Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah

Abdillah Abdillah, Mahsup Mahsup, Hartika Aulia, Agustina Agustina, Supardi Supardi

Abstract


Abstract:  To improve students' learning outcomes, particularly in mathematics, it is necessary to implement learning activities not only through the regular curriculum but also through extracurricular activities by providing additional tutoring. The extracurricular learning focuses on training students to solve math problems that frequently appear in various exams. The goal of this community service program is to offer tutoring to students on how to solve math problems quickly and accurately. The method used involves direct teaching to students, divided into three stages: the initial stage, which is preparation; the implementation stage; and the final stage, which is the evaluation of the activities. Based on the evaluation results, data showed an average score increase of 9.63 points, and the overall class mastery also improved by 12.33%.

Abstrak: Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, khususnya dalam bidang matematika, perlu dilaksanakan kegiatan pembelajaran tidak hanya melalui kurikulum reguler tetapi juga melalui kegiatan ekstrakurikuler dengan memberikan bimbingan belajar tambahan. Pembelajaran ekstrakurikuler berfokus pada pelatihan siswa untuk memecahkan soal matematika yang sering muncul dalam berbagai ujian. Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah memberikan bimbingan belajar kepada siswa tentang cara memecahkan soal matematika dengan cepat dan akurat. Metode yang digunakan melibatkan pengajaran langsung kepada siswa, dibagi menjadi tiga tahap: tahap awal, yaitu persiapan; tahap implementasi; dan tahap akhir, yaitu evaluasi kegiatan. Berdasarkan hasil evaluasi, data menunjukkan peningkatan skor rata-rata sebesar 9,63 poin, dan penguasaan kelas secara keseluruhan juga meningkat sebesar 12,33%.


Keywords


Learning Outcomes; Mathematics; Extracurricular

Full Text:

PDF

References


Abdillah, A. (2017). Pembelajaran Konsep Limit Fungsi dengan Strategi Elaborasi Bagi Mahasiswa Matematika FKIP UM Mataram. JTAM | Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 1(1). https://doi.org/10.31764/jtam.v1i1.6

Amin, S., Ariana, F., Rustikah, I., Lestari, I., & Rahayu, P. (2024). Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar Melalui Pemanfaatan Aplikasi Game Quiziz. JCES (Journal of Character Education Society)JCES, 7(1). https://doi.org/10.31764/jces.v7i1.19287

Anwar, N. T. (2018). Peran Kemampuan Literasi Matematis pada Pembelajaran Matematika Abad-21. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.

Aplikasi Wingeom Pada Materi Geometri Bagi Siswa, B. S., Made Astiti, N., & Azi, J. (n.d.). Penerapan Model Pembelajaran Problem Basic Learning. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ

Haerunnisa, N., Abdillah, Pramita, D., Mahsup, Mandailina, V., Syaharuddin, Anwar, Y. S., Sirajuddin, Sudarwo, R., & Anam, K. (2021). Efektivitas Pembelajaran Materi Program Linear Berbasis Aplikasi Desmos Terhadap Hasil Belajar Siswa. Seminar Nasional Paedagoria, 1(September).

Harianja, M. M., & Sapri, S. (2022). Implementasi dan Manfaat Ice Breaking untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2298

Indarta, Y., Ambiyar, A., Rizal, F., Ranuharja, F., Samala, A. D., & Dewi, I. P. (2022). Studi Literatur : Peranan Model-Model Pembelajaran Inovatif Bidang Pendidikan Teknologi Kejuruan. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(4). https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i4.2721

Kabunggul, J., Pramita, D., Mandailina, V., Abdillah, A., Mahsup, M., & Sirajuddin, S. (2020). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Android. Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter, 3(2).

Kaka, N. L., Abidullah, Sirajuddin, Mahsup, & Mandailina, V. (2022). Pengembangan alat peraga roda pintar sebagai media pembelajaran matematika materi trigonometri. Seminar Nasional Paegoria, 2.

Mahsup, M., Ibrahim, I., Muhardini, S., Nurjannah, N., & Fitriani, E. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Melalui Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(3). https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2673

Makhmudah, S. (2018). Analisis iterasi matematika terhadap kemampuan berpikir kritis matematika dan pendidikan karakter mandiri. Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1.

Mandailina, V. (2017). Peningkatan Kemampuan Perhitungan Matematika Anuitas Masyarakat Desa Aik Bukaq Lombok Tengah. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 1(1). https://doi.org/10.31764/jmm.v1i1.15

Mulyani, E., & Yatri, I. (2022). Analisis Kebutuhan Penggunaan Papan Pecahan Sebagai Media Pembelajaran Matematika pada Materi Mengenal Bilangan Pecahan Kelas II SD. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02).

Panggabean, S., & Harapan, T. H. (2020). Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Quizizz Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika. In Journal of Mathematics Education and Science (Vol. 6, Issue 1).

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Pembelajaran Matematika Dengan Pemecahan Masalah. Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1).

Surur, M. (2020). Problematika Pendidikan Moral di Sekolah dan Upaya Pemecahannya. Jurnal Fikroh, Vol 4(2).

Susilawati, E. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Inovatif Yang Memanfaatkan Portal Rumah Belajar di SMP Pesat Bogor. Jurnal Teknodik. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.367

Syifa, N. L. A. (2022). Masalah dalam Dunia Inovasi Pendidikan. Seri Publikasi Pembelajaran, 1(1).

Yulistiarawati, D. N., Umayaroh, S., & Linguistika, Y. (2021). Analisis Minat Belajar Siswa dalam Penggunaan Aplikasi Belajar Quizizz pada Pembelajaran Tematik Kelas III Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 1(7). https://doi.org/10.17977/um065v1i72021p573-584




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i1.26286

Refbacks

  • There are currently no refbacks.