector is required to be creative and keep up with the times, where at this time all of them are already using online in all fields, especially marketing. digital marketing can use facebook and whatsapp. thus it is necessary to provide better marketing strategy assistance by utilizing social media so that the reach is wider and right on target. This assistance is carried out focusing on digital strategies through Facebook and WhatsApp. he chose facebook and whatsapp because these two applications are the most users of social media. Participants in this assistance are business actors who are members of the Megaluh Village Pujasera. The purpose of this assistance is to be able to increase understanding of digital marketing, increase the use of digital marketing more effectively, expand the market area and increase revenue. The method used is lectures and hands-on practice using each gadget. For participants who do not yet have a Facebook account, participants are guided to make advertisements for their respective products on the Facebook marketplace, distribute them to Facebook groups and create WhatsApp business accounts. After attending the training, the ability of MSME actors to carry out promotions increases. As a result of this assistance, 100% of the participants stated that they would carry out promotions via Facebook, both marketplaces and groups as well as WhatsApp business.

 

Keywords: Digital marketing, facebook, whatsapp Business, and Micro, Small and Medium Enterprises


Keywords


Digital marketing, facebook, whatsapp Business, dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah

Full Text:

PDF

References


Arumsari, N. R., Lailyah, N., & Rahayu, T. (2022). Peran Digital Marketing dalam Upaya Pengembangan UMKM Berbasis Teknologi di Kelurahan Plamongansari Semarang. SEMAR (Jurnal Ilmu Pengetahuan, Teknologi, Dan Seni Bagi Masyarakat), 11(1), 92. https://doi.org/10.20961/semar.v11i1.57610

DataReportal (2022). (n.d.). Retrieved October 27, 2022, from https://datareportal.com/reports/digital-2022-indonesia

Diana, L., Ariyel, J., Putri, A. N., & Sabrina, M. (2022). Pedampingan Pemanfaatan Digital Marketing MelaluiGoogle Business Pada Umkm Kelurahan Kertajaya. Jurnal Abdimas Patikala, 2(1), 442–447.

Hidayati, N., Pungkasanti, P. T., & Wakhidah, N. (2020). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Digital Marketing Umkm Di Kecamatan Tembalang Semarang. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(3), 119. https://doi.org/10.33633/ja.v3i3.129

Mansir, F. dan H. P. (2021). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Digital Marketing dan Media Sosial Sebagai Media Promosi Era Pandemi Covid -19 di UMKM Panggungharjo Sewon Bantul. Abdimas Singkeru, 1(1).

Mariskhana, K., Suharyanti, N., Suparni, E., Syahlani, A., & Anggarini, D. T. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing Dalam E-Commerce Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Majelis Talim Hidayatul Mubtadiin. Jurnal AbdiMas Nusa Mandiri, 2(2), 55–62. https://doi.org/10.33480/abdimas.v2i2.1924

Ridwan, I. M., Fauzi, A., Aisyah, I., Susilawati, & Sofyan, I. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 137–142. http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/abdimas

Setiawan, B., & Fadillah, A. (2020). Pendampingan Penerapan Strategi Promosi Berbasis Digital Bagi UMKM Di Wilayah Kota Bogor. Jurnal Abdimas Dedikasi Kesatuan, 1(1), 29–36. https://doi.org/10.37641/jadkes.v1i1.320

Soemargono, S., Laksmono, R., & Suprianti, L. (2020). Jurnal Abdimas Teknik Kimia. Jurnal Abdimas Teknik Kimia, 01(1), 6–11.

Sukmasetya, P., Apriyani, H., Wahyuni, T., Wulan, B. S., Nugroho, W., & Ardiyansah, A. H. (2021). Pendampingan Pemanfaatan Digital Branding dan Digital Marketing Pada Kuliner Kampung Kali Paremono. Jurnal Abdimas PHB : Jurnal Pengabdian Masyarakat Progresif Humanis Brainstorming, 4(3), 322–328. http://ejournal.poltektegal.ac.id/index.php/abdimas/article/view/2331

Sulistyaningsih, E., Asih, E. W., Mawadati, A., Sekarjati, K. A., Wibowo, A. H., Ustyannie, W., Khasanah, R., & Arjianto, B. R. (2022). Strategi Pemasaran Produk UMKM OK OCE ADMA Yogyakarta dengan Memanfaatkan Marketplace di Facebook. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(5), 1397–1406. https://doi.org/10.54082/jamsi.398

Sulistyaningsih, S., & Sumarno, S. (2018). Pengembangan desa Ekowisata Terpadu Sebagai Optimalisasi Potensi Kawasan Pantai Patek Berbasis UMKM di desa Gelung Situbondo. Integritas : Jurnal Pengabdian, 2(2). https://doi.org/10.36841/integritas.v2i2.255

Susanti, E. (2020). Pelatihan Digital Marketing Dalam Upaya Pengembangan Usaha Berbasis Teknologi Pada Umkm Di Desa Sayang Kecamatan Jatinangor. Sawala : Jurnal Pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa Dan Masyarakat, 1(2), 36. https://doi.org/10.24198/sawala.v1i2.26588

Susanto, B., Hadianto, A., Chariri, F. N., Rochman, M., Syaukani, M. M., & Daniswara, A. A. (2020). Penggunaan Digital Marketing untuk Memperluas Pasar dan Meningkatkan Daya Saing UMKM. Community Empowerment, 6(1). https://doi.org/10.31603/ce.4244

Yanti, N., Dewi, S., Hulaimi, A., & Wahab, A. (2022). Pelatihan Digitalisasi Manajemen Pemasaran Syariah Bagi Pelaku Usaha Kopi Bubuk Organik di Desa Tegal Maja. Journal of Community Empowerment, 1(1), 38–42.

Zulfikar, T., Kadarisman, S., Djogo, O., Paramarta, V., Yuliati, F., Mulyani, S. R., Fitriana, Kosasih, Panjaitan, B., & Kurniasih, A. (2022). Branding dan Digital Marketing Meningkatkan Penjualan pada Pelaku Usaha Dodol Nanas Desa Tambakmekar Jalancagak Kabupaten Subang. Jurnal Abdimas Peradaban, 3(1), 41–47. https://doi.org/10.54783/ap.v3i1.7




DOI: https://doi.org/10.31764/joce.v1i2.11665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.