Pelatihan Penyusunan Instrumen Tes Berbasis HOTS Dan Analisis Secara Modern Menggunakan Item Response Theory (IRT)

Zul Hidayatullah, Nuraini Nuraini, Nunung Ariandani, Muh. Marzuki

Abstract


Abstract:  The need for evaluation instruments that can measure higher order thinking skills is becoming increasingly important in supporting meaningful learning processes. In fact, many teachers still create tests or questions without paying attention to the categories or indicators of HOTS. Furthermore, following developments in the field of educational evaluation, instrument analysis has used modern techniques, namely Item Response Theory (IRT). The purpose of this community service is to train and guide teachers in compiling test instruments that follow 21st-century learning and their analysis with IRT. This activity was carried out at SD IT Nurul Jihad Asy-Syamil, East Lombok. The implementation of this Community Service was carried out with 2 main stages, namely the preparation stage and the implementation stage. This community service was carried out using two methods, namely lectures and training. In the lecture activity, teachers will be explained about HOTS and how to analyze it, while in the training activity, teachers will be assisted in compiling instruments and processing them using the QUEST application so that teachers can immediately understand. The results of this training show that teachers are satisfied with the training provided and it provides them with knowledge about HOTS and the latest test analysis so that they do not feel left behind.

Abstrak: Kebutuhan akan instrumen evaluasi yang mampu mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi menjadi semakin penting dalam mendukung proses pembelajaran yang bermakna. Faktanya, masih banyaknya guru yang hanya membuat tes atau soal tanpa memperhatikan kategori atau indikator dari HOTS tersebut. Selanjutnya, mengikuti perkembangan dalam bidang evaluasi pendidikan, analisis instrumen sudah menggunakan teknik modern yaitu dengan Item Response Theory (IRT). Tujuan pengabdian pada masyarakat ini yaitu melatih dan membimbing para guru dalam menyusun instrumen tes yang sesuai dengan pembelajaran abad 21 dan analisisnya dengan IRT. Kegiatan ini dilaksanakan di SD IT Nurul Jihad Asy-Syamil, Lombok Timur. Pelaksanaan PkM ini dilakukan dengan dengan 2 tahapan utama yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan  dengan dua metode yaitu ceramah dan pelatihan. Pada kegiatan ceramah, guru akan dijelaskan tentang HOTS dan cara analisisnya, sedangkan pada kegiatan pelatihan, guru akan didampingi dalam menyusun instrumen dan mengolahnya menggunakan aplikasi QUEST sehingga guru dapat langsung paham. Hasil Pelatihan ini menunjukkan bahwa guru merasa puas dengan pelatihan yang diberikan dan memberikan mereka pengetahuan tentang HOTS dan analisis tes yang terbaru sehingga mereka merasa tidak tertinggal.


Keywords


Instrumen tes; HOTS; IRT; QUEST

Full Text:

PDF

References


Akmala, N. F., Suana, W., & Sesunan, F. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67–72. https://doi.org/https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472

Alwi, M., Kudsiah, M., & Fadilah, D. (2021). Pendampingan Penyusunan Instrumen Penilaian HOTS Di SDN 4 Tebaban Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Abdi Populika, 2(2), 156–162.

Fatimah, S., & Rinawati, A. (2022). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berbasis Higher Order Thinking Skills Untuk Guru Mi Di Kebumen. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 152–161. https://doi.org/10.31949/jb.v3i2.2190

Fauziana, A., & Wulansari, A. D. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Ulangan Harian di Sekolah Dasar dengan Model Rasch. Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 6(1), 10–19.

Husnawati, A., Hartono, H., & Masturi, M. (2019). Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Fisika Kelas VIII SMP Materi Gerak Pada Benda. Unnes Physics Education Journal, 8(2), 133–140.

Irfan, M., Patta, R., Rahman, A., Bundu, P., & Amran, M. (2022). PKM Pelatihan Penyusunan Asesmen Pembelajaran Berorientasi Higher order thinking Skills (HOTS). CARADDE: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2), 301–310.

Khotimah, R. P., Setyaningsih, N., Masduki, & Sutarni, S. (2021). Pelatihan Penyusunan Soal Matematika Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) bagi Guru-Guru SMP Muhammadiyah Klaten. Jurnal Warta LPM, 24(4), 646–655. http://journals.ums.ac.id/index.php/warta

Marlina, Rahim, A., Aziz, F., & Arsalaan, A. T. (2024). Pelatihan analisis kualitas instrumen penilaian hasil belajar dengan pendekatan Classical Theory dan Item Response Theory di sekolah dasar. Kacanegara: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 7(2), 209-216. https://doi.org/10.28989/kacanegara.v7i2.1888

Mustafidah, H., Harjono, & Wicaksono, A. P. (2018). Peningkatan Kemampuan Menganalisis Butir Soal Tes Bagi Guru-Guru Mgmp IPS Menggunakan Program Quest. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 47–55.

Mustafidah, H., & Harjono. (2019). Implementasi Program QUEST untuk menganalisis Butir Soal bagi Guru-guru SMP Muhammadiyah 2 Karanlewas. Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 321-328.

Prabaningtias, D. A., & Arman, D. (2023). Analsis Kemampuan Peserta Didik pada Sumatif Akhir Semester (SAS) Menggunakan Pendekatan Item Response Theory (IRT) Berbantuan Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment (MOODLE). UPGRADE: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi, 1(1), 27–31. https://doi.org/10.30812/upgrade.v

Pratama, D. (2020). Analisis Kualitas Tes Buatan Guru Melalui Pendekatan Item Response Theory (IRT) Model Rasch. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 7(1), 61–70. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v7i1.1187

Rizbudiani, A. D., Jaedun, A., Rahim, A., & Nurrahman, A. (2021). Rasch model item response theory (IRT) to analyze the quality of mathematics final semester exam test on system of linear equations in two variables (SLETV). Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(2), 399–412.

Safi’i, I., & Amar, F. (2019). Pelatihan Penyusunan Instrumen Evaluasi Berstandar HOTS bagi Guru-guru SD di Wilayah Banyudono. Abdimas Dewantara, 2(2), 149-157.

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Sebayang, S. R. B. (2018). Implementation of E-learning based-STEM on Quantum Physics Subject to Student HOTS Ability. Journal of Turkish Science Education, 15(Special Issue), 67–75. https://doi.org/10.12973/tused.10258a

Zainudin, M., Utami, A. D., Ghufron, M. A., & Khoirotunnisa, A. U. (2022). Pelatihan analisis data dikotomus dengan bantuan program quest bagi guru sekolah menengah pertama. BEMAS: Jurnal Bermasyarakat, 3(2), 148–161. https://doi.org/10.37373/bemas.v3i2.335




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i3.29842

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :