Penyuluhan Pemanfaatan Tiktok Sebagai Media Digital Bagi Penyuluh Pertanian
Abstract
Abstract: This extension activity aims to determine the increase in knowledge, skill level and attitude level of agricultural extension workers in utilizing the Tiktok platform as a digital extension media. The material presented includes: the concept of digital transformation in agricultural extension, introduction to the Tiktok platform, and educational content production techniques. The counseling was carried out three times using extension media in the form of PPT and extension methods of group discussions, anjangsana and method demonstrations. Evaluation of counseling is done through pre and post tests and observation of target skills. The evaluation results showed a significant increase in the knowledge aspect, from 58% in the pre test to 87% in the post test. In the attitude aspect, getting a result of 74% is included in the high category and at the appreciation level, which shows the awareness of the target of counseling on the potential of Tiktok as an extension media. Meanwhile, for the skill aspect, the results showed a percentage of 78% in the skillful category.
Abstrak: Kegiatan penyuluhan ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pengetahuan, tingkat keterampilan dan tingkat sikap penyuluh pertanian dalam memanfaatkan platform Tiktok sebagai media penyuluhan digital. Materi yang disampaikan meliputi: konsep transformasi digital dalam penyuluhan pertanian, pengenalan platform Tiktok, serta teknik produksi konten edukatif. Penyuluhan dilakukan sebanyak tiga kali dengan menggunakan media penyuluhan berupa power point serta metode penyuluhan anjangsana, diskusi kelompok dan demonstrasi cara. Evaluasi penyuluhan dilakukan melalui pretest dan posttest serta observasi keterampilan sasaran. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pada aspek pengetahuan, yaitu dari 58% yang merupakan hasil pretest menjadi 87% pada posttest. Pada aspek keterampilan, hasil menunjukkan persentase sebesar 78% dalam kategori terampil. Sementara, untuk aspek sikap, mendapatkan hasil sebesar 74% termasuk ke dalam kategori tinggi dan pada tingkat menghargai, yang menunjukkan adanya kesadaran sasaran penyuluhan terhadap potensi Tiktok sebagai media penyuluhan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
A.F, M. A. H. E., & Setyawan, O. S. (2022). Digitalisasi Penyuluhan Pertanian di Era New Normal. Agropross : National Conference Proceedings of Agriculture, 2, 533–551. https://doi.org/10.25047/agropross.2022.325
Abdullah, S., Suriana, Jayadisastra, Y., Bunyamin, & Anjasmara. (2023). Tingkat Keberhasilan Kinerja Penyuluh dalam Meningkatkan Sumberdaya Petani Padi Sawah di Desa Tanah Poleang, Kecamatan Poleang Utara. Jurnal Penyuluhan, 19(01), 181–195. https://doi.org/10.25015/19202343679
Alma Mandjusri, Nita Noriko2, Y. E. (2024). Adaptasi inovasi dan performa akun t. 4(2).
APJII. (2024). Survei Internet APJII 2024. APJII. https://survei.apjii.or.id/
Bachtiar, E. E., Tapi, T., & S, H. (2025). Penyuluhan Pertanian : Pendekatan , Metode dan Dampaknya Terhadap Pembangunan Pertanian Dalam Mendukung Swasembada Pangan. 3(1), 42–52.
Dima, D., Salahuddin, Mihrad, E. S., & Arfiani. (2024). Penguasaan Teknologi Informasi Penyuluh Dalam Kegiatan Penyuluhan Pertanian Di Kabupaten Konawe. Jurnal Ilmiah Penyuluhan Dan Pengembangan Masyarakat, 4(1), 82–89. https://doi.org/10.56189/jippm.v4i1.9
Fauziah, L. A., Arvianti, E. Y., & Arvianti, E. Y. (2024). Analisis Perbedaan Sistem Penyuluhan Pertanian Pada Masa Sebelum Dan Selama Pandemi Covid-19 Di Kabupaten Malang. SEPA: Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian Dan Agribisnis, 21(2), 273. https://doi.org/10.20961/sepa.v21i2.83882
Ilmi, M., Setyo Liyundira, F., Rachmawati, A., Juliasari, D., & Habsari, P. (2020). Perkembangan Dan Penerapan Theory Of Acceptance Model (TAM) Di Indonesia. Relasi : Jurnal Ekonomi, 16(2), 436–458. https://doi.org/10.31967/relasi.v16i2.371
Juliandry, C., Deu, I., & Eryc. (2025). Technology Acceptance and Planned Behavior: How TikTok Impacts Digital Entrepreneurship Intention among University Students in Batam City. Jurnal JTIK (Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi), 9(3), 877–895. https://doi.org/10.35870/jtik.v9i3.3606
Kustiari, T., & Ananta Budiman, Y. (2023). Peningkatan Kinerja Digital Penyuluh Pertanian Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Jurnal Penyuluhan, 19(02), 62–79. https://doi.org/10.25015/19202346275
Putri, E. (2024). Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Proses Pembelajaran. Prosiding Seminar Naional Sains Dan Teknologi Seri 02, 1(2), 762–770. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=6kIxEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA14&dq=implementasi+modul+mix+method&ots=7zFP0Hj2-e&sig=slaPlCuqSGCKCIu-jxulolLOLD4
Rachmad, Y., Indrayani, N., Harto, B., Judijanto, L., Rukmana, A., Rahmawati, N., Ambulani, N., & Saktisyahputra. (2024). Digital Technology Management (Penggunaan Teknologi dalam Mengelola Manajemen yang Berdaya Saing) (Issue May).
Refiswal, Iskandarini, & Supriana, T. (2017). Strategi peningkatan kinerja penyuluh pertanian di Kabupaten Langkat. Agrica Ekstensia, 11(1), 39–45. http://repository.umi.ac.id/6550/%0Ahttp://repository.umi.ac.id/6550/5/PENDAHULUAN.pdf
Riyanto, A. D. (2025). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2025. Andi.Link. https://andi.link/hootsuite-we-are-social-data-digital-indonesia-2025/
Septi Kusumawati, Sunarru Samsi Hariadi, & Alia Bihrajihant Raya. (2024). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Perilaku Penyuluh Pertanian dalam Pemanfaatan Internet untuk Peningkatan Kapasitas Penyuluh di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Triton, 15(1), 102–119. https://doi.org/10.47687/jt.v15i1.535
Statista. (2025). Countries with the largest TikTok audience as of February 2025. Statista. https://www.statista.com/statistics/1299807/number-of-monthly-unique-tiktok-users/
Sugihono, C., Hariadi, S. S., & Wastutiningsih, S. P. (2024). Integrasi Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Meningkatkan Layanan Penyuluhan Pertanian. Jurnal Penyuluhan, 20(02), 178–190. https://doi.org/10.25015/20202450736
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v4i4.33184
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDITORIAL OFFICE :