Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Materi Peredaran Darah Manusia

Donna Rhamdan

Abstract


Abstract: The objectives in this development are Producing products in the form of android-based learning media on the material human blood circulation feasible and practical for students to use. Models used in development research this is a 4-D model consisting of Define, Design, Development, and Disseminate. The questionnaire used is a questionnaire expert validation for product feasibility assessments and student questionnaires to view practicality of the product. Technique The analysis of the data used in the study includes several steps, namely data analysis, data tabulation, and interpreting questionnaire percentages. The validation results obtained are expressed in the form of a percentage of both material expert validation and media experts. The results of the trial results are presented and categorized its practicality. So that with this research it is hoped that it can be produce media that has been declared viable and practical. Media Eligibility Android-Based Learning on Human Circulatory Materials reviewed Through the validation stage of media experts and material experts, obtaining average results Media expert validation obtained a percentage of 82%, material validation obtained percentage 86%,. Based on these results, Based Learning Media Android on Human Circulatory Matter is declared very worthy of Used. Practicality of Android-Based Learning Media on Blood Circulation Materials Humans are in the very practical category. This is evidenced by The results of the questionnaire obtained a percentage score of 83%.


Abstrak: Tujuan dalam pengembangan ini adalah mengahasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis android pada materi peredaran darah manusia yang layak dan praktis untuk digunakan siswa. Model yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D terdiri dari Define, Design, Development, and Disseminate. Angket yang di gunakan yaitu angket validasi ahli untuk penilaian kelayakan produk dan angket siswa untuk melihat kepraktisan produk. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup beberapa langkah, yaitu analisis data, tabulasi data, dan menafsirkan presentase angket. Hasil validasi yang diperoleh dinyatakan dalam bentuk presentase baik dari validasi ahli materi dan ahli media. Hasil uji coba hasilnya dipresentasekan dan dikategorikan kepraktisannya. Sehingga dengan penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan media yang sudah dinyatakan layak dan praktis. Kelayakan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Peredaran Darah Manusia yang ditinjau melalui tahap validasi ahli media dan ahli materi, memperoleh hasil rata-rata Validasi ahli media diperoleh presentase 82%, validasi materi diperoleh presentase 86%,. Berdasarkan hasil tersebut maka Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Peredaran Darah Manusia dinyatakan sangat layak untuk digunakan. Kepraktisan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Materi Peredaran Darah Manusia berada pada kategori sangat praktis. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil angket memperoleh skor persentase sebesar 83%.


Keywords


Learning Media Android

Full Text:

PDF

References


Destiniar, D., Rohana, R., & Ardiansyah, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android Pada Materi Turunan Fungsi Aljabar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(3), 1797. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i3.4050

Hasan, M. M. D. H. K. T. (2021). Media Pembelajaran. In CV Tahta Media Group (Issue Mei). CV Tahta Media Grup.

Herzamzam, D. A. (2018). the Effectiveness of Educational Games in Math Learning in Elementary School. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 2(2), 21–25. https://doi.org/10.20961/jdc.v2i2.26274

Isnarto, Abdurrahman, & Sugianto. (2017). Pengembangan laboratorium media pembelajaran berbasis kebutuhan sekolah. Jurnal Profesi Keguruan, 3(2), 244–252. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpk/article/view/14274/7739

Istiq’faroh, N., & Aliyah, A. (2022). Pengembangan Media Flipbook Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Fabel Pada Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar. Jurnal Muassis Pendidikan …, 1, 1–9. https://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd/article/view/3%0Ahttps://muassis.journal.unusida.ac.id/index.php/jmpd/article/download/3/14

Khaidir, A., Alawiyah, T., & Pratami, A. (2022). Pengaruh Kebiasaan dalam Belajar terhadap Hasil Belajar Fiqih Siswa Kelas VII MTs Parmiyatu Wassaadah Sambirejo Timur Tahun Pembelajaran 2020/2021. Jurnal Taushiah FAI UISU, 12(1), 17–30.

Lutfiansyah. (2016). Penggunaan Aplikasi Mobile Pembelajaran Bahasa Inggris Android Pada Pembelajaran Bahasa Inggris. Eduscience, 2(1), 16–21.

Magdalena, I., Fatakhatus Shodikoh, A., Pebrianti, A. R., Jannah, A. W., Susilawati, I., & Tangerang, U. M. (2021). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 3(2), 312–325. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi

Meilana, J. R., Nyeneng, I. D. P., & Suana, W. (2017). Pengembangan Modul Mobile Learning Berbasis Android Pada Materi Fluida Statis Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 1–13.

Rhamdan, D., Bill, H., & Arman, A. (2019). Pengembangan Media Smart Window and Wall Pictures Dalam Pemahaman Berita Hoax Di Sd Se-Kecamatan Malinau Kota. Jurnal Pendidikan Dasar Borneo, 01(1), 16–26. http://jurnal.borneo.ac.id/index.php/judikdas/article/viewFile/1259/892

Samsinar. (2020). Mobile Learning: Inovasi Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19. Al-Gurfah : Journal of Primary Education, 1(1), 41–57.

Sapriyah. (2019). Peran Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Diklat Review : Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 2(1), 470–477. https://doi.org/10.35446/diklatreview.v3i1.349

Sari, N. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Pembelajaran Tematik Kelas IV Tema 6 Subtema 1 di Sekolah Dasar. JGK (Jurnal Guru Kita), 5(2), 33–43.

Setyawati, R. (2022). Pembelajaran dengan Media Berbasis Android pada Materi Sistem Pencernaan Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Songgokerto 01 Batu. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora, 1(4), 109–127.

Subekti, A. (2017). Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Sehat itu Penting. In Pusat Kurikulum Dan Perbukuan, Balitbang (Edisi Revi). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Zahwa, F. A., & Syafi’i, I. (2022). Pemilihan Pengembangan Media Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 19(01), 61–78. https://www.journal.uniku.ac.id/index.php/Equilibrium.

Zuhdan K Prasetyo. (2013). Prosiding Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.12466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: