Pengembangan E-Modul Fisika Berbasis Kearifan Lokal Berbantuan Flip PDF Corporate di SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-modul fisika berbasis kearifan lokal berbantuan Flip PDF Corporate yang valid, praktis dan memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian pengembangan (Development Research/DR) dengan model pengembangan Rowntree yang terdiri dari tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, tahap pengembangan dan tahap evaluasi. Tahap evaluasi menggunakan evaluasi formatif Tessmer ( self evaluation, expert review, one to one, small group dan fielt test). Hasil analisis data expert review menunjukan bahwa e-modul fisika yang dikembangkan mendapat persentase kevalidan sebesar 88% dengan kategori sangan valid. Tahap one to one memperoleh rata-rata sebesar 90% dengan interprestasi sangat praktis. Tahap small group memperoleh nilai rata-rata sebesar 84,6 dengan interprestasi sangat praktis. Berdasarkan nilai pretest-postest peserta didik memperoleh rata-rata N-Gain skor sebesar 0,72 dengan kategori tinggi dan rata-rata persentase N-Gain sebesar 68,52 dengan kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan bahwa e-modul fisika berbasis kearifan lokal berbantuan Flip PDF Corporate valid, praktis serta memiliki efek potensial terhadap hasil belajar peserta didik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Atmaja, A. T., Murtadho, N., & Akbar, S. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Kearifan Lokal dan Kecakapan Hidup. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1673. https://doi.org/10.17977/jptpp.v6i11.15104
Dewi, A., Hakim, L., & Lia, L. (2022). Development of Circular Motion E-Module Using Canva in Physics Subjects in High School. Konstan - Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 7(1), 25–31. https://doi.org/10.20414/konstan.v7i01.127
Feriawati, P., & Kusuma, A. P. (2020). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. Pengaruh Penggunaan Pasta Labu Kuning (Cucurbita Moschata) Untuk Substitusi Tepung Terigu Dengan Penambahan Tepung Angkak Dalam Pembuatan Mie Kering, 15(1), 274–282.
Hakim, L. (2016). Pemerataan akses pendidikan bagi rakyat sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 53–64.
Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424
Lia, A. W. dan L. (2020). Pengembangan Komik Fisika Berbasis Kearifan Lokal Palembang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 11(1), 37–46. https://doi.org/10.26877/jp2f.v11i1.4187
Maharani, D., & Kristian, I. (2021). Konservasi Moral Dan Pembentukan Karakter Menuju Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(3), 49–59. http://jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/view/16%0Ahttp://jurnaldialektika.com/index.php/piani/article/download/16/17
Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2018). Pengembangan e-modul fisika berbasis problem based learning ( pbl ) untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Quantum, 25, 1–13. http://seminar.uad.ac.id/index.php/quantum/article/view/226
Modul, P., Mata, O. P., Rangkaian, K., Ii, E., Elektro, P. T., Elektro, T., Teknik, F., Surabaya, U. N., Elektro, J. T., Teknik, F., & Surabaya, U. N. (2013). Di Jurusan Teknik Elektro Universitas Negeri Surabaya Fulca Ugratara Kharisma Putra Nur Kholis. 507–511.
Nisa, A. H., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 14–25. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
Njatrijani, R. (2018). 3580-10649-3-Pb. Gema Keadilan, 5(September), 16–31.
Prawiladilaga, S. (2008). Prinsip Desain Pembelajaran (Intructional Desain Principles).
Rahayu, D. S., Gunawan, Y. A. U., Fitriana, D. A., Sari, Y. A. S., & Ariska, W. S. (2022). Pengembangan Prototipe E-Modul Matematika Berorientasi HOTS pada Materi Transformasi Geometri Kelas IX. Mathema Journal, 4(1), 39–49. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/1805/790
Ramadhani, D., & Lestari, I. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Listrik Magnet Berbasis Android Di Program Studi Pendidikan. Jurnal PMIPA, 9 No 1, 99, 99–107. http://jurnal.untan.ac.id/index.php/PMP/article/view/23703
Sesmiyanti, S., Antika, R., & Suharni, S. (2019). N-Gain Algorithm for Analysis of Basic Reading. https://doi.org/10.4108/eai.19-7-2019.2289527
Wati, M., Apriani, R., Misbah, M., Miriam, S., & Mahtari, S. (2021). Pengembangan E-Modul Suhu Dan Kalor Bermuatan Kearifan Lokal Melalui Aplikasi Sigil. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 8(1), 112–121. https://doi.org/10.36706/jipf.v8i1.11107
Yusri, D. R. L., Permana, D., & Arnawa, I. M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(4), 2859. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i4.4367
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.13011
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: