Fisika Dalam Game : Konsep Resultan Vektor Gaya Pada Karakter Fanny Di Mobile Legends

Satriyo Iman Santoso, Iqbal Maulana Saputra, Bayu Setiaji

Abstract


Abstract:  Mobile Legends: Bang Bang game is one of the games that is still popular with people in the Southeast Asian region, including Indonesia. The characters in Mobile Legends: Bang Bang are very varied with different roles and difficulty levels. In this study, researchers analyzed one of the characters in the mobile legends bang bang game, namely Fanny, in terms of the application of physics concepts. The purpose of this study is to analyze physics concepts, especially vector material on the character Fanny in the Mobile Legends: Bang Bang game. This research uses qualitative research methods with a descriptive approach.  Data collection is carried out through observation, interviews, and documentation online. Where the resource person or informant in this research is a physics education student. The concept of vector is found in the use of abilities in the form of launching ropes on the character Fanny. Where vectors are quantities that have values and directions. The summation of two or more vectors is called a resultant vector. The magnitude of the vector Resultant is determined using two methods, namely the graphic and analytical methods. The results of this study are expected to explain the concept of physics in the mobile legends bang bang game and can be applied as material for learning physics.

Abstrak: Game Mobile Legends: Bang Bang merupakan salah satu permainan  yang hingga kini masih digemari masyarakat di kawasan asia tenggara tidak terkecuali Indonesia. Karakter pada game Mobile Legends: Bang Bang sangat bervariasi dengan peran dan tingkat kesulitan yang berbeda. Dalam penelitian ini peneliti menganalisis salah satu karakter dalam game Mobile Legends Bang Bang yaitu Fanny ditinjau dari penerapan konsep fisika. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis konsep fisika khususnya materi vektor pada karakter Fanny di game Mobile Legends: Bang Bang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif.  Pengambilan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi secara daring. Dimana yang menjadi narasumber atau informan dalam penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika. Penelitian ini memberikan gambaran bahwa dalam game Mobile Legends: Bang Bang terdapat konsep yang berkaitan dengan fisika yaitu vektor. Konsep vektor terdapat dalam penggunaan kemampuan berupa peluncuran tali pada karakter Fanny. Dimana vektor merupakan besaran yang mempunyai nilai dan arah. Penjumlahan dari dua vektor atau lebih disebut resultan vektor. Besarnya Resultan vektor ditentukan dengan menggunakan dua metode, yaitu metode grafis dan analitis. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat menjelaskan konsep fisika pada game Mobile Legends Bang Bang dan bisa diterapkan sebagai bahan pembelajaran fisika.


Keywords


vektor;mobile legends;gaya;resultan

Full Text:

PDF

References


Bollen, L., Van Kampen, P., Baily, C., Kelly, M., & De Cock, M. (2017). Student difficulties regarding symbolic and graphical representations of vector fields. Physical Review Physics Education Research, 13(2), 1–17. https://doi.org/10.1103/PhysRevPhysEducRes.13.020109

Bollen, L., Van Kampen, P., & De Cock, M. (2015). Students’ difficulties with vector calculus in electrodynamics. Physical Review Special Topics - Physics Education Research, 11(2), 1–14. https://doi.org/10.1103/PhysRevSTPER.11.020129

Gunawan, D. C., & P, A. J. W. (2021). Pengaruh Brand Image Dan Brand Experience Terhadap Customer Satisfaction Dan Customer Loyalty Pada Game E- Sports Mobile Legends Bang Bang Di Surabaya. 10. https://doi.org/10.33508/jumma.v10i2.3611

Handhika, J., Kurniadi, E., & Ahwan, A. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Pokok Bahasan Analisis Vektor Melalui Inkuiri Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Keilmuan (JPFK), 2(1), 12. https://doi.org/10.25273/jpfk.v2i1.20

Harefa, A. R. (2019). Peran ilmu fisika dalam kehidupan sehari-hari. Jurnal Warta, 60(April), 1–10.

Irfan, A. (2018). Asumsi-Asumsi Dasar Ilmu Pengetahuan Sebagai Basis Penelitian Pendidikan Islam. Forum Ilmiah, 15(2), 290–299. https://www.esaunggul.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/9.-Asumsi-Asumsi-Dasar-Ilmu-Pengetahuan-Sebagai-Basis-Penelitian-Pendidikan-Islam.pdf

Irsyadsyah, M., & Prabowo. (2015). Pengembangan Alat Peraga Resultan Gaya Sebagai Media Pembelajaran Fisika Materi Pokok Kesetimbangan Partikel. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 04(02), 45–49.

Latifah, U., & Kristiana, N. (2021). Analisis Visual Karakter Gatotkaca Dalam Game Mobile Legends Bang Bang. Visualita Jurnal Online Desain Komunikasi Visual, 9(2), 15. https://doi.org/10.34010/visualita.v9i2.3449

Maghfiroh, A., & Kuswanto, H. (2022). Benthik Android Physics Comic Effectiveness for Vector Representation and Crtitical Thinking Students’ Improvement. International Journal of Instruction, 15(2), 623–640. https://doi.org/10.29333/iji.2022.15234a

Muna, I. A. (2016). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa Pgmi Pada Konsep Hukum Newton Menggunakan Certainty of Response Index (Cri). Cendekia: Journal of Education and Society, 13(2), 309. https://doi.org/10.21154/cendekia.v13i2.251

Saputri, D. E., Shodiqin, M. I., & Kurniawan, B. R. (2019). Pemahaman Konsep Vektor Mahasiswa Calon Guru. Seminar Nasional Pendidikan Fisika Dan Pembelajarannya, 41–47.

Saragih, A. (2022). Mengkaji Mekanika Terapan. P-ISSN 2797-9709e-ISSN 2797-989XVolume 2 No. 2 Juli 2022SKYLANDSEA PROFESIONAL Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Teknologi, 2(2), 26–28.

Sirait, J., Hamdani, & Oktavianty, E. (2017). Analysis of pre-service physics teachers’ understanding of vectors and forces. Journal of Turkish Science Education, 14(2), 82–95. https://doi.org/10.12973/tused.10200a

Tanjung, C. A., Hermawati, F. As., & Indasyah, E. (2019). KONVERGENSI Volume 15, Nomor 1, Januari 2019 Aplikasi Metode Fuzzy Mamdani Untuk Penentuan. 15.

Yang, P., Harrison, B., & Roberts, D. L. (2014). Identifying Patterns in Combat that are Predictive of Success in MOBA Games. Proceedings of Foundations of Digital Games 2014, 1–8.




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.12778

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: