Pendampingan Pengembangan Modul Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika di SMA: Evaluasi dan Penyempurnaan

Maria Editha Bela, Melkior Wewe, Maria Carmelita Tali Wangge, Christina Lusiana Hari, Teofania Kristina Lola, Walburga Laong Leoni Jari, Yusta Selvianjeli Lewa

Abstract


Abstract:  The purpose of this community service activity is to improve the ability of mathematics teachers in developing ethnomathematics-based mathematics teaching modules by providing mentoring to teachers in developing teaching modules. This activity was carried out at Citra Bakti High School with 10 Mathematics Teachers who are members of the MGMP in Golewa District. The approach used in this activity was Interviews, Face-to-face, and direct mentoring which was carried out in July 2025. The methods used in this activity included evaluation workshops and reflective discussions with teachers and students to obtain constructive feedback. Evaluation was carried out based on aspects of material feasibility, learning effectiveness, and integration of local cultural values in mathematical concepts. The data collection instrument used in this Community Service activity was a participant response questionnaire with a Likert scale category on a 4-point scale, namely very good, good, less good, and very less good. Data were analyzed referring to indicators, namely participant satisfaction, material relevance, and usefulness. The results of the mentoring activity showed that the satisfaction aspect showed a very good response, the relevance of the material was very good, and the usefulness of the material was very good.

Abstrak: Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dalam mengembangkan modul ajar matematika berbasis etnomatematika dengan cara memberikan pendampingan terhadap guru dalam mengembangkan modul ajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SMA Citra Bakti dengan 8 Guru Matematika yang tergabung dalam MGMP di Kecamatan Golewa. Pendekatan yang digunakan dalam kegiatan ini adalah Wawancara, Tatap muka, dan pendampingan langsung yang dilaksanakan pada bulan Juli 2025. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini mencakup workshop evaluasi dan diskusi reflektif bersama guru dan siswa untuk mendapatkan umpan balik yang konstruktif. Evaluasi dilakukan berdasarkan aspek kelayakan materi, efektivitas pembelajaran, dan keterpaduan nilai budaya lokal dalam konsep matematika.Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini adalah angket respon peserta dengan kategori skala likert pada skala 4 poin yaitu sangat baik, baik, kurang baik, dan sangat kurang baik. Data dianalisis mengacu pada indikator yaitu kepuasan peserta, relevansi materi, dan kebermanfaatan. Hasil kegiatan pendampingan menunjukkan aspek kepuasan menunjukkan respon sangat baik, relevansi materi sangat baik, dan kebermanfaatan materi sangat baik.        


Keywords


Pendampingan, Modul Ajar, Etnomatematika, SMA

Full Text:

PDF

References


Fajriah,N., Pasani, C.F., Suryaningsih,Y., Eryanto, A.N.E., & Nasrullah, (2023). Pendampingan Pembuatan Bahan Ajar Berbasis Etnomatematika Lingkungan Lahan Basah Untuk Meningkatkan Wawasan Kearifan Lokal Guru Matematika. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 313–25.

Habibi, M. I (2025). Integrasi Budaya dalam Pembelajaran Matematika: Tinjauan Pustaka Sistematis tentang Pendekatan Etnomatematika. Jendela Aswaja (JEAS), 6(2), 438-451

Hanum, S. and Rahmawati, R. (2020) ‘Implementasi Pendekatan Fungsional Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Metode Community Language Learning’, Lisanuna): Jurnal Ilmu Bahasa Arab dan Pembelajarannya, 9(2), 327–337.

Hasan. N.A, dkk. (2022). Pendekatan Etnomatematika Terhadap Hasil Pembelajaran Geometri Pada Siswa Sekolah Dasar di Pattlassang Kabupaten Gowa. Pinisi Journal Of Education, Vol.2, No.6, 81-87

Indrawati. Sri, dkk (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru- Guru Bahasa Indonesia di SMA Kabupaten Ogan Ilir, Jurnal Abdi Humaniora, Vol. 2, No.2, 66- 78. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 1(6), 1-6

Kemendikbud. (2020) Kurikulum Merdeka: Panduan Implementasi Pembelajaran. Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Munawar. T, dkk (2020). Meningkatkan Semangat Menulis dan Publikasi Karya Ilmiah Bagi Guru Se-Kecamatan Suhaid, Kapuas Hulu, Jurnal Abdimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 3, No.2. 70-75

Prabawati. W.N, Muslim. S. Y, (2020). Pendampingan Penulisan Artikel Ilmiah Bagi Guru Matematika Sekolah Menengah Pertama Wilayah Sukaraja, Kabupaten Tasikmalaya. Abdimas Umtas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(3), 206-213

Sariningsih, R., & Purwasih, R. (2017). Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. Vol 1(1). 345-353

Supriadi, S. (2022). Elementary School Students Reflection:Didactical Design Analysis on Integer and Fraction Operations on Mathematical Concepts with Sundanese Ethonamathematis Learning. Pegem Egitim ve Ogretim Dergisi, 12(4), 192-199

Wahyuni, A. (2019) Etnomatematika Permainan Tradisional Congklak dalam Pembelajaran Operasi Bilangan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 45-56

Wahyosumidjo. 2002. Kepemimpinan kepala sekolah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Wondo, M. T. S., Mei, M. F., & Seto, S. B. 2020. Eksplorasi Etnomatematika Rumah Adat Suku Lio Kabupaten Ende Untuk Pembelajaran Geometri. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio 12(1): 32-44

Zahara Idris. 2021. Pengantar Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiaswara




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.34290

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :

Owner: syndicate

togel online

mega4d

mega4d

slot777

toto 4d

bandar togel

slot777

toto macau

slot777

rtp slot

toto 4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

toto 4d

slot777

nana4d

slot777

toto 4d

scatter hitam

nana4d

toto 4d

slot resmi

situs toto

toto 4d

slot777

slot gacor

slot777

scatter hitam

nana4d

nana4d

toto 4d

slot777

slot777

toto 4d

slotnota123 com

slotnota707 com

slot777

Toto Slot

Slot Gacor

Toto 4D

Situs Gacor

Toto 4D

Situs Toto

Slot Gacor

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot Gacor

Slot777

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot88

Slot Bonus

Slot88

slot 200

slot 200

slot88

link gacor

Slot Gacor

SLOT88

Slot Thailand

Situs Gacor

Link Gacor

SLOT88

Situs Gacor

Link Gacor

slot88

Slot88

slot88

Slot88

Slot88

Link Gacor

Situs Gacor

Slot88

Slot Thailand

.

Slot Gacor

Slot Gacor

slot88

Slot777

https://journal.brajamustipublication.com/

slot777

Slot777

Slot777

slot777

matauangslot

matauangslot

matauangslot

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot dana

scatter hitam

slot777

slot777

slot777

scatter hitam

slot777

slot88

.