Analisis Peranan Teknologi Dalam Pembelajaran Sains Pada Siswa SMA

Singgih Baktiarso, I Ketut Mahardika, Azzurrel Lady Arafah, Dinda Tri Ariyani, Seka Arum Ferlita, Ainun Fitriya Nurhasanah

Abstract


Abstract:  Technology is a means of providing goods necessary for human survival. The purpose of this study was to analyze the role of technology in learning science for students. The method used in this study is literature review so that the results obtained are in the form of qualitative descriptions with data analysis using sentence translation. The results obtained are based on the literature study that has been carried out, namely technology has such an important role and impact on science learning in high school students. The application of technology in science learning today includes e-learning in the form of classrooms, zoom, teacher's rooms and others. In addition, technology in education can have both positive and negative impacts.

Abstrak: Teknologi adalah sarana penyediakan barang-barang yang diperlukan bagi kelangsungan hidup manusia. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peranan teknologi dalam pembelajaran sains pada peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kajian pustaka sehingga hasil yang didapatkan berupa deskripsi kualitatif dengan analisis data menggunakan penjabaran kalimat. Hasil yang didapat berdasarkan studi literatur yang telah dilakukan, yaitu teknologi memiliki peran dan dampak yang begitu penting terhadap pembelajaran sains pada siswa SMA. Penerapan teknologi dalam pembelajaran sains pada sekarang ini di antaranya e-learning yang berupa classroom, zoom, ruang guru serta lainnya. Selain itu teknologi dalam dunia pendidikan dapat memberi dampak positif maupun dampak negative.

Keywords


Education; Technology; Science

Full Text:

PDF

References


Abi Hamid, M., Ramadhani, R., Masrul, M., Juliana, J., Safitri, M., Munsarif, M., & Simarmata, J. (2020). Media pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Akun, J. C. A., & Mohamad, F. S. (2018). Ke Arah Keberkesanan Penggunaan Teknologi Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Sains: Peranan Guru Sebagai Penguasa Pengetahuan. Konvensyen Kebangsaan Kali Ke-2: Program Transformasi Sekolah 2025 [TS25] Tahun 2018.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya pendidikan bagi manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66-72.

Habibah, S. (2017). Implikasi filsafat ilmu terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. DAR EL ILMI: Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 4(1), 166- 180.

Hanifah Salsabila, U., Irna Sari, L., Haibati Lathif, K., Puji Lestari, A., & Ayuning, A. (2020). Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 17(2), 188–198.

Harto, M., dan Misbah. (2020). Kajian Literatur Inovasi Pembelajaran Sains di Masa Pandemi Covid. Jurnal Vidya Karya, (35)2.

Lestari, S. (2018). Peranan teknolpgi dalam pendidikan di era globalisasi. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam , 2 (2), 94-100.

Marufah, N., Rahmat, H. K., & Widana, I. D. K. K. (2020). Degradasi Moral sebagai Dampak Kejahatan Siber pada Generasi Millenial di Indonesia. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 7(1), 191-201.

Nurfadhillah, S. (2021). Media Pembelajaran di Jenjang SD. CV Jejak (Jejak Publisher). Nurmadiah, N. (2016). Media pendidikan. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Patimah, P., & Suprihadi, D. (2021). Teknologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Teknologi Pembelajaran, 6(2).

Prayoga, K. (2022). Peran Teknologi dalam Pembelajaran Sains di Masa Pandemi Covid-19.

Konferensi Integrasi Interkoneksi Islam dan Sains, 4(1), 340-344.

Saifuddin, M. F. (2018). E-learning dalam persepsi mahasiswa. Jurnal Varidika, 29(2), 102-109.

Salsabila, U. H., dan N. Agustian. (2021). Peran Teknologi dalam Pembelajaran. Islamika : Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan,3(1), 123-133.

Syakhrani, A. W., Maulani, A., Saubari, A., Yusuf, M., & Ilham, M. (2022). Sistem Pendidikan Di Negara Maju Amerika Serikat. Adiba: Journal Of Education, 2(3), 311-317.

Tobin, K., Khozim, M., Widowatie, D. S., & Rizal, M. (2021). Muatan Sains Pembelajar Bahasa Inggris dan Keterkaitan Kelancaran Teknologi dengan Kemelekan Ilmiah: Handbook Pengajaran dan Pembelajaran Sains. Nusamedia.

Wibawanto, H. (2022). Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pembelajaran Sains. Makalah Keynote Speaker Seminar Nasional Pendidikan IPA 2017.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.12486

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: