Pelatihan Peningkatan Keamanan Data Bagi Guru di Kota Singkawang Kalimantan Barat

Saherimiko Saherimiko, Aliyah Nur'aini Hanum, Dea Varanida, Hardi Alunaza

Abstract


Abstract:  Digital transformation in education requires teachers to not only master learning technologies but also have adequate data security literacy. However, in Singkawang City, teachers' understanding of digital security remains relatively low, particularly regarding basic concepts such as phishing, malware, data encryption, and online privacy protection practices. This community service activity aims to provide teachers with an understanding of digital ethics, digital culture, and data security as part of efforts to prevent the risk of data breaches and misuse of sensitive student data. The method used in this community service activity consists of four stages: preparation, implementation of training, evaluation, and reporting. After participating in the community service activity, which involved comprehensive and practical training emphasizing practical skills, participants gained a gained a better understanding of digital ethics, digital culture, and data security. This community service activity underscores that enhancing teachers' digital security literacy not only impacts student data protection but also supports the development of a safe, ethical, and responsible digital culture within the educational environment.

 

Abstrak: Transformasi digital dalam dunia pendidikan menuntut guru untuk tidak hanya menguasai teknologi pembelajaran, tetapi juga memiliki literasi keamanan data yang memadai. Namun, di Kota Singkawang, tingkat pemahaman guru mengenai keamanan digital masih relatif rendah, khususnya terkait konsep dasar seperti phishing, malware, enkripsi data, hingga praktik perlindungan privasi daring. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pemahaman mengenai etika digital, budaya digital, dan keamanan data bagi guru sebagai upaya mencegah risiko kebocoran dan penyalahgunaan data sensitif siswa. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini dengan empat tahapan, yakni persiapan, proses pelaksanaan pelatihan, evaluasi, dan pelaporan. Setelah mengikuti kegiatan pengabdian berupa pelatihan komprehensif dan aplikatif yang menekankan keterampilan praktis, peserta menjadi lebih paham dan mengerti mengenai etika digital, budaya digital, dan keamanan data. Kegiatan pengabdian ini menegaskan bahwa peningkatan literasi keamanan digital guru tidak hanya berdampak pada perlindungan data siswa, tetapi juga mendukung terbangunnya budaya digital yang aman, etis, dan bertanggung jawab di lingkungan pendidikan.


Keywords


Digital Security; Data Security; Data Protection.

Full Text:

PDF

References


Al, J., Karimun, M., Hafis, N. M., Hidayah, H., Pongkar, D., Tebing, K., & Digital, L. (2025). SOSIALISASI PENTINGNYA LITERASI DIGITAL BAGI PELAJAR DI SMPN 4 SATU. Jurnal Al Muharrik Karimun, 5(1), 1–7.

Alunaza, H. (2024). Pelatihan Penulisan Position Paper Model United Nation Bagi Mahasiswa Hubungan Internasional Universitas Tanjungpura. Journal of Community Development, 4(3), 353–361.

Anggen Suari, K. R., & Sarjana, I. M. (2023). Menjaga Privasi di Era Digital: Perlindungan Data Pribadi di Indonesia. Jurnal Analisis Hukum, 6(1), 132–142. https://doi.org/10.38043/jah.v6i1.4484

Argo Pambudi, M. (2022). Strategi Guru dalam Meningkatkan Literasi Digital Pada Siswa. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 10(3), 636–646.

Chotimah, S. C., Anggraeni, S., & Sulistyo, A. (2025). Pentingnya Literasi Digital Dalam Mempersiapkan Siswa Menghadapi Era Society 5.0. Abdussalam: Jurnal Pendidikan Dan Kebusayaan Islam, 1(1), 42–49.

Cynthia, R. E., & Sihotang, H. (2023). Melangkah bersama di era digital : pentingnya literasi digital untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(3), 31712–31723.

Dianis Svari, N. M. F., & Arlinayanti, K. D. (2024). Perubahan Paradigma Pendidikan Melalui Pemanfaatan Teknologi di Era Global. Metta : Jurnal Ilmu Multidisiplin, 4(3), 50–63. https://doi.org/10.37329/metta.v4i3.3407

Hakim, A. S. ; M. P. J. ; K. A. N. (2025). The Role of Digital Education in Protecting User Privacy and Preventing Social Impact . Jurnal Ilmiah Sistem Informasi , 4(2), 162–174.

