EDUKASI DAN PELATIHAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN KOMIK DIGITAL
Abstract
ABSTRAK
Rendahnya tingkat literasi siswa Indonesia menjadi permasalahan utama pada bidang Pendidikan di Indonesia. Hal ini juga terjadi pada SMK Takwa Belitang yang menjadi salah satu mitra pengabdian Universitas Nurul Huda. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa edukasi dan pelatihan membaca teks Bahasa Inggris menggunakan komik digital yang diimplementasikan kepada siswa SMK Takwa Belitang. Permasalahan utama yang dialami oleh mitra adalah 1) kurangnya motivasi siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris siswa, 2) rendahnya tingkat kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa, 3) minimnya media pembelajaran berbasis teknologi yang mampu menunjang keterampilan membaca teks Bahasa Inggris siswa. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah meningkatkan literasi membaca siswa dengan cara memberikan edukasi dan pelatihan membaca menggunakan komik digital. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini adalah 1) edukasi dengan penyampaian materi dan peraktik membaca menggunakan komik digital, 2) diskusi dan ceramah, dan 3) pelatihan berupa pendampingan membaca teks Bahasa Inggris menggunakan komik digital. Kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan kemitraan dengan melibatkan SMK Takwa Belitang yang beralamat di Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sebagai mitra dengan jumlah 29 siswa kelas XI2 Multimedia. Selanjutnya kegiatan pengabdian ini memberikan hasil yang positif dengan adanya motivasi siswa yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dan terjadinya peningkatan literasi membaca siswa menggunakan media pembelajaran berupa komik digital. Pengabdian ini juga menjadi kegiatan yang memberikan motivasi dan pengetahuan lebih kepada siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris menggunakan komik digital, dan tentunya meningkatkan literasi kemampuan membaca siswa.
Kata kunci: Membaca; Bahasa Inggris; Komik Digital.
ABSTRACT
The low level of literacy of Indonesian students is a major problem in the field of education in Indonesia. This also happened to SMK Takwa Belitang which is one of the community service partners of Nurul Huda University. This Community Service Activity is in the form of education and training in reading English texts using digital comics which are implemented for students of SMK Takwa Belitang. The main problems experienced by the partners are 1) lack of student motivation in reading English texts, 2) low level of students' ability to read English texts, 3) lack of technology-based learning media that can support students' English text reading skills. The purpose of this community service activity is to improve students' reading literacy by providing education and training in reading using digital comics. The methods applied in this community service are 1) education by delivering materials and reading practices using digital comics, 2) discussions and lectures, and 3) training in the form of mentoring in reading English texts using digital comics. This community service activity is a partnership activity involving SMK Takwa Belitang which is located in Belitang District, East Ogan Komering Ulu Regency as a partner with a total of 29 students of class XI2 Multimedia. Furthermore, this community service activity provides positive results with the motivation of students who are very enthusiastic in participating in the activity and an increase in student reading literacy using learning media in the form of digital comics. This community service is also an activity that provides more motivation and knowledge to students in reading English texts using digital comics, and of course increases students' reading literacy.
Keywords: Reading, English, Digital Comic.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amaniarsih, D. S., & Arsita, L. D. (2023). Tips Menguasai 4 Keterampilan dalam Bahasa Inggris. 2(1).
Kholili, A. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry-Based Learning. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1494–1501. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1441
Kurniati & Pratama. (2023). Educational Comic for Reading Comprehension. Universitas Nurul Huda.
Kurniati, N., Kuspiyah, H. R., Fitriyah, L., & Isma, A. F. (2024). Pendampingan Tutor Bahasa Inggris YPPNH Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berupa E-Modul Interaktif. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 378–395. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1836
Lailaturohmah, V., & Lestari, W. M. (2024). Pengaruh Media Komik Terhadap Literasi Baca Peserta Didik Kelas IV SDN Gunung Gangsir Ii Pasuruan. 09.
Lubis, B. N. A., Syahputri, D., & Rambe, K. R. (2022). Pelatihan Teknik Membaca Cepat: Skimming and Scanning Bagi Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(1), 30–33. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.107
Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901
Supriatin, A., & Alfiannoor, A. (2022). Assistance Of School Age Children In Growing Reading Literature Ability Through Comic Media.
Topuzkanamış, E. (2019). Investigation of Reading and Writing Strategies Used by Future Teachers: Do Good Readers Write Well? Advances in Language and Literary Studies, 10(3), 89. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.10n.3p.89
OECD (2023), PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.
DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31894
Refbacks
- There are currently no refbacks.