Efektivitas Kesenian Tambua Dalam Meningkatkan Minat Dan Motivasi Belajar Seni Pemuda/I Nagari Kampung Tangah

Syarifah Aisah, Raisa Hunaifa, Yazid Ilhami, Muhammad Randa, Muhammad Hasnul Arifin Erfit, Syaiful Haq

Abstract


Abstract:  This activity aims to increase enthusiasm, understanding of art concepts, motivation, and self-confidence of young men and women through the integration of traditional Tambua arts. The method used is a participatory approach with, observation, training, and direct practice with young men and women of Nagari Kampung Tangah. The results showed that 92.31% of students felt more enthusiastic and confident after participating in the activity, 84.62% understood the concept of art better and were motivated to practice, and 76.92% stated that they wanted to continue learning local arts and culture. These findings indicate that traditional art media is effective in increasing learning engagement and preserving local culture.

Abstrak: Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan antusiasme, pemahaman konsep seni, motivasi, dan kepercayaan diri pemuda-pemudi melalui integrasi kesenian tradisional Tambua. Metode yang digunakan adalah pendekatan partisipatif dengan pengamatan, pelatihan, dan praktik langsung dengan pemuda-pemudi Nagari Kampung Tangah. Hasil menunjukkan bahwa 92,31% siswa merasa lebih antusias dan percaya diri setelah mengikuti kegiatan, 84,62% memahami konsep seni dengan lebih baik dan termotivasi untuk berlatih, serta 76,92% menyatakan ingin terus belajar seni budaya lokal. Temuan ini menunjukkan bahwa media seni tradisional efektif dalam meningkatkan keterlibatan belajar dan pelestarian budaya lokal.


Keywords


Kesenian Tambua; Minat Belajar; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Achmad Sobarudin & Sukoco. (2017). Kontribusi Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Contribution Disciplinary Learning And Motivation To Learn For Student. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif Edisi, 125–131.

Azizah, F., Syeilendra, Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Pdang, & Program Studi Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Padang. (2024). Proses Batambua Sampai Ama Pada Pesta Pernikahan Di Kenagarian Tanjung Sani, Maninjau. In Edumusika (pp. 09–19) [Journal-article]. https://edumusika.ppj.unp.ac.id/index.php/Edumusika

Elsa, C. P. (2022). Eksistensi permainan anak tradisional di era modern (Studi kasus: Nagari Lubuk Basung, Kecamatan Lubuk Basung, Kabupaten Agam) (Diploma thesis, Universitas Andalas).

Irhandayaningsih, A. (2018). Pelestarian Kesenian Tradisional sebagai Upaya dalam Menumbuhkan Kecintaan Budaya Lokal di Masyarakat Jurang Blimbing Tembalang. Anuva, 2(1), 19. https://doi.org/10.14710/anuva.2.1.19-27

Joko, J., Nugraha, D., & Restiawati, R. (2023). Pengaruh motivasi belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar mahasiswa. JURNAL PENA EDUKASI, 10(1), 27. https://doi.org/10.54314/jpe.v10i1.1350

Machlan, N. J., & Irwan, N. I. (2024). Benda Pusako Minangkabau sebagai Ide Penciptaan Lampu Hias dengan Teknik Ukir dan Kolase. Abstrak, 1(4), 323–333. https://doi.org/10.62383/abstrak.v1i4.264.

Minanda, A., & Hendri, Y. (2023, November 30). Kesenian Tambua Tansa Sebagai Wadah Kreativitas Anak Jorong Tanjung Sani Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam Sumatera Barat (Tambua Tansa Arts as a Place for Children’s Creativity in Jorong Tan-jung Sani, Tanjung Raya District, Agam Regency, West Sumatra). Minanda | Musica: Journal of Music.https://journal.isi- padangpanjang.ac.id/index.php/MSC/article/view/3900/1592.

Muharram, Y. A. P., Sukmayadi, Y., Midyanti, H. I., & Universitas Pendidikan Indonesia. (2024). Efektivitas Penggunaan VSTi Suling Sunda dalam Meningkatkan Kreativitas dan Pengenalan Budaya pada Non-Musisi [Journal-article]. Jurnal Sosial Dan Teknologi (SOSTECH), 4–9, 730–730. (Original work published 2024).

Rahman, A. (2023). Kecamatan Lubuk Basung: Pembagian Wilayah dan Luas Nagari.Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Nagari Kabupaten Agam. Lubuk Basung.

Sabilla, D. A., & Ibda, H. (2020). Strategi Teater Petromas 11pm Dalam Mengembangkan Minat Mahasiswa Terhadap Seni Pertunjukan Di Stainu Temanggung. Sabilla | Laga-Laga : Jurnal Seni Pertunjukan.

https://doi.org/10.26887/lg.v6i1.957.g538.

Susilo D. R., Saripudin D., & Moeis S. (2018). Perkembangan Sanggar Seni Tari Topeng Mulya Bhakti Di Desa Tambi. In Factum: Jurnal Sejarah Dan Pendidikan Sejarah: Vol. VOL. 7 (Issue NO. 1, pp. 53–55) [Journal-article]. http://ejournal.upi.edu/index.php/factum.

Tuldjurin, T. J. (2023). Cantata Deo : Jurnal Musik dan Seni Pengaruh Musik Tradisional ( Suling ) Terhadap Minat Belajar Siswa Kelas VIII C Mata Pelajaran Seni Musik di SMP Negeri 5 Sentani. Jurnal Musik Dan Seni, 1(2), 102–115.

Utami, E., Fitri, R., Fadilah, M., & Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang. (2022). Hubungan motivasi dan minat belajar dengan hasil belajar (Literatur review). In Symbiotic: Journal of Biological Education (Vol. 3, Issue 2, pp. 65–67) [Journal-article]. https://ftik.iainkerinci.ac.id/symbiotic/index.php/symbiotic

Waluyo, D., & Rosmawati. (2021). Dinamika Seni Tradisional Pada Era Digital. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa,. Majalah Ilmiah Semi Populer Komunikasi Massa, Vol. 2 No., 161–172.

Wardizal, W. (2022). Semarak Perkembangan dan Pertunjukan Tambua Tasa di Tengah Kehidupan Sosiokultural Masyarakat Selingkar Danau Maninjau. Journal of Musik Science, Technology, and Industry, 5(2), 339-361.

Yaswirman. (2021). Pelestarian musik tradisional Minangkabau: Kajian formula musikal dan keunikannya (Edisi Revisi). CV Jejak. https://books.google.co.id/books?id=THwmEAAAQBAJ




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i4.31568

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :