Evaluasi Sistem Informasi Manajemen LPPM IKIP PGRI Bojonegoro menggunakan Usability Testing
Abstract
Abstract: This study aimed to describe the user's evaluation of the management information system of LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. Seventy-eight students, lecturers, reviewers, chairpersons, IT experts, and members of LPPM IKIP PGRI Bojonegoro participated in this survey research. A questionnaire about usability testing was used in this study, and it contains indicators of learnability, memorability, efficiency, errors, and satisfaction. This study employs both quantitative and qualitative data analysis techniques. The quantitative data were analysed using descriptive statistical analysis to determine the average evaluation results of the five usability testing indicators. In addition, the results of open-ended questions were transcribed for qualitative data analysis. In terms of ease of use, the results of the user assessment of the management information system of LPPM IKIP PGRI Bojonegoro are quite good. Most users have never made the mistake of searching for research and community service information when using the LPPM management information system. However, aspects of memorability, efficiency, and satisfaction remain in the poor category and require improvement.
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan penilaian sistem informasi manajemen LPPM IKIP PGRI Bojonegoro oleh user sebagai bahan evaluasi. Penelitian survei ini melibatkan 78 responden yang berasal dari mahasiswa, dosen, reviewer, ketua, ahli IT, dan anggota LPPM IKIP PGRI Bojonegoro. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner tentang usability testing yang memuat indikator learnability, memorability, efficiency, errors, dan satisfaction. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dan kualitatif. Analisis data kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui rata-rata hasil evaluasi dari kelima indikator usability testing. Analisis data kualitatif dilakukan dengan transcribing hasil dari pertanyaan terbuka. Hasil penilaian ditinjau dari aspek kemudahan penggunaan sudah cukup baik. Sebagian besar pengguna tidak pernah mengalami kesalahan pencarian informasi penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dibutuhkan ketika menggunakan sistem informasi manajemen LPPM. Namun, aspek memorability, efficiency, dan satisfaction masih pada kategori cukup buruk, sehingga perlu perbaikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adiyanta, F. C. S. (2019). Laporan penggunaan MKJP tahun 2018-2019. Adminitrative Law & Governance Journal, 2(4), 697–709.
Afriansyah, R. (2022). Sistem Informasi Manajemen Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Di P3KM Polman Negeri Babel. Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 11(1), 39–46. https://doi.org/10.32736/sisfokom.v11i1.1323
Ali, A., Pramana, E., & Tjandra, S. (2016). Evaluasi Heuristik Pada Web Based Learning. Jurnal Insand Comtech, 1(1), 17–26.
Aprilia, S., Wijaya, A., & Suryadi, S. (2014). Efektivitas Website Sebagai Media E-Government dalam Meningkatkan Pelayanan Elektronik Pemerintah Daerah (Studi Pada Website Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang). Wacana, Jurnal Sosial Dan Humaniora, 17(3), 126–135. https://doi.org/10.21776/ub.wacana.2014.017.03.3
Ardhana, V. Y. P. (2022). Evaluasi Usability E-Learning Universitas Qamarul Huda Menggunakan System Usability Scale (SUS). Journal of Informatics, Electrical and Electronics Engineering, 2(1), 5–11.
Astutik, F., & Muzakkir, M. (2020). Sistem Informasi Manajemen Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Lppm Ikip Mataram Dalam Meningkatkan Motivasi Riset Dosen Internal. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(1), 69. https://doi.org/10.33394/jtp.v5i1.2855
Blonteng, M. F., Sambul, A. M., & Paturusi, S. D. E. (2022). Analysis of user experience in University Academic Portal using system usability scale (a case study in INSPIRE Portal of Sam Ratulangi University). Jurnal Teknik Informatika, 17(3), 213–218.
Dewi, S. P., Dantes, G. R., & Indrawan, G. (2018). Evaluasi Usability Pada Aspek Satisfaction Menggunakan Teknik Kuesioner Pada Sistem Lms Program Keahlian Ganda. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(1), 60–70. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.13028
Fitriah, A. N. (2022). Evaluasi Sistem Informasi Dapodik Pada SDN 023 Penajam Paser Utara Mengunakan Metode Usability Testing. JURIKOM (Jurnal Riset Komputer), 9(2), 456–463. https://doi.org/10.30865/jurikom.v9i2.4086
Handiwidjojo, W., & Ernawati, L. (2016). Pengukuran Tingkat Ketergunaan (Usability) Sistem Informasi Keuangan. Juisi, 02(01), 49–55.
Hasan, T. F., Wahyuningrum, T., & Wardhana, A. C. (2013). Usability testing pada m-commerce menggunakan kuesioner use (usefulness, satisfaction, and ease of use) dan performance test (studi kasus : tokopedia). Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer (JTIIK), 9(4), 829–838. https://doi.org/10.25126/jtiik.202294753
Hidayat, T., & Suryayusra, S. (2022). Analisis E-learning Universitas Muhammadiyah Palembang Pada Mahasiswa Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Pengembangan Sistem Informasi Dan Informatika, 3(3), 116–126. https://doi.org/10.47747/jpsii.v3i3.811
Indriyanti, D. (2019). Learning management system pada pelatihan bidang kesehatan sebagai upaya percepatan pemenuhan tenaga kesehatan pada masa pandemi covid-19. Journal of Educational and Language Research, 1(1), 619–630.
Kamińska, D., Zwoliński, G., & Laska-Leśniewicz, A. (2022). Usability Testing of Virtual Reality Applications—The Pilot Study. Sensors, 22(4). https://doi.org/10.3390/s22041342
Laugi, S. (2018). Sistem Informasi berbasis Web dalam Penyelenggaran Lembaga Pendidikan. Shautut Tarbiyah, 38(1), 109–126.
Mashadi, M., Nurachmad, E., & Mulyana, M. (2019). Analisis Deskriptif Penilaian Website Perguruan Tinggi. JAS-PT (Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi Indonesia), 3(2), 97. https://doi.org/10.36339/jaspt.v3i2.278
Mashuri, C., Zein Vitadiar, T., Permadi, G. S., Mujianto, A. H., Ardiansyah, R., Putra, Y., & Putri, U. S. (2022). Penerapan Usability Testing dalam Mengukur Keefektifan Google Classroom sebagai Media Pembelajaran IMK. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 8738–8746.
Muawwal, A., Deversiana Wasi, A., & Renny. (2022). Evaluasi Penggunaan Website Halo Print Digital Menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal KHARISMA Tech, 17(1), 125–134. https://jurnal.kharisma.ac.id/kharismatech/
Murti, N. A. (2020). Analisis Usability Testing Pada Aplikasi Transportasi Online Untuk Mengukur Kepuasan Pengguna. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 7(1), 19. https://doi.org/10.30656/jsii.v7i1.2102
Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., & Aritonang, E. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6. https://doi.org/10.47709/elektriese.v12i01.1552
Nuantra, V. A., Mahmudah, M. J., Alvian, S., Hanif, C., Fadillah, M. R., Sacky, M. R., Kristanto, W., & Yuamita, F. (2022). Faktor Usability Testing Terhadap Penggunaan Presensi Di Web SIA UTY. Jurnal Teknologi Dan Manajemen Industri Terapan (JTMIT), 1(3), 173–182.
Nugroho, K. T., Julianto, B., & Nur MS, D. F. (2022). Usability Testing pada Sistem Informasi Manajemen AKN Pacitan Menggunakan Metode System Usability Scale. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 11(1), 74. https://doi.org/10.23887/janapati.v11i1.43209
Nyoman, I. D., Suputera, M., Pradnyana, I. M. A., & Resika, I. K. (2022). Usability testing pada sistem informasi akademik new generation (SIAK-NG) Undiksha menggunakan metode heuristic evaluation ditinjau dari pengguna mahasiswa. INSERT: Information System and Emerging Technology Journal, 3(1), 14–27.
Pitri, A., & Abdillah, L. A. (2021). Usability Testing untuk Mengukur Kepuasaan Pengguna Website Mailo Store. The Third Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS2021), 3(4), 852–863. https://conference.binadarma.ac.id/index.php/BDCCS/article/view/2870%0Ahttps://arxiv.org/abs/2207.00006
Prabowo, W. S., & Agustina, C. (2017). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Nilai Rapor Berbasis Web Pada SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Khatulistiwa Informatika, 5(1), 48–57.
Prastya, N. M. (2017). Pemanfaatan Situs Web Resmi Lembaga Pendidikan sebagai Sumber Berita oleh Wartawan Surat Kabar Lokal di Yogyakarta. Jurnal The Messenger, 9(2), 131. https://doi.org/10.26623/themessenger.v9i2.509
Putra, M. G. L., Renaldi, M., & Natasia, S. R. (2021). Evaluasi dan Redesign Website Pendidikan Tinggi dengan Menerapkan User Experience Lifecycle. Jurnal Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 8(2), 419. https://doi.org/10.25126/jtiik.2021824367
Ramadhania, N. A., Hadining, A. F., & Winarno, W. (2021). Usability Testing Pada Website D’bucket Karawang Menggunakan Nielsen Model. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.31539/intecoms.v4i1.1909
Sapiutra, E., Mazalisa, Z., & Andryani, R. (2014). Usability Testinguntuk Mengukur Penggunaan Websiteinspektorat Kota Palembang. Jurnal Teknik Informatika, 12(1), 4–9.
Selvi, & Oktarina, R. (2021). Usability tool evaluation using usability testing method at pt media dokter investama (Halodoc indonesia). Proceedings of the International Conference on Industrial Engineering and Operations Management, 6020–6032.
Setiawan, A., & Widyanto, R. A. (2018). Evaluasi Website Perguruan Tinggi menggunakan Metode Usability Testing. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 295–299. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.912
Setiyaji, O. R., Anggitya, P. T., & Musta’an. (2017). Pemanfaatan website sebagai media penyedia informasi dan promosi universitas Sahid Surakarta ( Studi Deskriptif Kualitatif Pemanfaatan Website Sebagai Media Penyedia Informasi Dan Promosi Universitas Sahid Surakarta ). Jurnal Komunitas, 5(1), 11–22.
Siahaan, V. B., & Kardian, R. (2019). Penerapan Algoritma K-Means Untuk Analisis Tracer Alumni Universitas Gunadarma Jurusan Sistem Informasi dan Sistem Komputer Angkatan 2013. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 18(September), 215–228.
Sufandi, U. U., Priono, M., Aprijani, D. A., Wicaksono, B. A., & Trihapningsari, D. (2022). Uji Usability Fungsi Aplikasi Web Sistem Informasi Dengan Use Questionnaire (Studi Kasus : Aplikasi Web Sistem Informasi Tiras dan Transaksi Bahan Ajar). Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 19(1), 24–34.
Sukmasetya, P., Setiawan, A., & Arumi, E. R. (2020). Penggunaan Usability Testing Sebagai Metode Evaluasi Website Krs Online Pada Perguruan Tinggi. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(1), 58–67. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i1.24691
Supriyatna, A. (2019). Penerapan Usability Testing Untuk Pengukuran Tingkat Kebergunaan Web Media of Knowledge. Teknois: Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Dan Sains, 8(1), 1–16. https://doi.org/10.36350/jbs.v8i1.17
Uska, M. Z., Usuluddin, & Sriatni, S. (2019). Usability Testing Method: Efisiensi, Efektivitas dan Kepuasan Pengguna Terhadap Website SMKN 1 Praya. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(2), 91–98. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i2.1708
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v5i2.11509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: