Hubungan Minat Belajar Dengan Kemampuan Siswa Dalam Mengoperasikan VirtualBox Sebagai Media Pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan

Andika Wahyudi, Sofia Edriati Sofia Edriati, Ade Pratama

Abstract


Abstract:  This study aims to determine whether there is a relationship between interest in learning and students' ability to operate VirtualBox as a learning media for network system administration for class XI TKJ SMK Negeri 3 Padang. This research is a quantitative descriptive using the correlation method. The sample in this study was class XI TKJ 1 SMK N 3 Padang totaling 32 students. Data collection techniques using questionnaires and documentation of student practice scores. The data analysis technique uses the product moment correlation formula. Based on data analysis, it was found that there is a very significant relationship between interest in learning and students' ability to operate VirtualBox as a learning medium for network system administration

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan VirtualBox sebagai media pembelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Padang.Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 SMK N 3 Padang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai praktek siswa . Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan VirtualBox sebagai media pembelajaran administrasi sistem jaringan.


Keywords


Learning interest; Student ability; VirtualBox

Full Text:

PDF

References


Ahyar, H. dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).

Anggoro, B. S., Handoko, A., & Andriyani, I. (2018). Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Dan Penguasaan Konsep Biologi Kelas Viii Smp Negeri 11 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 01–14. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2295

Arifin, Z., (2016). Evaluasi Pembelajaran

Astuti, D., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2020). Measuring Student Interest in the Industrial Revolution 4.0 Through Rasch Analysis. International Journal of Research in Counseling and Education, 4(1), 46. https://doi.org/10.24036/00227za0002

Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 93. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p93-98

Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), 721–724.

Kusuma, A. P. A., & Asmunin. (2016). Implementasi Simple Port Knocking Pada Dynamic Routing (OSPF) Menggunakan Simulasi GNS3. Jurnal Manajemen Informatika, 5(2), 7–17.

Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.

P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012

Rahayu, T. P., & Ardiyanta, A. S. (2019). Hubungan minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan virtualbox sebagai media pembelajaran sistem operasi jaringan kelas xi tkj smkn 1 kras. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 37–46.

Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Sma Negeri 1 Tebat Karai Dan Sma Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740

Sugeng, S., Marzuki, M., & Marli, S. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy, Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran

Sugiono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Widiyanto, S., & Ati, A. P. (2019). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Argumen Siswa SMK Insan Mulia Kota Bekasi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(November), 36–46. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/180




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.10561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: