Hubungan Minat Belajar Dengan Kemampuan Siswa Dalam Mengoperasikan VirtualBox Sebagai Media Pembelajaran Administrasi Sistem Jaringan
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan VirtualBox sebagai media pembelajaran administrasi sistem jaringan kelas XI TKJ SMK Negeri 3 Padang.Penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode korelasi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI TKJ 1 SMK N 3 Padang yang berjumlah 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi nilai praktek siswa . Teknik analisis data menggunakan rumus korelasi product moment. Berdasarkan analisis data, ditemukan bahwa terdapat hubungan yang sangat signifikan antara minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan VirtualBox sebagai media pembelajaran administrasi sistem jaringan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahyar, H. dkk. (2020). Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif.Yogyakarta:CV. Pustaka Ilmu. (Issue March).
Anggoro, B. S., Handoko, A., & Andriyani, I. (2018). Pengaruh Metode Quantum Learning Terhadap Minat Belajar Siswa Dan Penguasaan Konsep Biologi Kelas Viii Smp Negeri 11 Bandar Lampung. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 8(2), 01–14. https://doi.org/10.24042/biosf.v8i2.2295
Arifin, Z., (2016). Evaluasi Pembelajaran
Astuti, D., Mudjiran, M., & Alizamar, A. (2020). Measuring Student Interest in the Industrial Revolution 4.0 Through Rasch Analysis. International Journal of Research in Counseling and Education, 4(1), 46. https://doi.org/10.24036/00227za0002
Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa Smp Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(2), 93. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i2.p93-98
Putri, I. D. C. K., & Widodo, S. A. (2017). Hubungan Antara Minat Belajar Matematika, Keaktifan Belajar Siswa, dan Persepsi Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia, 6(3), 721–724.
Kusuma, A. P. A., & Asmunin. (2016). Implementasi Simple Port Knocking Pada Dynamic Routing (OSPF) Menggunakan Simulasi GNS3. Jurnal Manajemen Informatika, 5(2), 7–17.
Luh, N., & Ekayani, P. (2021). Pentingnya penggunaan media siswa. Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa, March, 1–16.
P., A. A. (2019). Pengembangan Minat Belajar Dalam Pembelajaran. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(2), 205. https://doi.org/10.24252/idaarah.v3i2.10012
Rahayu, T. P., & Ardiyanta, A. S. (2019). Hubungan minat belajar dengan kemampuan siswa dalam mengoperasikan virtualbox sebagai media pembelajaran sistem operasi jaringan kelas xi tkj smkn 1 kras. Jurnal of Education and Information Communication Technology, 3(1), 37–46.
Rozikin, S., Amir, H., & Rohiat, S. (2018). Hubungan Minat Belajar Siswa Dengan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia Di Sma Negeri 1 Tebat Karai Dan Sma Negeri 1 Kabupaten Kepahiang. Alotrop, 2(1), 78–81. https://doi.org/10.33369/atp.v2i1.4740
Sugeng, S., Marzuki, M., & Marli, S. (2020). Hubungan Antara Self Efficacy, Disiplin, Tanggung Jawab, Dan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran
Sugiono, D. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D
Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113
Widiyanto, S., & Ati, A. P. (2019). Pengaruh Metode Snow Ball Throwing Dan Minat Belajar Terhadap Keterampilan Menulis Kalimat Argumen Siswa SMK Insan Mulia Kota Bekasi. Judika (Jurnal Pendidikan Unsika), 7(November), 36–46. https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/180
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.10561
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: