Peningkatan Kemampuan Belajar Matematika Siswa dalam Konteks Identifikasi Risiko dan Membuat Perhitungan Sederhana Untuk Pengurangan Dampak Bencana di daerah Pesisir

Abdillah Abdillah, Firdaus Mulianta, Neng Safitri Syahabudin, Yuliana Yuliana, Icha Resti Pujiastut, Ida Ruwaidah, Nela Octavia, Fitrianingsih Fitrianingsih

Abstract


To enhance students’ learning abilities, particularly in mathematics, instruction needs to be integrated with contextual materials, such as the application of mathematics in risk identification and performing simple calculations to reduce disaster impacts. This program aims to improve students’ mathematical competencies within the context of risk identification and simple calculations for disaster impact reduction in coastal areas. The learning process was organized into three stages: preparation, implementation, and evaluation. The evaluation results revealed an average increase of 18.80% in students’ learning outcomes and a 14.33% increase in classical mastery learning. These findings demonstrate that a real-context-based learning approach is effective in enhancing students’ understanding of mathematical concepts, particularly in the context of risk identification and performing simple calculations for disaster impact reduction in coastal areas.

Untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa, khususnya dalam bidang matematika, pembelajaran perlu diintegrasikan dengan materi kontekstual, seperti penerapan matematika dalam identifikasi risiko dan perhitungan sederhana untuk mengurangi dampak bencana. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi matematis siswa dalam konteks identifikasi risiko dan perhitungan sederhana guna mitigasi dampak bencana di wilayah pesisir. Proses pembelajaran dilaksanakan melalui tiga tahap, yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan rata-rata sebesar 18,80% pada hasil belajar siswa dan peningkatan 14,33% pada ketuntasan belajar klasikal. Temuan ini menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis konteks nyata efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep-konsep matematika, khususnya dalam konteks identifikasi risiko dan perhitungan sederhana untuk pengurangan dampak bencana di daerah pesisir.


Keywords


Learning Ability; Simple Calculation; Disaster Impact

Full Text:

PDF

References


Adryan Fitrayudha, Heni Pujiastuti, Hafiz Hamdani, Nurul Hidayati, Ahmad Zarkasi, Aulia Muttaqin, Maya Saridewi Pascanawati, Isfanari, I., & Rajabi Mubarak. (2023). Penyuluhan dan Pelatihan Konstruksi Rumah Tahan Gempa kepada Tukang Bangunan di Desa Buwun Mas, Kecamatan Sekotong, Kabupaten Lombok Barat. Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1). https://doi.org/10.29303/rengganis.v3i1.280

Agus Narayana, I. G., Sukarja, I. M., Sukawana, I. W., & Juniari, N. M. (2022). Edukasi Media Audiovisual Meningkatkan Kesiapsiagaan Siswa dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi. Jurnal Gema Keperawatan, 15(2), 160–171. https://doi.org/10.33992/jgk.v15i2.1869

Brinus, K. S. W., Makur, A. P., & Nendi, F. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2). https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i2.439

Kusmaryono, I. (2012). Pengembangan Pembelajaran Matematika Kontekstual Edutainment Berbasis Budaya Lokal di Daerah Bencana. Makalah Seminar Kemendikbud Dikti "Designing Quality Learning Landscape in Indonesia, 3(September 2012).

Muhartini, Mansur, A., & Bakar, A. (2023). Pembelajaran Kontekstual Dan Pembelajaran Problem Based Learning. Lencana: Jurnal Inovasi Ilmu Pendidikan, 1(1).

Nigia Deta Anggriani, Riri Sahri Soumi, Septiani Purnama Sari, Athirah Syaima Nursyamsa, Ichsan Fauzi Pangestu, Sabila, Dian Aprilita, Dini Eka Fitriani, Ni Nyoman Nopiantari Sasmita, & Muhammad Andrian Wijaya. (2022). Edukasi Sadar Bencana Melalui Sosialisasi SOP Mitigasi Bencana Banjir dan Gempa Bumi di SMKN 1 Sekotong Kecamatan Sekotong Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(1). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v5i1.1410

Pradina, A. T., & Pratama, M. M. A. (2021). Peningkatan Literasi Mitigasi Bencana Gempa Bumi Melalui Booklet Ringkas Inovatif Bagi Siswa SDN Wonoayu Kecamatan Wajak Kabupaten Malang. Jurnal Pasopati: Pengabdian Masyarakat Dan Inovasi Pengembangan Teknologi, 3(3).

Putra, I. N. N. A., Mahmudi, H., Sujadi, S., Rahman, R., & Manan, A. (2023). Sosialisasi Sertifikasi “Cleanliness, Health, Safety And Environment”: Bagi Stakeholder Desa Wisata Sekotong Barat. Jurnal Abdi Insani, 10(2). https://doi.org/10.29303/abdiinsani.v10i2.965

Putra, I. N. N. A., Susanto, H., & Sukendri, N. (2023). Posisi Strategis Desa Wisata Sekotong Barat. JCES (Journal of Character Education Society), 6(1).

Rahmadani, A., Wandini, R. R., Dewi, A., Zairima, E., & Putri, T. D. (2023). Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis dan Mengefektifkan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran Matematika. Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1). https://doi.org/10.56832/edu.v2i1.167

Sa’diah, L. S., & Nahdi, D. S. (2023). Model pembelajaran kontekstual untuk membantu pemecahan masalah matematis. Jurnal Ilmiah Pendidik Indonesia, 2(1). https://doi.org/10.56916/jipi.v2i1.277

Sujadi, I., Budiyono, Kurniawati, I., Wulandari, A. N., Andriatna, R., & Puteri, H. (2021). Pembelajaran Matematika SMP di Kota Surakarta pada Kondisi Khusus. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 5(2).

Supartoyo, Robiana, R., Natalia, M. C., & Hespiantoro, S. (2020). Dampak gempa bumi lombok tahun 2018. Jurnal geominerba (jurnal geologi, mineral dan batubara), 5(1). https://doi.org/10.58522/ppsdm22.v5i1.65

Suwaibah, D., Anggraini, L., & Mursyidah, H. (2019). Ludo 3D-MB Media Sebagai Pengenalan Mitigasi Bencana Alam Berbasis Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang. JIPMat, 4(1). https://doi.org/10.26877/jipmat.v4i1.3514

Syarifuddin, S., Efendi, J. F., & Fauzia, F. A. (2023). Pemahaman Mitigasi Bencana Alam Siswa Berbasis Permainan Tradisional Pada Pembelajaran Matematika Di Sekolah Darurat Semeru. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 8(1). https://doi.org/10.25157/teorema.v8i1.9786

‘Ulum, I. (2017). Pemanfaatan Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Anak. Jurnal Pendidikan Anak, 3(2). https://doi.org/10.21831/jpa.v3i2.11707

Yetizon, Y., & Tusa’diah, R. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Pembelajaran Discovery Learning pada Materi Matematika Berorientasi Mitigasi Bencana. Jurnal Gantang, 5(1). https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1898




DOI: https://doi.org/10.31764/am.v5i1.34816

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


        

    

   

EDITORIAL OFFICE :

Owner: syndicate

togel online

mega4d

mega4d

slot777

toto 4d

bandar togel

slot777

toto macau

slot777

rtp slot

toto 4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

mega4d

toto 4d

slot777

nana4d

slot777

toto 4d

scatter hitam

nana4d

toto 4d

slot resmi

situs toto

toto 4d

slot777

slot gacor

slot777

scatter hitam

nana4d

nana4d

toto 4d

slot777

slot777

toto 4d

slotnota123 com

slotnota707 com

slot777

Toto Slot

Slot Gacor

Toto 4D

Situs Gacor

Toto 4D

Situs Toto

Slot Gacor

Situs Toto

Situs Toto

Toto 4D

Slot Gacor

Slot777

Slot Gacor

Slot Gacor

Slot88

Slot Bonus

Slot88

slot 200

slot 200

slot88

link gacor

Slot Gacor

SLOT88

Slot Thailand

Situs Gacor

Link Gacor

SLOT88

Situs Gacor

Link Gacor

slot88

Slot88

slot88

Slot88

Slot88

Link Gacor

Situs Gacor

Slot88

Slot Thailand

.

Slot Gacor

Slot Gacor

slot88

Slot777

https://journal.brajamustipublication.com/

slot777

Slot777

Slot777

slot777

matauangslot

matauangslot

matauangslot

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot777

slot dana

scatter hitam

slot777

slot777

slot777

scatter hitam

slot777

slot88

.