Pengembangan Kompetensi Sumberdaya Manusia Melalui Pelatihan Digital Marketing Di Desa Sumber Rejo Kabupaten Batubara

Melfrianti Romauli Purba, Yeni Rafita Sihombing, Tuty Nainggolan, Jaka Permana, Lenta Friska Purba

Abstract


Abstract:  The current era of digitalization presents significant opportunities for MSMEs (Micro, Small, and Medium Enterprises) to expand their market reach through digital platforms. Digital marketing has become one of the strategic solutions to enhance the competitiveness of local products, introduce them to broader markets, and increase community income. The objective of this community service program is to provide an understanding of the basic concepts of digital marketing, including digital marketing strategies, benefits, and their application across various types of businesses. The implementation methods for this activity include lectures, question-and-answer sessions, practical exercises, and discussions. The expected outcome of this program is that the training will have a tangible impact on improving the competencies of human resources in Sumber Rejo Village, particularly in utilizing digital marketing to support local business development and foster the community's economic growth.

Abstrak: Era digitalisasi saat ini membuka peluang besar bagi pelaku UMKM untuk memperluas jangkauan pasar mereka melalui platform digital. Digital marketing menjadi salah satu solusi strategis untuk meningkatkan daya saing produk lokal, memperkenalkan produk ke pasar yang lebih luas, dan meningkatkan pendapatan masyarakat. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pemahaman mengenai konsep dasar digital marketing, termasuk strategi pemasaran digital, manfaat, dan penerapannya dalam berbagai jenis usaha. Metode pelaksanaan dalam kegiatan ini adalah ceramah, tanya jawab, praktik dan diskusi. Hasil dari kegiatan pelatihan meningkatnya kompetensi sumber daya manusia di Desa Sumber Rejo, khususnya dalam memanfaatkan digital marketing untuk mendukung pengembangan usaha lokal dan pertumbuhan ekonomi masyarakat.


Keywords


Digital Marketing; Sumber Rejo; Kompetensi; Pelatihan

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik Kabupaten Batubara. (2021). Profil Kabupaten Batubara.

Baladraf, M.I.F., Sembodo, G., Hasanah, L.U & Pramono. A. (2018). Pelatihan Sukses Berbisnis Online Memajukan Perekonomian Masyarakat Melalui Pemasaran Online Putat Jaya Surabaya. Jurnal Abdikarya : Jurnal Karya Pengabdian Dosen dan Mahasiswa, Februari 2018 Vol 01 No 1

Diah, Yuliansyah M., Lina Dameria Siregar, and Nyimas Dewi Murnila Saputri. 2021. “Strategi Mengelola Sumber Daya Manusia (SDM) Unggul Dalam Tatanan Normal Baru Bagi Pelaku UMKM Di Kota Palembang.” Sricommerce: Journal of Sriwijaya Community Services 2, no. 1: 67–76. https://doi.org/10.29259/jscs.v2i1.32.

Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Batubara. (2022). Laporan UMKM Kabupaten Batubara.

Eka, Dian, Yuliansyah M Diah, Chentika Anugra, Cenia Bunga, and Vierdha Nova Putriana. 2022. “Peranan Kompetensi SDM Dalam Meningkatkan Industri UMKM Di Kecamatan Ilir Barat II Palembang” 3, no. 1: 39–44.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Pada Era Masyarakat Ekonomi Asean. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61–76. https://doi.org/10.26533/jmd.v1i2.175

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. (2021). Panduan Transformasi Digital untuk UMKM.

Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia. (2022). Laporan Tahunan UMKM dan Digitalisasi.

Pradiani, T. (2018). Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 11(2), 46–53. https://doi.org/10.32812/jibeka.v11i2.45

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th Edition).

Pratama, I. (2020). Optimalisasi Media Sosial dalam Strategi Pemasaran Digital UMKM. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 15(2), 78-92.

Sari, Kartika Dwi Chandra, Indra Sukma Subagio, and Retno Agus Setiawan. 2022. “Workshop Peningkatan Daya Saing Bisnis Dengan Pengembangan Kompetensi Sumber Daya Manusia Pelaku Umkm Binaan Rumah Bumn Purwokerto.” Jurnal Ilmiah Pengambdian Kepada Masyarakat PAKEM 4, no. April: 55–62.

Setiadi, N. J. (2020). Pemanfaatan Digital Marketing untuk Peningkatan Daya Saing UMKM di Era Globalisasi. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(1), 45-56.

Taiminen, H.M & Karjaluoto, H (2014). The usage of digital marketing channels in SMEs. Journal of Small Business and Enterprise Development Vol. 22 No. 4, 2015 pp. 633-651

Urban, Glen (2004) Digital Marketing Strategy.Pearson Educattion, Upper Saddie River, New Jersey. USA




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i2.29099

Refbacks

  • There are currently no refbacks.