PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN MANAJEMAN USAHA MELALUI PENGEMBANGAN USAHA IKAN ASAP YANG BERKELANJUTAN DI DESA MAPAK INDAH

Nur Fitri Hidayanti, Zaenafi Ariani, Siti Lamusiah, Mardiah Hayati, Endang Rahmawati, Ilham Ilham, Muhammad Hudri

Abstract


ABSTRAKSektor perikanan memegang peranan krusial dalam menopang perekonomian masyarakat pesisir di Indonesia, termasuk di Desa Mapak Indah, dengan potensi sumber daya alam yang melimpah, khususnya ikan, membuka peluang besar bagi pengembangan usaha pengolahan seperti ikan asap. Namun, potensi ini seringkali belum tergarap optimal karena keterbatasan pengetahuan dan keterampilan dalam manajemen usaha, terutama terkait keberlanjutan. Program pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan dan pendampingan manajemen usaha melalui pengembangan usaha ikan asap yang berkelanjutan di Desa Mapak Indah. Metodologi program ini melibatkan 18 peserta ibu-ibu pelaku UMKM ikan asap dan dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2025 di Desa Mapak Indah, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Metode pelaksanaan mencakup identifikasi permasalahan dan kebutuhan mitra, pelatihan manajemen usaha dan keuangan, penerapan teknologi pengasapan yang ramah lingkungan, pelatihan pemasaran dan branding produk, serta pendampingan dan monitoring berkala. Tahapan kegiatan dilakukan oleh Tim dari pelatihan proses pengolahan ikan asap yang baik dan tepat, dan dilanjudkan dengan pendampingan manajeman usaha yang sesuai dengan kondisi masyarakat. Hasil program menunjukkan peningkatan pengetahuan dan keterampilan peserta, dengan rata-rata skor pengetahuan meningkat dari 65 menjadi 80. Selain itu, rata-rata penjualan UMKM meningkat sebesar 30% dalam tiga bulan setelah pelatihan. Sebanyak 80% ibu-ibu pelaku UMKM berhasil membuka lapak fisik, dan rata-rata pendapatan bulanan mereka meningkat dari Rp 400.000 menjadi Rp 700.000 dalam satu minggu setelah pendampingan.Kata kunci: Manajemen Usaha; Ikan Asap; Berkelanjutan.

 

ABSTRACTThe fisheries sector plays a crucial role in supporting the economy of coastal communities in Indonesia, including in Mapak Indah Village. Its abundant natural resources, especially fish, open up significant opportunities for developing processing businesses like smoked fish. However, this potential often remains underutilized due to limited knowledge and skills in business management, particularly regarding sustainability. This community service program aims to provide business management training and mentoring through the development of sustainable smoked fish businesses in Mapak Indah Village. The program's methodology involved 18 women participants who are micro, small, and medium-sized enterprise (MSME) owners in the smoked fish sector. It was carried out on May 17, 2025, in Mapak Indah Village, Mataram, West Nusa Tenggara. The implementation methods included identifying partners' problems and needs, business and financial management training, implementing eco-friendly smoking technology, product marketing and branding training, and regular mentoring and monitoring. The stages of the activity are carried out by the Team from training on the proper and correct process of processing smoked fish, and continued with assistance in business management that is in accordance with community conditions. The program's results showed an increase in participants' knowledge and skills, with the average knowledge score rising from 65 to 80. Additionally, the average MSME sales increased by 30% within three months after the training. A significant 80% of the women MSME owners successfully opened physical stalls, and their average monthly income increased from Rp 400,000 to Rp 700,000 within one week of receiving mentoring.Keywords: Business Management; Smoked Fish; Sustainable. 

Keywords


Manajemen Usaha; Ikan Asap; Berkelanjutan

Full Text:

PDF

References


Arifudin, O., Wahrudin, U., Rusmana, F. D., & Tanjung, R. (2020). Pendampingan UMKM Dalam Meningkatkan Hasil Produksi Dan Hasil Penjualan Opak Makanan Khas Jawa Barat. Jurnal Karya Abdi Masyarakat, 4(2), 313–322. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.10560

Asfahani, A. (2023). Pendampingan UMKM melalui Penyediaan Lapak dalam Meningkatkan Perekonomian Masyarakat. Assoeltan: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(1), 31–41. https://edujavare.com/index.php/Assoeltan/article/view/147

Asmaul, R., Susilowati, Karyanto, Y., & Evawati, D. (2024). Pelatihan Pengolahan, Pengemasan Dan Pemasaran Ikan Asap Di Desa Beji Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Pancasona, 3(2), 179–194. https://doi.org/10.36456/pancasona.v3i2.9281

Beno, J., Silen, A. ., & Yanti, M. (2022). Strategi Pengembangan Objek Wisata Pantai Mapak Indah Kota Mataram. Braz Dent J., 33(1), 1–12.

