Pelatihan Penulisan Artikel Berorientasi Publikasi Sinta Di SDN 2 Rumak

Khairil Anwar, Lukman Lukman, Suparman Suparman, Martoni Y.P, Aminudin Aminudin, Raudatul J, Herliana S.P, Intan M

Abstract


Abstract: The ability to write scientific articles is important for educators, as a way to develop self-quality. This activity aims to improve the skills of writing research results in accordance with the rules of reputable national journals. This training was carried out by explaining theoretically, discussing, simulating, and sharing experiences. The activity was attended by 14 teachers of SDN 2 Rumak. Before and after the training, an assessment was carried out to compare the increase in understanding and skills of the participants. The results of the analysis showed an increase in understanding in writing scientific articles according to an OJS template, article components, and their systematics. Through this training, participants can understand the format and structure of articles according to publishing standards. In addition, monitoring and evaluation of participant performance, it was seen that teachers were enthusiastic in writing drafts of scientific papers, actively asking questions, and discussing. This activity is expected to help teachers develop writing skills and creativity so that they can disseminate their knowledge through article publication.

Abstrak: Kemampuan menulis artikel ilmiah merupakan hal penting bagi  pendidik, sebagai cara mengembangkan kualitas diri. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis hasil penelitian yang sesuai dengan aturan jurnal nasional bereputasi. Pelatihan ini dilakukan dengan menjelaskan secara teoritis, diskusi, simulasi, dan berbagi pengalaman. Kegiatan dihadiri oleh 14 orang guru SDN 2 Rumak. Sebelum dan sesudah pelatihan dilakukan penilaian untuk membandingkan peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dalam penulisan artikel ilmiah sesuai dengan suatu template OJS, komponen artikel, dan sistematikanya. Melalui pelatihan ini, peserta dapat memahami format dan struktur artikel sesuai standar penerbitan. Selain itu, monitoring dan evaluasi terhadap unjuk kerja peserta, terlihat para guru antusias dalam melakukan penulisan draf karya ilmiah, aktif bertanya, dan berdiskusi. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu guru dalam mengembangkan keterampilan dan kreativitas menulis sehingga dapat menyebarluaskan ilmu pengetahuannya melalui publikasi artikel.

Keywords


Writing scientific articles; SINTA publications; Training teacher professionalism

Full Text:

PDF

References


Anwar, K., D. Rusdiana, I. Kaniawati, and S. Viridi. 2020. “Teaching Wave Concepts Using Traditional Musical Instruments and Free Software to Prepare Prospective Skillful Millennial Physics Teachers.” Journal of Physics: Conference Series 1521(2).

Anwar, Khairil, Dadi Rusdiana, Ida Kaniawati, and Sparisoma Viridi. 2017. “Profil Pembelajaran Dan Pengajaran Fisika (Getaran-Gelombang) Yang Sesuai Abad 21.” Paedagoria 8(2):16–23.

Anwar, Khairil, Dadi Rusdiana, Ida Kaniawati, and Sparisoma Viridi. 2020. “Desain Pembelajaran Gelombang Untuk Membentuk Calon Guru Fisika Yang Terampil, Berbudaya Dan Paham Teknologi Digital.” Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika 4(1):26.

Isnaini, M., Sukron Fujiaturahman, Linda Sekar Utami, Zulkarnain Zulkarnain, Khairil Anwar, Islahudin Islahudin, and Johri Sabaryati. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Belajar Siswa ‘Z Generation’ Untuk Guru-Guru Sdn 1 Labuapi.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1):871.

Radiusman, Radiusman, Ida Bagus Kade Gunayasa, Sudirman Sudirman, Abdul Kadir Jaelani, and Hasnawati Hasnawati. 2021. “Penyuluhan Tentang Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Guru Sdn Gugus Vi Kecamatan Gerung Lombok Barat Tahun 2021.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1):136.

Suriansyah, Ahmad, Erny Wahdini, Ratna Purwanti, Herti Prastitasari, and Amsika Ausyra. 2022. “Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAUD KKG Gugus Tulip Kabupaten Banjar.” Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 4(2):340–45.

Syukriady, Dwi. 2023. “Penguatan Literasi Digital Guru Melalui.” 4(2):3426–30.

Widodo, Arif, Awal Nur, Khalifatur Rosyidah, Ida Ermiana, Ashar Pajarungi Anar, Feni Haryati, Setiani Novitasari, Program Studi, Pendidikan Guru, Sekolah Dasar, and Universitas Mataram. 2021. “Analisis Kesulitan Guru Sd Di Lombok Utara Dalam.” Susunan Artikel Pendidikan 5(3):205–12.

Widodo, Arif, Awal Nur Khalifatur Rosyidah, Ida Ermiana, Setiani Novitasari, Linda Feni Haryati, and Ashar Pajarungi Anar. 2021. “Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Dasar Dalam Menyusun Karya Tulis Ilmiah Melalui Pelatihan Dan Pendampingan.” MONSU’ANI TANO Jurnal Pengabdian Masyarakat 4(1):75–87.

Zulkarnain, Zulkarnain, Linda Sekar Utami, M. Isnaini, Johri Sabaryati, Khairil Anwar, and M. Firman Ramadhan. 2023. “Penguatan Literasi Elektronik Siswa Melalui Pelatihan Kodifikasi Elektronik Tanaman Berbasis QR Code Di SMKN 1 Narmada.” Lumbung Inovasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 8(3):572–82.

Sukardi, S. (2020). Pengembangan Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah di Kalangan Guru. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Rahmawati, I. (2021). Peran Publikasi Ilmiah dalam Meningkatkan Kualitas Guru. Jurnal Penelitian Pendidikan.

Sari, A. (2022). Strategi Peningkatan Kualitas Penelitian dan Publikasi bagi Guru. Jurnal Inovasi Pendidikan.

Hidayati, A. (2021). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Pendidikan, 15(2), 45-56.

Santoso, B. (2019). Kepentingan Publikasi Karya Ilmiah bagi Guru. Jurnal Ilmu Pendidikan, 10(1), 30-41.

Widiastuti, R. (2020). Strategi Penulisan Karya Ilmiah yang Efektif. Jurnal Penelitian dan Pengembangan, 12(3), 67-78.

Isnaini, M., Sukron Fujiaturahman, Linda Sekar Utami, Zulkarnain Zulkarnain, Khairil Anwar, Islahudin Islahudin, and Johri Sabaryati. 2021. “Pemanfaatan Aplikasi Scratch Sebagai Alternatif Media Belajar Siswa ‘Z Generation’ Untuk Guru-Guru Sdn 1 Labuapi.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1):871.

Radiusman, Radiusman, Ida Bagus Kade Gunayasa, Sudirman Sudirman, Abdul Kadir Jaelani, and Hasnawati Hasnawati. 2021. “Penyuluhan Tentang Menulis Karya Ilmiah Bagi Guru Guru Sdn Gugus Vi Kecamatan Gerung Lombok Barat Tahun 2021.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5(1):136.

Suriansyah, Ahmad, Erny Wahdini, Ratna Purwanti, Herti Prastitasari, and Amsika Ausyra. 2022. “Pendampingan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Bagi Guru-Guru PAUD KKG Gugus Tulip Kabupaten Banjar.” Abdi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat 4(2):340–45.




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i2.28624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.