EDUKASI DAN PELATIHAN MEMBACA TEKS BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN KOMIK DIGITAL

Nia KURNIATI Kurniati

Abstract


Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini berupa edukasi dan pelatihan membaca teks Bahasa Inggris menggunakan komik digital yang diimplementasikan kepada siswa SMK Takwa Belitang. Permasalahan utama yang dialami oleh mitra adalah 1) kurangnya motivasi siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris siswa, 2) rendahnya tingkat kemampuan membaca teks Bahasa Inggris siswa, 3) minimnya media pembelajaran berbasis teknologi yang mampu menunjang keterampilan membaca teks Bahasa Inggris siswa.kegiatan pengabdian ini merupakan kegiatan kemitraan  dengan melibatkan SMK Takwa Belitang yang beralmat di Kecamatan Belitang Kabupaten Ogan Komering Ulu Timur sebagai mitra. Metode yang diterapkan dalam pengabdian ini adalah 1) edukasi dengan penyampaian materi dan peraktik membaca menggunakan komik digital, 2) diskusi dan ceramah, dan 3) pelatihan berupa pendampingan membaca teks Bahasa Inggris menggunakan komik digital. Selanjutnya kegiatan pengabdian ini memberikan hasil yang positif dengan adanya motivasi siswa yang sangat antusias dalam mengikuti kegiatan. Pengabdian ini juga menjadi kegiatan yang memberikan motivasi dan pengetahuan lebih kepada siswa dalam membaca teks Bahasa Inggris menggunakan komik digital, dan tentunya meningkatkan literasi kemampuan membaca siswa.

Keywords


Membaca; Bahasa Inggris; Komik Digital.

References


Amaniarsih, D. S., & Arsita, L. D. (2023). TIPS MENGUASAI 4 KETERAMPILAN DALAM BAHASA INGGRIS. 2(1).

Kholili, A. (2022). Upaya Meningkatkan Pemahaman Membaca Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Berbasis Inkuiri (Inquiry-Based Learning. Literasi Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Inovasi, 2(2), 1494–1501. https://doi.org/10.58466/literasi.v2i2.1441

Kurniati & Pratama. (2023). Educational Comic for Reading Comprehension. Universitas Nurul Huda.

Kurniati, N., Kuspiyah, H. R., Fitriyah, L., & Isma, A. F. (2024). Pendampingan Tutor Bahasa Inggris YPPNH Dalam Menggunakan Media Pembelajaran Berupa E-Modul Interaktif. Journal Of Human And Education (JAHE), 4(6), 378–395. https://doi.org/10.31004/jh.v4i6.1836

Lailaturohmah, V., & Lestari, W. M. (2024). PENGARUH MEDIA KOMIK TERHADAP LITERASI BACA PESERTA DIDIK KELAS IV SDN GUNUNG GANGSIR II PASURUAN. 09.

Lubis, B. N. A., Syahputri, D., & Rambe, K. R. (2022). Pelatihan Teknik Membaca Cepat: Skimming and Scanning Bagi Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK Swasta Yapim Biru-Biru. Jurnal Pustaka Mitra (Pusat Akses Kajian Mengabdi Terhadap Masyarakat), 2(1), 30–33. https://doi.org/10.55382/jurnalpustakamitra.v2i1.107

Navida, I., Rasiman, Prasetyowati, D., & Nuriafuri, R. (2023). Kemampuan Literasi Membaca Peserta Didik Pada Muatan Bahasa Indonesia Kelas 3 di Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(2), 1034–1039. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i2.4901

Supriatin, A., & Alfiannoor, A. (2022). Assistance Of School Age Children In Growing Reading Literature Ability Through Comic Media.

Topuzkanamış, E. (2019). Investigation of Reading and Writing Strategies Used by Future Teachers: Do Good Readers Write Well? Advances in Language and Literary Studies, 10(3), 89. https://doi.org/10.7575/aiac.alls.v.10n.3p.89

OECD (2023), PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education, PISA, OECD Publishing, Paris, https://doi.org/10.1787/53f23881-en.




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.31894

Refbacks

  • There are currently no refbacks.