Budiman, A. S., Kamil, M., Pratama, E.W., &, & Harnando, N. (2023). Pengembangan Umkm Keripik Talas Dusun Banyusidi Magelang Melalui Inovasi Kemasan Dan Pemasaran Digital. Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 274–282.

Dewi, A. S., Pujiati, A., Sarifudin, A., & Winata, R. Y. (2021). Pembinaan Dan Pendampingan Umkm Sebagai Upaya Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Pada Masyarakat Pesisir. Jurnal Abdi Masyarakat Saburai (JAMS), 2(01), 52–59. https://doi.org/10.24967/jams.v2i01.1240

Hatta, I. H., & Fredy, H. (2024). Edukasi Digitalisasi Pemasaran Untuk Umkm Ikan Asap Di Kabupaten Bojonegoro Setiarini1*,. 6(1), 43–51.

Hiariey, L. S. (2015). Pemberdayaan Ekonomi Nelayan Pengolah Ikan asap di Desa Hative Kecil, Kota Ambon. Jurnal Matematika Saint Dan Teknologi, 16(1), 26–34.

Indriastuti, M., Mutamimah, M., & Riansyah, A. (2023). Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Inovasi dan Packaging Produk Ikan Asap Kec. Rowosari, Kab. Kendal. Indonesian Journal of Community Services, 5(1), 65. https://doi.org/10.30659/ijocs.5.1.65-74

Said, K., & Hidayanti, N. F. (2024). Pendampingan Umkm Di Desa Sajang Dalam Meningkatkan Penjualan Produksi Keripik Talas Bagi Petani Talas Di Kawasan Wisata …. Community …, 5(1), 1–7. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/25789%0Ahttp://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/download/25789/17972

Sajang, D., Sembalun, K. E. C., Hidayanti, N. F., & Hulaimi, A. (2024). Masyarakat Melalui Lapak Menuju Ekonomi Digital Di. 3.

Sucipto, A., Afidah, N., & Amar, M. (2023). Strategi Digital Marketing dalam Meningkatkan Multi Player Effect untuk Menambah Kesejahteraan UMKM Ikan Asap Digital Marketing Strategy in Enhancing Multi-Player Effect to Increase the Welfare of Smoked Fish SMEs. NJCEE: Nusantara Journal of Community Engagement and Empowerment, 1(1), p-ISSN.

Sudjinan, S., & Juwari, J. (2018). Pemberdayaan Potensi Masyarakat Melalui Pendampingan Umkm Dan Koperasi Di Kelurahan Telaga Sari Kota Balikpapan. Jurnal Abdi Masyarakat Ilmu Ekonomi [J.A.M.I.E.], 1(1), 40–49. http://jurnal.fem.uniba-bpn.ac.id/index.php/JAMIE

Suhandi, Hanafiah, H., & Harsono, P. (2020). Strategi Pemasaran Makanan Tradisional Keripik Talas Beneng Dengan Penerapan Marketing Mix Untuk Meningkatkan Penjualan. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 10(2), 144–151.

Tanan, C. I., & Dhamayanti, D. (2020). Pendampingan UMKM dalam Pengelolaan Keuangan Usaha Guna Peningkatan Ekonomi Masyarakat di Distrik Abepura Jayapura. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, 1(2), 173–185. https://doi.org/10.37680/amalee.v1i2.408

Widiya Ananda, Slamet Bambang Riono, Muhammad Syaifulloh, & Suci Nur Utami. (2022). Pendampingan Strategi Pemasaran Berbasis Teknologi bagi UMKM Arum Manis untuk Meningkatkan Perekonomian Masyarakat di Desa Cihaur, Kecamatan Banjarharjo. SAFARI :Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(4), 08–14. https://doi.org/10.56910/safari.v2i4.132




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31824

Refbacks

  • There are currently no refbacks.