Pendampingan Optimalisasi Promosi Objek Wisata River Tubing Kokok Babak di Desa Persiapan Benue Kecamatan Batukliang Kabupaten Lombok Tengah

Islahudin Islahudin, Linda Sekar Utami, Hamzah Hamzah, Johri Sabaryati, M. Firman Ramdhan, Riski Mini Rupiarti, Suci Pebriyanti Putri, Aryansyah Aryansyah

Abstract


Abstract:  This community service activity involved a partner, namely the Preparatory Village of Benue. The objectives of this program were: 1) to conduct a socialization session about the Community Service Program (KKN) carried out by Universitas Muhammadiyah Mataram, with the aim of placing students in the Preparatory Village of Benue in the future; and 2) to assist in creating unique and attractive promotional videos and infographics related to the River Tubing tourist attraction at Kokok Babak, which could be distributed primarily through social media. The method used in this community service consisted of three stages: 1) preparation stage, 2) implementation stage, 3) implementation stage (note: this is repeated in the source), and 3) monitoring and evaluation. Based on the results of the socialization and implementation, it can be concluded that: 1) 90% of the staff in the Preparatory Village of Benue have understood the KKN program organized by Universitas Muhammadiyah Mataram, which opens the opportunity for future student placements; and 2) 90% of the river tubing tourist site has been recorded, and the promotional videos have been created in an engaging and creative manner and successfully disseminated through Facebook and YouTube.

Abstrak: Kegiatan pengabdian ini memiliki mitra yaitu Desa Persiapan Benue. Tujuan pengabdian ini yaitu 1) memberikan sosialisasi terkait program KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Mataram agar ke depan bisa menempatkan mahasiswa di Desa Persiapan Benu; 2) membantu membuatkan video promosi dan infografis yang unik dan menarik terkait objek wisata River Tuning Kokok Babak sehingga bisa disebar terutama melalui media sosial. Metode yang digunakan pada kegiatan pengabdian ini terdiri dari 3 langkah yaitu 1) tahap persiapan, 2) tahap pelaksanaan, 3) tahap implementasi, dan 3) monitoring dan evaluasi. Berdasarkan hasil sosialisasi dan implementasi pengabdian kepada masyarakat tersebut dapat disimpulkan yaitu 1) sebesar 90% staf di Desa Persiapan Benue sudah memahami terkait program KKN yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Mataram agar ke depan bisa menempatkan mahasiswa di Desa Persiapan Benue; 2) sebesar 90% lokasi wisata river tubing sudah direkam dan dibuatkan video promosinya secara menarik dan unik serta sudah disebar melalui facebook dan youtube.


Keywords


Assistance; Promotion; River Tubing

Full Text:

PDF

References


Atikah, A., Khoirunnisa, I. T., Nurfaujiah, N. I. N., Alawiyah, N., & Apriansyah, R. (2023). Model Pengembangan Objek Wisata Cikadongdong River Tubing Dalam Peningkatan Pendapatan Masyarakat. Journal of Sharia Tourism and Hospitality, 1(2), 126–137. https://doi.org/10.24235/jetour.v1i2.23

Djeni, D., Waluyo, E., Agustin Anggraini, V., & Denny Pratama, L. (2019). Pengabdian Integritas : Jurnal Pengabdian. Pengabdian, 3(1), 1–12.

Evelyna, F. (2022). Pengaruh Servicescape, Social Media Marketing dan Customer Experience terhadap Minat Berkunjung Kembali (Revisit Intention) pada Objek Wisata Rahayu River Tubing di Kabupaten Kebumen. Jurnal Bisnis, Manajemen, Dan Akuntansi, 9(2), 203–219. https://doi.org/10.54131/jbma.v9i2.147

Haifaturrahmah, H., Hidayatullah, R., Maryani, S., Nurmiwati, N., & Azizah, A. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis STEAM untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6(2), 310. https://doi.org/10.33394/jk.v6i2.2604

Haryanegara, M. E. A., Akbar, M. A. I., & Novianti, E. (2021). “Peran Label Pariwisata Halal Sebagai Daya Tarik Wisata Budaya di Lombok, Nusa Tenggara Barat.” Journal of Sustainable Tourism Research, 3(1), 35–39. http://jurnal.unpad.ac.id/tornare/article/view/29839

Islahudin, & Abdimas. (2025). Pendampingan Terhadap Dampak Bahaya Bullying di Dunia Pendidikan. 4(3), 187–197.

Islahudin, I., Haifaturrahmah, H., Hamzah, H., Setiawan, A., & Hidayat, H. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sains Inovatif Berbasis Bokas (Botol Dan Kardus Bekas) Bagi Guru Paud As-Sholihah Banyumulek Tahun 2023. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 7(2), 1135. https://doi.org/10.31764/jpmb.v7i2.14563

Islahudin, I., Isnaini, M., & Hidayat, S. (2022). SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN ALTERNATIF BAGI GURU SD 2 AISYIYAH MATARAM. 6(September), 1468–1472.

Islahudin, I., Isnaini, M., Utami, L. S., Anwar, K., Sabaryati, J., & Zulkarnain, Z. (2021). PENDAMPINGAN PRAKTIKUM VIRTUAL LABORATORIUM BERBASIS SOFTWARE LIVE WIRE BAGI GURU IPA DI MASA PANDEMI COVID-19. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i2.5420

Islahudin, I., Prayogi, S., & Haifaturrahmah, H. (2020). PKM PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MEKANIKA APLIKATIF BAGI GURU IPA. SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan. https://doi.org/10.31764/jpmb.v4i1.3211

Islahudin, I., Utami, L. S., & Rupiarti, R. M. (2024). PEMANFAATAN LMS BERBASIS MOODLE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENGUKURAN BESARAN LISTRIK MATA KULIAH ALAT UKUR LISTRIK MAHASISWA PENDIDIKAN FISIKA. 8, 1–10. http://spada.ummat.ac.id.

Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., Abdillah, A., Sari, N., & Sirajuddin, S. (2021). Pengembangan Modul Tematik Berbasis Model Direct Intruction dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 6150–6157. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1792

Oktaviani, A. N. F., Putri, R. A., Ilma, S. A., & Alim, H. N. (2024). Rebranding Wisata Giwangkara River Tubing Neglasari sebagai Upaya Pembangunan Pedesaan ( Rebranding Giwangkara River Tubing Neglasari Tourism as a Rural Development Effort ). 6(2), 112–126.

Prayogi, S., Muhali, Yuliyanti, S., As’ary, M., Azmi, I., & Verawati, N. N. S. P. (2019). The effect of presenting anomalous data on improving student’s critical thinking ability. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(6), 133–137. https://doi.org/10.3991/ijet.v14i06.9717

Tolinggi, M. Y., Engka, D. S. ., & Rorong, I. P. F. (2021). Pengaruh Promosi Tempat Wisata Dan KunjunganWisatawan Terhadap Kesejahteraan MasyarakatSekitar Objek Wisata. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 21(3), 68–70.

Yuslaini, N., Fadhilla, M., Agia, L. N., Maulidiah, S., & Wardana, D. F. (2024). Kopu River Rafting Tourism Object Promotion Strategy Based on Tourism Destination Website Strategi Promosi Objek Wisata Arung Sungai Kopu Berbasis Website Destinasi Wisata. 8(5), 1346–1354.




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.32264

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :