Deteksi Depresi, Anxietas, dan Stress Pada Remaja Generasi Z Sebagai Upaya Peningkatan Kesehatan Mental
Abstract
Kesehatan remaja merupakan hal yang sangat penting diperhatikan karena pada masa ini remaja mengalami perubahan fisik, psikologis, dan sosial yang signifikan. Deteksi kesehatan mental pada remaja merupakan langkah penting dalam mengidentifikasi gangguan mental karena perubahan psikologis. instrumen yang banyak digunakan adalah Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42), sebuah kuesioner yang dirancang untuk mengukur tingkat depresi, kecemasan, dan stres pada individu. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini melibatkan 90 remaja dari 4 kelas yaitu 2 kelas X dan 2 Kelas XI. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan remaja sangat antusias mengikuti program ini dilihat dari kefokusan mereka menjawab kuesioner dan keaktifan mereka dalam bertanya. Pada kegiatan ini menunjukkan hasil bahwa kecemasan adalah masalah gangguan mental tertinggi yang dialami oleh remaja di SMAN 8 yaitu sebanyak 72% remaja.
Kata kunci: Depresi, Anxietas, Stress, Gen Z
Abstract
Adolescent health is a critical area of concern due to significant physical, psychological, and social changes experienced during this period. Detecting mental health issues among adolescents is crucial for identifying psychological disorders. One widely used instrument for this purpose is the Depression Anxiety Stress Scales (DASS-42), designed to measure levels of depression, anxiety, and stress in individuals. This intervention involved 90 adolescents from SMAN 8 across two classes of Grade 10 and two classes of Grade 11. The results of this initiative indicated high enthusiasm among adolescents, as evidenced by their focused participation in answering the questionnaires and their active engagement in discussions. The findings revealed that anxiety was the predominant mental health issue among students, with 72% of adolescents experiencing it at SMAN 8.
Key word: Depression, Anxiety, Stress, Gen Z
Full Text:
PDFReferences
Adriansyah, M. A., Rahayu, D., & Prastika, N. D. (2015). Pengaruh terapi berpikir positif, cognitive behavior therapy (cbt), mengelola hidup dan merencanakan masa depan (mhmmd) terhadap penurunan kecemasan karir pada mahasiswa universitas mulawarman. Psikoislamika: Jurnal Psikologi dan Psikologi Islam, 12(2), 41-50.
Apriliyani, I., Dwidiyanti, M., & Sari, S. P. (2020). Pengaruh Terapi Mindfulness terhadap Tingkat Depresi pada Remaja. Proceeding Widya Husada Nursing Conference,
Fitriana, V., & Mustafida, S. (2019). Gambaran Pola Asuh Keluarga dengan Tingkat Depresi pada Remaja. Jurnal Profesi Keperawatan (JPK), 6(1).
Florensia, V., & Chris, A. (2023). Hubungan antara Kecemasan Sosial dengan Kecanduan Internet pada Siswa-Siswi SMA. Jurnal Ilmiah Permas: Jurnal Ilmiah STIKES Kendal, 13(3), 973-980.
Morgan, N. (2014). Panduan Mengatasi Stres Bagi Remaja. Pustaka Alvabet.
Nopitasari, A. B. L., Farm, M., Safwan, S., Rahmawati, C., Pradiningsih, A., Hendriyani, I., Maolia, B. D. I., Silfia, D. A., & Harlita, D. (2024). Sosialisasi Pentingnya Mental Health pada Remaja di Nurul Harmain Putri NWDI Narmada. Lumbung Pengabdian Kesehatan, 1(2), 1-3.
Praptikaningtyas, A. A. I., Wahyuni, A. A. S., & Aryani, L. (2019). Hubungan Tingkat Depresi pada Remaja dengan Prestasi Akademis Siswa SMA Negeri 4 Denpasar. Jurnal Medika Udayana, 8(7), 1-5.
Rahmy, H. A., & Muslimahayati, M. (2021). Depresi dan kecemasan remaja ditinjau dari perspektif kesehatan dan islam. DEMOS: Journal of Demography, Ethnography and Social Transformation, 1(1), 35-44.
Sari, D. L., Widiani, E., & Trishinta, S. M. (2019). Hubungan pola pikir pesimisme dengan resiko depresi pada remaja. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 4(1).
Sriyanto, S., Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa. Jurnal Psikologi, 41(1), 74-88.
Sutanto, S., Amiruddin, D., & Nugraha, G. (2022). Rancang Bangun Aplikasi Skrining Kesehatan Mental Remaja Berbasis Web Di Rsud Dr. Dradjat Prawiranegara Dengan Menggunakan Metode Analytic Hierarchy Process (Ahp). Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 4(1), 29-38.
Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. Calyptra, 3(1), 1-17.
DOI: https://doi.org/10.31764/lpk.v1i3.24653
Refbacks
- There are currently no refbacks.