ANTISIPASI BULLYING DILINGKUNGAN SEKOLAH DASAR AISYIYAH I MATARAM MELALUI PENYULUHAN HUKUM UU NO. 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK

Siti Hasanah, Fitriani Amelia, Erwin Asidah, Asri Asri

Abstract


ABSTRAK                                                                            

Bullying atau perundungan merupakan bentuk kekerasan yang sering terjadi dalam lingkungan pendidikan. Tindakan ini tidak hanya berdampak pada korban secara fisik, tetapi juga secara psikologis dan sosial, yang dapat menghambat proses belajar dan perkembangan anak. Di usia sekolah dasar, anak-anak berada dalam tahap perkembangan karakter yang rentan terhadap pengaruh lingkungan, sehingga penting untuk menciptakan suasana belajar yang aman dan nyaman. Untukmewujudkan kondisi tersebut perlu upaya penguatan pemahaman hukum terkait perlindungan anak terhadap pihak-pihak terkait baik guru sebagai penanggung jawab pendidikan anak disekolah maupun orang tua siswa saat anak-anak berada dalam lingkungan keluarga. Pola penguatan tersebut dilakukan melalui program penyuluhan hukum yang bertujuan untuk mengantisipasi tindakan bullying di lingkungan solah Aisyiyah. Kegiatan terselenggara atas kerjasama LPPM Universitas Muhammadiyah Mataram dengan Kepala Sekolah dan TIM Guru SD Aisyiyah I Mataram. Kegiatan telah terlaksana pada tanggal Tanggal 16 Mei Tahun 2025, yang dihadiri oleh  unsur Guru, wali murid, dan tokoh pendidikan. Penyampaian materi dilakukan dengan metode  ceramah interaktif, dan tanya jawab. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta terhadap bentuk-bentuk bullying serta konsekuensi hukum serta solusi antisipatif dalam mencega terjadnya bullying.  Kegiatan ini juga mendorong terciptanya budaya sekolah yang lebih peduli terhadap perlindungan hak anak. Sosialisasi hukum secara berkelanjutan diharapkan mampu menanamkan kesadaran hukum sejak dini dan meminimalisasi kasus bullying di sekolah dasar.

 

Kata kunci: antisipasi; bullying; penyuluhan hukum

 

ABSTRACT

 

Bullying is a form of violence that often occurs in educational settings. This behavior not only affects victims physically, but also psychologically and socially, which can hinder children's learning and development. At the elementary school age, children are in a stage of character development that is vulnerable to environmental influences, so it is important to create a safe and comfortable learning environment. To achieve this, efforts are needed to strengthen legal understanding regarding child protection among relevant parties, including teachers as educators responsible for children's education at school and parents when children are in the family environment. This strengthening is carried out through legal awareness programs aimed at preventing bullying in the Aisyiyah school environment. The activity was carried out in collaboration with the Research and Community Service Center (LPPM) of Muhammadiyah University of Mataram, the School Principal, and the Teacher Team of Aisyiyah I Elementary School in Mataram. The activity took place on May 16, 2025, and was attended by teachers, parents, and education figures. The presentation of materials was conducted using an interactive lecture method and question-and-answer sessions. The results of the activity showed an increase in participants' understanding of the forms of bullying, legal consequences, and preventive solutions to prevent bullying from occurring. This activity also encouraged the creation of a school culture that is more concerned with the protection of children's rights. Continuous legal socialization is expected to instill legal awareness from an early age and minimize bullying cases in elementary schools.

 

 Keywords: anticipation; bullying; legal counseling


Keywords


anticipation; bullying; legal counseling

Full Text:

PDF

References


Asdhar, H., & Yoenanto, N. (2024). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Sosio-Emosional terhadap Pencapaian Belajar pada Siswa Sekolah Dasar: A Literature Review. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Sejarah, 6(3), 115–125. http://ejurnal.uibu.ac.id/index.php/maharsi/article/view/29

Fauzi, A., Sukartiasih, W., & Suchaiyati, N. (2024). Perilaku Bullying pada Siswa: Sebuah Studi Naratif Review tentang Hubungannya dengan Kecerdasan Emosional. FOCUS, 5(1), 43–53. https://doi.org/10.37010/FCS.V5I1.1484

Febrianti, R., Syaputra, Y., & Oktara, T. (2024). Dinamika bullying di sekolah: Faktor dan dampak. Indonesian Journal. http://www.ijec.ejournal.id/index.php/counseling/article/view/336

Habsy, B., & Alamsyah, A. (2024). Studi Literatur Tentang Fenomena Bullying Di Jawa Timur. Al-Isyraq: Jurnal Bimbingan Al Maula. https://jurnal.pabki.org/index.php/alisyraq/article/view/391

Mustofiyah, L., Noviasari, A., Wahyuningsih, D., Nugrahini, E. H., Widyasari, C., & Ernawati. (2024). Model Edukasi Upaya Pencegahan Bullying di SD: Studi Literature Review. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 827–842. https://doi.org/10.23969/JP.V9I4.17147

Pratiwi, I., Herlina, H., & Keperawatan, G. U. (2021). Gambaran perilaku bullying verbal pada siswa sekolah dasar: Literature review. Jurnal Keperawatan. http://ejurnal.poltekkesjakarta3.ac.id/index.php/JKep/article/view/436

Putra, C. A., Sulaicha, S., Saputra, F. L., Ramadhani, S. P., Ramadhani, S. E., & Kamala, W. F. (2024). Penerapan Program Sosialisasi Pendidikan Karakter di SDN Musir Kidul. Aksi Nyata : Jurnal Pengabdian Sosial Dan Kemanusiaan, 1(3), 28–41. https://doi.org/10.62383/AKSINYATA.V1I3.264

Putra, O., Affiqoh, A., & Iskandar, N. (2025). Analisis Sistematis Dampak School Bullying terhadap Perkembangan Sosial Remaja melalui Tinjauan Literatur 2020–2023. Jurnal Penelitian. https://jurnal-id.com/index.php/jupin/article/view/1429

Sakroni, S., & Subardhini, M. (2024). Pelaku Bullying Ditinjau Dari Perspektif Teori Identitas Sosial Sebuah Systematic Review Literature. Santhet (Jurnal Sejarah). https://ejournal.unibabwi.ac.id/index.php/santhet/article/view/3926

Soebandi, R. U. (2020). Literature Review: Efektivitas Program Anti-Bullying Berbasis Ketahanan dalam Mencegah Perilaku Bullying. Jurnal Kesehatan. https://journal.uds.ac.id/jkds/article/view/164

Teoritis, T., Dan, K., Dalam, K., Dewi, K., Putri, A., & Arifin, R. (2018). Tinjauan Teoritis Keadilan Dan Kepastian Dalam Hukum di Indonesia (The Theoretical Review of Justice and Legal Certainty in Indonesia). MIMBAR YUSTITIA : Jurnal Hukum Dan Hak Asasi Manusia, 2(2), 142–158. https://doi.org/10.52166/MIMBAR.V2I2.1344

Wahyuni, P. J., & Ernawati, S. (2022). Bullying dan Mental Hygiene Santri di Pondok Pesantren Jember. Jurnal Educazione : Jurnal Pendidikan, Pembelajaran Dan Bimbingan Dan Konseling, 10(2), 123–133. https://doi.org/10.56013/EDU.V10I2.2029




DOI: https://doi.org/10.31764/jce.v4i1.32330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.