Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika Siswa dalam Konteks Identifikasi Risiko dan Membuat Perhitungan Sederhana Untuk Pengurangan Dampak Bencana di daerah Pesisir
Abstract
To enhance students’ learning abilities, particularly in mathematics, instruction needs to be integrated with contextual materials, such as the application of mathematics in risk identification and performing simple calculations to reduce disaster impacts. This program aims to improve students’ mathematical competencies within the context of risk identification and simple calculations for disaster impact reduction in coastal areas. The learning process was organized into three stages: preparation, implementation, and evaluation. The evaluation results revealed an average increase of 18.80% in students’ learning outcomes and a 14.33% increase in classical mastery learning. These findings demonstrate that a real-context-based learning approach is effective in enhancing students’ understanding of mathematical concepts, particularly in the context of risk identification and performing simple calculations for disaster impact reduction in coastal areas.
Untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, khususnya dalam bidang matematika, pembelajaran perlu diintegrasikan dengan materi kontekstual, seperti penerapan matematika dalam identifikasi risiko dan perhitungan sederhana untuk mengurangi dampak bencana. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi matematis siswa dalam konteks identifikasi risiko dan perhitungan sederhana guna mitigasi dampak bencana di wilayah pesisir. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan rata-rata sebesar 18,80% pada hasil belajar siswa dan peningkatan 14,33% pada ketuntasan belajar klasikal. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis konteks nyata efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika, khususnya dalam konteks identifikasi risiko dan perhitungan sederhana untuk pengurangan dampak bencana di daerah pesisir.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adryan Fitrayudha, Heni Pujiastuti, Hafiz Hamdani, Nurul Hidayati, Ahmad Zarkasi, Aulia Muttaqin, Maya Saridewi Pascanawati, Isfanari, I., & Rajabi Mubarak. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Konstruksi Rumah Tahan Gempa kepada Tukang Bangunan di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i1.280
Agus Narayana, I. G., Sukarja, I. M., Sukawana, I. W., & Juniari, N. M. (2022). Edukasi Media Audiovisual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Gema Keperawatan, 15(2), 160–171. https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.1869
Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439
Kusmaryono, I. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Edutainment Berbasis Budaya Lokal di Daerah Bencana. Makalah Seminar Kemendikbud Dikti "Designing Quality Learning Landscape in Indonesia, 3(September 2012).
Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1).
Nigia Deta Anggriani, Riri Sahri Soumi, Septiani Purnama Sari, Athirah Syaima Nursyamsa, Ichsan Fauzi Pangestu, Sabila, Dian Aprilita, Dini Eka Fitriani, Ni Nyoman Nopiantari Sasmita, & Muhammad Andrian Wijaya. (2022). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi SOP Mitigasi Bencana Banjir dan Gempa Bumi di SMKN 1 Sekotong Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1410
Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). Peningkatan Literasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Booklet Ringkas Inovatif Bagi Siswa SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(3).
Putra, I. N. N. A., Mahmudi, H., Sujadi, S., Rahman, R., & Manan, A. (2023). Sosialisasi Sertifikasi “Cleanliness, Health, Safety And Environment”: Bagi Stakeholder Desa Wisata Sekotong Barat. Jurnal Abdi Insani, 10(2). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.965
Putra, I. N. N. A., Susanto, H., & Sukendri, N. (2023). Posisi Strategis Desa Wisata Sekotong Barat. JCES (Journal of Character Education Society), 6(1).
Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2023). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167
Sa’diah, L. S., & Nahdi, D. S. (2023). Model pembelajaran kontekstual untuk membantu pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.277
Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., & Puteri, H. (2021). Pembelajaran Matematika SMP di Kota Surakarta pada Kondisi Khusus. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2).
Supartoyo, Robiana, R., Natalia, M. C., & Hespiantoro, S. (2020). Dampak gempa bumi lombok tahun 2018. Jurnal geominerba (jurnal geologi, mineral dan batubara), 5(1). https://doi.org/10.58522/ppsdm22.v5i1.65
Suwaibah, D., Anggraini, L., & Mursyidah, H. (2019). Ludo 3D-MB Media Sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3514
Syarifuddin, S., Efendi, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman Mitigasi Bencana Alam Siswa Berbasis Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Darurat Semeru. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786
‘Ulum, I. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11707
Yetizon, Y., & Tusa’diah, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Matematika Berorientasi Mitigasi Bencana. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1898
DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.34816
Refbacks
- There are currently no refbacks.
EDITORIAL OFFICE :







