Pemberdayaan Siswa SMP Melalui Sains Entrepreneur Untuk Melatihkan Jiwa Kewirausahaan

Rina Rahayu, Riva Ismawati, Fahridhotul Sholihah

Abstract


Abstract:  Indonesia is currently facing great challenges in developing the quality of education that is able to produce a young generation ready to compete in the era of globalisation. Lack of understanding and exposure to entrepreneurship, especially science-based ones, results in low student interest and motivation to develop entrepreneurial skills. Therefore, the purpose of this service activity is to provide assistance in empowering science knowledge into commercial products, students can make useful and valuable products, and can increase the entrepreneurial spirit in themselves. The method of activities carried out is divided into three stages, namely preparation, implementation, and evaluation activities. After assisting the empowerment of science knowledge, the results showed that students were very enthusiastic, active, and excited during the activities starting from delivering the material to making ecoprint products.

Abstrak: Indonesia saat ini tengah menghadapi tantangan besar dalam mengembangkan kualitas pendidikan yang mampu mencetak generasi muda siap bersaing di era globalisasi. Kurangnya pemahaman dan paparan terhadap kewirausahaan, terutama yang berbasis sains, mengakibatkan rendahnya minat dan motivasi siswa untuk mengembangkan keterampilan kewirausahaan. Oleh karena itu tujuan kegiatan pengabdian ini untuk melakukan pendampingan pemberdayaan pengetahuan sains menjadi produk komersial, siswa dapat membuat produk yang bermanfaat dan bernilai jual, serta dapat meningkatkan jiwa kewirausahaan dalam dirinya. Metode kegiatan yang dilakukan dibagi menjadi tiga tahap yaitu kegiatan persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Setelah melakukan pendampingan pemberdayaan pengetahuan sains, diperoleh hasil bahwa siswa sangat antusias, aktif, dan bersemangat selama mengikuti kegiatan mulai dari penyampaian materi hingga membuat produk ecoprint.


Keywords


Sains; Enterpreuner; Jiwa Kewirausahaan

Full Text:

PDF

References


Asmara, D. A. (2020). Penerapan teknik ecoprint pada dedaunan menjadi produk bernilai jual. Jurnal Pengabdian Seni, 1(2), 16-26.

Fajri, A. (2021). Peran kewirausahaan dalam pembangunan ekonomi. Iqtishodiyah: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 7(2), 104-112.

Fatmala, Y., & Hartati, S. (2020). Pengaruh membatik ecoprint terhadap perkembangan kreativitas seni anak di Taman Kanak-kanak. Jurnal pendidikan tambusai, 4(2), 1143-1155.

Hasan, H. A. (2020). Pendidikan kewirausahaan: Konsep, karakteristik dan Implikasi dalam Memandirikan generasi Muda. Pilar, 11(1).

Hikmah, A. R., & Retnasari, D. (2021). Ecoprint sebagai alternatif peluang usaha fashion yang ramah lingkungan. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana, 16(1).

Kuswinton, & Aswira, R. (2023). Membangun jiwa wirausaha siswa jurusan pemasaran sekolah menengah kejuruan negeri 1 baubau melalui pelatihan pemanfaatan pelepah pisang menjadi keripik. Mitra Akademia: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(2), 339-345.

Mirawati, N.M., Wardana, I.M., & Sukaatmadja, I.P.G. (2016). Pengaruh Sikap, Norma Subjektif, dan Persepsi Kontrol Keperilakuan, terhadap Niat Siswa SMK di Kota Denpasar untuk Menjadi Wirausaha. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 5 (7), 1981-2010.

Muliadi, A. (2020). Perbedaan Gender dalam Sikap Entrepreneur Mahasiswa Pendidikan Biologi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6 (2), 329-334. http://dx.doi.org/10.36312/jime.v6i2.1439

Nabila Alifia, I. (2023). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Dengan Pendekatan Bio-Entrepreneurship (BEP) Terhadap Kemampuan Literasi Sains Dan Life Skill Peserta Didik. Skripsi.

Rosmiati, (2015). Sikap, Motivasi, Dan Minat Berwirausaha Mahasiswa. JMK, 17 (1).

Setyawan, A. (2016). Apakah Gender Bermakna Pada Model Pembentukan Minat Berwirausaha?. Jurnal Manajemen Teori dan Terapan, 9 (2), 120-127. http://dx.doi.org/10.20473/jmtt.v9i2.3017

Siwiyanti, L., & Uswatun, D. A. (2016). Mengembangkan Pendidikan Kewirausahaan Melalui Pembelajaran IPA di SD. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 58-70.

Subagio, Muliadi, A., & Sutarto. (2021). Minat Berwirausaha Mahasiswa Calon Guru : Mediasi Gender?. JPIn: Jurnal Pendidik Indonesia, 4 (1), 107-115. https://doi.org/10.47165/jpin.v4i1.141

Supeni, R.E dan Efendi, M. (2017). Minat Mahasiswa dalam Berwirausaha Perguruan Tinggi Swasta di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional dan Call For Paper Ekonomi dan Bisnis. Jember, 27-28 Oktober 2017: 449-463.

Suswandari. (2017). Jati Diri Guru Abad 21. Makalah Disampaikan dalam Seminar Nasional Peningkatan Kompetensi Calon Guru Dalam menghadapi Tantangan Global Kerjasama Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Malang dengan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA. Dome Universitas Muhammadiyah Malang.

Usmaedi, U. (2021). Education curriculum for society 5.0 in the next decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63-79.

Yuliati, Y., & Saputra, D. S. (2019). Pembelajaran sains di era revolusi industri 4.0. Jurnal Cakrawala Pendas, 5(2), 455667




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i2.28857

Refbacks

  • There are currently no refbacks.