Hana Pebriana, P., & Rosidah, A. (2025). “Peningkatan Literasi Digital Guru untuk Pembelajaran Berbasis Teknologi di Era Digital.” Journal of Human And Education, 5(1), 137–148.

Haris, I. P., Setiawan, Y. I. N., Rendi, R., & Fajarwati, N. K. (2024). Tren Terkini Dalam Ilmu Komunikasi Di Indonesia: Antara Transformasi Digital Dan Dinamika Budaya. Filosofi : Publikasi Ilmu Komunikasi, Desain, Seni Budaya, 1(1), 140–149. https://doi.org/10.62383/filosofi.v1i1.73

Jannah, R., & Rosdiana. (2025). Transformasi Digital dan Literasi Teknologi Terhadap Profesionalisme Guru. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12), 782–786. https://doi.org/10.5281.zenodo.15614949

Mahameru, D. E., Nurhalizah, A., Wildan, A., Haikal Badjeber, M., & Rahmadia, M. H. (2023). Implementasi UU Perlindungan Data Pribadi Terhadap Keamanan Informasi Identitas di Indonesia. Jurnal Esensi Hukum, 5(2), 115–131. https://journal.upnvj.ac.id/index.php/esensihukum/index

Mas’ud, F., Jeluhur, H., Negat, K., Tefa, A., Uly, M., & Amtiran, M. (2025). Etika Dalam Media Sosial Antara Kebebasan Ekspresi Dan Tanggung Jawab Digital. Jimmi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Multidisiplin, 2(2), 235–246. https://doi.org/10.71153/jimmi.v2i2.289

Riska Farwati, Wulan Yuliyanti, & Wahyu Puji Rahayu Ningsih. (2023). Ujaran Kebencian Dan Perundungan di Dunia Maya: Tantangan Etika dalam Ruang Digital Indonesia. JISPENDIORA Jurnal Ilmu Sosial Pendidikan Dan Humaniora, 2(3), 213–225. https://doi.org/10.56910/jispendiora.v2i3.1001

Salsabila, F., Daviza, T. P., Istiqomah, K., Ibadillah, Z., Arab, P. B., & Jambi, U. (2025). Membangun Kecakapan Literasi Digital Di Era Disinformasi : Telaah Teoritis dan Implikasinya Pada Perguruan Tinggi. PESHUM, 4(5), 7116–7135.

Sapitri, E., Rahmah, A., Muhajir, F. Q., Mudrikah, I., Fajriyah, I. D. N., Nurshadrina, N., Syehar, N. F., Maesaroh, P. S., Khairi, R., Nandiana, Z., & Hamdan, A. (2024). Pentingnya Peningkatan Literasi Keamanan Digital Bagi Siswa SMP Negeri 4 Kota Tasikmalaya Untuk Melindungi Data Pribadi. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 2(10), 4724–4733. https://doi.org/10.59837/jpmba.v2i10.1779

Sindi Septia Hasnida, Ridho Adrian, & Nico Aditia Siagian. (2023). Tranformasi Pendidikan Di Era Digital. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(1), 110–116. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i1.2488

Subni, M., Warman, W., & Yahya, M. (2024). MENINGKATKAN KESADARAN KEAMANAN DATA DIGITAL DI KALANGAN GURU: PERAN DAN TANTANGAN. Jurnal Pengabdian Kreativitas Pendidikan Mahakam (JPKPM), 4(1), 38–46. https://jurnal.fkip-uwgm.ac.id/index.php/jpkpm/article/view/1682

Syafuddin, K., Jamalullail, & Rafi’i. (2023). Peningkatan Literasi Keamanan Digital Dan Perlindungan Data Pribadi Bagi Siswa Di Smpn 154 Jakarta. Eastasouth Journal of Impactive Community Services, 1(03), 122–133. https://doi.org/10.58812/ejimcs.v1i03.119

Yamin, A. F., Rachmawati, A., Pratama, R. A., & Wijaya, J. K. (2022). Perlindungan Data Pribadi Dalam Era Digital: Tantangan dan Solusi. Meraja Journal, 5(3), 115–137.




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.34235

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :