Membangun Transparansi dan Efisiensi Keuangan Sekolah Melalui Rencana Anggaran Kegiatan Sekolah dan Sistem Aset Terintegrasi
Abstract
Abstract: The main problem faced by School X Surabaya is the lack of transparency and accountability in financial management and inaccuracies in recording school assets. This condition is caused by the absence of actual expenditure reports in the School Activity and Budget Plan (RKAS) and an asset management system that has not been standardized. The purpose of this Abdimas Program is to increase transparency, accountability, and efficiency of financial management and improve the asset recording system through the development of an integrated RKAS system and the implementation of an asset management system based on asset condition classification. The implementation method includes identification of funding sources, budget preparation and monitoring, asset inventory, training for financial staff, and periodic evaluation. The results showed significant improvements in the accuracy of financial reports, the efficient use of funds and the reliability of asset data. The active participation of the school community and parents also strengthened the sustainability of the program. With a more structured system, Sekolah X Surabaya is expected to become a model of good practice in financial and asset governance in primary education.
Abstrak: Permasalahan utama yang dihadapi Sekolah X Surabaya adalah rendahnya transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan serta ketidakakuratan dalam pencatatan aset sekolah. Kondisi ini disebabkan oleh belum adanya laporan pengeluaran aktual dalam Rencana Kegiatan dan Anggaran Sekolah (RKAS) serta sistem manajemen aset yang belum terstandar. Tujuan dari Program Abdimas ini adalah untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan efisiensi pengelolaan keuangan serta memperbaiki sistem pencatatan aset melalui pengembangan sistem RKAS terintegrasi dan penerapan sistem manajemen aset berbasis klasifikasi kondisi aset. Metode pelaksanaan meliputi identifikasi sumber pendanaan, penyusunan dan pemantauan anggaran, inventarisasi aset, pelatihan bagi staf keuangan, serta evaluasi berkala. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam keakuratan laporan keuangan, efisiensi penggunaan dana, dan keandalan data aset. Partisipasi aktif komunitas sekolah dan orang tua turut memperkuat keberlanjutan program. Dengan sistem yang lebih terstruktur, Sekolah X Surabaya diharapkan menjadi model praktik baik dalam tata kelola keuangan dan aset di lingkungan pendidikan dasar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adzkia, R., & Anastasya, F. (2024). MANAJEMEN KEUANGAN SEKOLAH: TRANSPARANSI DAN AKUNTABILITAS DALAM PENGELOLAAN DANA. In Nur Syahda Awalliyah & Hesti Kusumaningrum (Vol. 2, Issue 3). https://www.jurnal.zarilgapari.org/index.php/gafari
Arofah, A. A., & Rahmawati, F. (2017). TATA KELOLA KEUANGAN PADA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (Studi Pada SMK Bina Mandiri Surakarta). E-Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(July), 1–23.
Ayu, D. M., Girindratta, R., Nurfadillah, N., Fariz, F., & Al Mashur, M. (2024). Strategi Pengelolaan Keuangan Sekolah Untuk Meningkatkan Efisiensi Sumber Daya. J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah, 3(4).
Aziza, N., Ismail, F., Astuti, M., & Kunci, K. (2025). Inovasi dalam Pengelolaan Keuangan, Inovasi dalam Sarana dan Prasarana Pendidikan. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(6). http://Jiip.stkipyapisdompu.ac.id
Baidowi, A., & Putri, S. N. (2024). Peran Pembiayaan Sekolah dalam Memaksimalkan Mutu Pendidikan. Maslahah: Journal of Islamic Education. https://jurnalsains.id/index.php/maslahah/article/download/157/122
Dahyani, T. (2021). Analisis Tata Kelola dan Pengawasan Keuangan Sekolah di SMA Bukit Asam Tanjung Enim. Journal of Innovation in Teaching and Instructional Media, 1(2), 133–141. https://doi.org/10.52690/jitim.v1i2.843
Fauzan, A., Utami, D. R., Noviarita, H., & Romlah, R. (2025). Rekonstruksi Konsep Manajemen Biaya Dalam Pendidikan Islam: Analisis Efisiensi, Transparansi, Dan Nilai Syariah. KARTIKA: Jurnal Studi Keislaman, 5(2).
Habibatulloh, K. N., Widodo, S., & Murni, T. (2022). Studi Tentang Akuntabilitas, Transparansi Pengelolaan Keuangan Sekolah Dan Kualitas Layanan Pendidikan Di SMA Negeri Kabupaten Kaur Yang Terakreditasi A, B, Dan C. The Manager Review, 4(1), 129–154. https://doi.org/10.33369/tmr.v4i1.25835
Karyatun, S. (2016). Mengelola Keuangan Sekolah. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 40(54).
Kurniawan, M. A. (2023). Manajemen Keuangan Pendidikan: Mewujudkan Keadilan, Transparansi, dan Akuntabilitas Lembaga. Pendidikan Islam: Filosofi, Konsep Dasar. https://books.google.com/books?id=iWbhEAAAQBAJ
Mashudi, A., Ahyar, A., & Subki, S. (2024). Manajemen Pengelolaan Keuangan Dana Bantuan Operasional Sekolah (Bos) Dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat. Jambura Journal of Educational Management, 5(2). https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index
Nazaruddin, I., & Putra, W. M. (2022). Peningkatan Akuntabilitas Penyelenggaraan Keuangan Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Program Pengabdian Masyarakat, 776–781. https://doi.org/10.18196/ppm.42.738
Prima, T., & Mardiyah, U. (2025). Penyelarasan Rencana Biaya dengan Sumber Pendanaan Organisasi Pendidikan Islam. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam. https://journal.aripafi.or.id/index.php/jmpai/article/download/1096/1458
Pusvitasari, R., & Sukur, M. (2020). Manajemen Keuangan Sekolah Dalam Pemenuhan Sarana Prasarana Pendidikan (Studi kasus di SD Muhammadiyah 1 Krian, Sidoarjo). AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(1), 94–106. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v4i1.959
Sabri, A., Piliang, A. S., & Hasanah, I. (2025). Analisis Administrasi Keuangan Sekolah di Era Society 5.0. Lencana: Jurnal Manajemen Dan Akuntansi. https://ejurnal.politeknikpratama.ac.id/index.php/Lencana/article/download/4417/4483
Saifrizal, M., & Yusuf, Y. (2023). PENGELOLAAN KEUANGAN DANA BOS REGULER DAN AKUNTABILITAS PELAPORAN KEUANGAN DAERAH BERDASARKAN PERMENDIKBUD NO. 6 TAHUN 2021 DI KOTA LHOKSEUMAWE. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(2).
Sianturi, R., Sutisna, A., Dalia, A., Kurniawan, A. C., Dewi, A. V., Mardiana, C., Danial, D. S. R., Taopik, D., Darlianti, E., Rahmawati, F. E., Daswati, L. A., Yuliana, N. D., Mukhlisin, O., Handayani, R., Adriyanti, R., Saepudin, Yumna, S., Susanti, S., Sumartini, T., … Haeriyah, Y. (2024). Perencanaan dan Penganggaran Pembiayaan Pendidikan: Konsep dan Teknik. EDU Publisher.
Suyati, S. (2020). Tata Kelola Keuangan Sekolah. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 10(1), 2020. https://doi.org/10.24042/alidarah.v10i1.5811
Wahyuni, E. D., LENIWATI, D., & RAHADJENG, E. R. (2022). Penataan Administrasi Keuangan Sekolah Berbasis Excel Pada SD Muhammadiyah 4 Kota Malang. Akuntansi Dan Humaniora: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 150–155. https://doi.org/10.38142/ahjpm.v1i3.364
Wardhani, S. P., Gunawan, R., Nurjanah, S., Subandi, S., & Amiruddin, A. (2025). Optimalisasi Sumber Dana Pendidikan Di Sdit: Kolaborasi Antara Orangtua, Yayasan, Dan Komite Sekolah. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 10(2).
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.34371
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDITORIAL OFFICE :







