Peningkatan Branding UMKM Opak Jepit Melalui Pelatihan Food Photography

Abd. Muqit, Ayu Sulasari, Tirto Unarto, Ahsani Maulidina, Rina Rachmawati, Jatrifia Ongga Sinatrya

Abstract


Abstract:  The owner of Opak Jepit Mekar Sari MSME has struggled for years to learn how to utilize the right digital strategies to enhance her business branding. The primary objective of this activity is to enhance the branding of partner MSMEs by leveraging information technology through effective marketing management, through training in food photography techniques. The method used in implementing this activity is training and mentoring, which is carried out through several stages: planning, preparation and coordination, training in the use of food photography techniques for product marketing, mentoring in designing packaging labels, mentoring the marketing system through the creation of an Instagram social media account, and joint evaluation. The results of this activity can be used as packaging labels or marketing materials on social media.

Abstrak: Pemilik UMKM Opak Jepit Mekar Sari telah berjuang selama bertahun-tahun untuk mempelajari cara memanfaatkan strategi digital yang tepat guna meningkatkan branding bisnisnya. Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meningkatkan branding UMKM mitra dengan memanfaatkan teknologi informasi melalui manajemen pemasaran yang efektif melalui pelatihan teknik food photography. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan ini adalah pelatihan dan pendampingan, yang dilakukan melalui beberapa tahapan: perencanaan, persiapan dan koordinasi, pelatihan pemanfaatan teknik fotografi makanan untuk pemasaran produk, pendampingan dalam mendesain label kemasan, pendampingan sistem pemasaran melalui pembuatan akun media sosial Instagram, dan evaluasi bersama. Hasil kegiatan ini dapat digunakan sebagai label kemasan maupun materi pemasaran di media sosial.


Keywords


Branding; Food Photography; Pemasaran

Full Text:

PDF

References


Bocca Della Verita, Febriana, P., & Ainur Rochmaniah. (2024). Branding Assistance for MSME Snacks Through Social Media Management. KAIBON ABHINAYA : JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(1), 29–35. https://doi.org/10.30656/ka.v6i1.6995

Dewita, T. A., & Bayati, T. (2023). PERAN TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PENGEMBANGAN UMKM FASHION DI ERA DIGITAL. Jurnal Komunikasi, 1(4), 195–203.

Herawati, S., Saktiendi, E., Siwi, G., & Hanjani, A. (2024). Strategi Komunikasi Pemasaran Melalui Instagram Dalam Menarik Minat Konsumen Pada Cafe Titik Temu Sarinah. JUKIM: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(6), 7–14. https://doi.org/10.56127/jukim.v3i06

Kussanti, D. P., Fitriansyah, F., Harbet, P., & Atmaja, J. (2022). Pelatihan Teknik Food Fotografi dalam Meningkatkan Branding pada UMKM Prima Global Mart Bekasi. KREATIF: Jurnal Pengabdian Masyarakat Nusantara, 2(4), 30–41. https://journal.amikveteran.ac.id/index.php/kreatif

Lova, E. F., Rachmawati, R., Rokiyah, R., Maulidina, A., Ulfa, F., & Novitasari, A. F. (2024). Pelatihan Pembuatan Katalog Produk Berbasis Digital Guna Meningkatkan Pemasaran Bagi Grup Jual Beli Online. I-Com: Indonesian Community Journal, 4(3), 2383–2392. https://doi.org/10.33379/icom.v4i3.5432

Machmuda, I., & Aminah, S. (2024). Strategi Branding Dalam Penguatan Produk “Madestrong.id.” JPkMN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara, 6(1), 1166–1171.

Palupi, D., Gunawan Setyabudi, T., & Setia Iswara, U. (2024). Pelatihan Foto Produk dan Penyusunan Laporan Keuangan bagi UMKM Kecamatan Genteng Kota Surabaya. PEKAT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2, 86–93.

Putra, Y. P., Mahyuddin, A. N., Agustina, A. W., Hotimah, R. A. D. N., Pramastasari, O., Baik, S. P. A., & Arum, D. P. (2023). Upaya Peningkatan Branding Produk UMKM Es Cendol Berbasis Ekonomi Kreatif Melalui Foto Produk. JIPM: Jurnal Informasi Pengabdian Masyarakat, 1(2), 33–43. https://doi.org/10.47861/jipm-nalanda.v1i2.172

Putri, D. R., Zhahra, S. A., Magfiroh, L., Kamal, F. A., Dewi, K. T. P., Sulistiyono, B. A. P., Pitoyo, C. G., Lutfiah, Y. A., Setiawan, A. R., & Arum, D. P. (2024). Penerapan Branding dan Strategi Digital Marketing UMKM Desa Klurak Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Akademik Pengabdian Masyarakat, 2(5), 88.

Putri Karmilasari, A., Raharjo, A., Bagus Candra Yana, I., Studi Fotografi, P., Seni Rupa dan Desain, F., & Seni Indonesia Denpasar, I. (2021). Makanan Korea Dalam Karya Food Photography. RETINA JURNAL FOTOGRAFI, 1(1), 53–57. https://jurnal2.isi-dps.ac.id/index.php/retina/

Santoso, R. A., Rahim, A. R., Sukaris, & Fauziyah, N. (2021). Reuse Limbah Rumah Tangga Menjadi Alat Pemeras. DedikasiMU (Journal of Community Service), 3(1), 758–769.

Saputra, A., Salim, D. S., Nurmala, E. Y., Fajar, M., Nugraha, M. W., Salsabila, N., Hidayat, N. M., Amini, R. K., & Kesumawati, R. (2024). Strategi Digital Marketing Visitudio (@Visitbogor) dalam Komunikasi Pemasaran Restoran Bola Seafood Bali. HUMANUS: Jurnal Sosiohumaniora Nusantara, 2(1), 25.

Septrina Tampubolon, A., Wahyono, D., Ersanti, Dewi, R. A. P. K., & Meidasari, E. (2025). Pentingnya Manajemen Pemasaran Bagi Pelaku UMKM. Journal of Social Work and Empowerment, 4(3), 180–188. https://ejournal.sidyanusa.org/index.php/joswae

Siswati, E., Munawaroh, S., Nurani, Y., & Faren Arganesya, I. (2024). Peningkatan Penjualan Usaha Opak Gepit Rasa Jahe Melalui Packaging Di Desa Payungrejo, Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. JAPI (Jurnal Akses Pengabdian Indonesia), 9(2), 147–152.

Sukarnoto, T., Ussolikhah, N. ’, & Cahyono, H. (2024). Digital Marketing Transformation of The Home Crackers Industry in Cirebon. Proceedings International Conference of Bunga Bangsa (ICOBRA), 2, 93–101. https://doi.org/10.47453

Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., Harsasi, M., Made, S., Koesanto, A. A., & Anam, K. (2025). Revitalisasi Foto Produk pada Tampilan Media Sosial UMKM Fashion Nusantara di Desa Lulut Kabupaten Bogor. Abdimas Mandalika, 4(2), 65–76. https://doi.org/10.31764/justek.vXiY.ZZZ




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.34583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :