Pengembangan Video Pembelajaran Berbantuan Sparkol Videoscribe untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa di SMA
Abstract
Abstract: This study aims to develop sparkol videoscribe-assisted learning videos that can improve students' science process skills in high school, as well as to determine the level of validity, practicality and potential effects of the developed learning videos. The method used is research and development (R&D) with the rowntree research model (planning, developing and evaluating). The research subjects for class X8 SMA Negeri 12 Palembang totaled 32 students. The object of research is Sparkol videoscribe-assisted learning videos. The research instruments used were validation sheets, practice response questionnaires, pretest and posttest questions. The results of the study show 1) The learning videos developed are very valid 92%. 2) Instructional videos develop practically 78.5% at the one to one stage, and 78.6% at the Small Group stage. 3) The developed learning videos have the potential to influence science process skills with an N-gain of 0.58 in the medium category. It can be concluded that the sparkol videoscribe assisted learning videos are declared valid, practical and have potential effects so that the products developed by researchers are suitable for use in further learning activities.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran berbantuan sparkol videoscrobe yang dapat meningkatkan keterampilan proses sains siswa, serta untuk mengetahui tingkat kevalidan, kepraktisan dan efek potensial dari video pembelajaran yang dikembangkan. Metode yang digunakan yaitu penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model penelitian rowntree (perencanaan, pengembangan dan evaluasi). Subjek penelitian kelas X8 di SMA Negeri 12 Palembang sebanyak 32 peserta didik. Objek penelitian video pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar validasi, angket respon kepraktisan, serta soal Pretest dan Posttest. Hasil penelitian menunjukkan 1) Video pembelajaran yang dikembangkan sangat valid dengan persentase 92%. 2) Video pembelajaran yang dikembangkan praktis dengan persentase 78,5% pada tahap one to one, dan 78,6% pada tahap Small Group. 3) Video pembelajaran yang dikembangkan memiliki efek potensial terhadap keterampilan proses sains dengan N-gain 0,58 dikategorikan sedang. Dapat disimpulkan bahwa video pembelajaran berbantuan sparkol videoscribe dinyatakan valid, praktis dan memiliki efek potensial sehingga produk yang dikembangkan oleh peneliti layak digunakan pada kegiatan pembelajaran kedepannya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Al Munawarah, R. (2019). Sparkol Videoscribe Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 8(2), 430–437.
Amnie, D. (2014). Pengaruh Keterampilan Proses Sains Terhadap Penguasaan Konsep Siswa Pada Ranah Kognitif. Jurnal Pembelajaran Fisika, 2(7), 123–137.
Anwar, P. I. (2021, November 04). Problematika Pembelajaran Fisika dimasa Pandemi. Tribun Sumber.
Cahyono, B. A. D., Sutarto, & Mahardika, I. K. (2017). Transfering ) disertai Media Video Kejadian Fisika Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika di SMA ( REACT Learning Model ( Relating , Experiencing , Applying , Cooperating , Science and Student Achievement in P. Jurnal Edukasi, 4(3), 20–24.
Daryanto. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Gava Media.
Depdiknas. (2006). Standar Isi Satuan Pendidikan. 44(8), 1689–1699.
Kelana, J. B., Muftianti, A., & Samsudin, A. (2020). P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi. Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi P2M STKIP Siliwangi, 3(2), 1–6.
Maiyena, S., & Haris, V. (2017). Praktikalitas Video Tutorial pada Matakuliah Eksperimen Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 75–83. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v6i1.647
Mubarok, I., Studi, P., Fisika, P., & Siliwangi, U. (2020). Edufisika : Jurnal Pendidikan Fisika Volume 5 Nomor 2 , Desember 2020. 5(2003).
Mujib, U. (2016). Pengembangan LKPD Fisika Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Keterampilanberpikir Tingkat Tinggi. Jurnal EduFisika, 1(2), 9–20.
Nugroho, T. A. T. (2015). Pengaruh media video pembelajaran terhadap keterampilan proses dan hasil belajar ipa di kelas V SD Negeri Rejowinangun 1 yogyakarta. Proceedings of the National Academy of Sciences, 3(1), 1–15. http://dx.doi.org/10.1016/j.bpj.2015.06.056%0Ahttps://academic.oup.com/bioinformatics/article-abstract/34/13/2201/4852827%0Ainternal-pdf://semisupervised-3254828305/semisupervised.ppt%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.str.2013.02.005%0Ahttp://dx.doi.org/10.10
Pribadi, B. A. (2017). Media dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Putri, K. E. (2019). Pengujian Validitas E-Learning Menggunakan Portal Pembelajaran Mahasiswa Untuk Mata Kuliah Konsep Dasar Ipa 1 Di Program Studi Pgsd Un Pgri Kediri. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(2), 67. https://doi.org/10.26740/jppipa.v3n2.p67-71
Romadhona, N. F., & Rusijono. (2016). Evaluasi Ketepatan Pemilihan Media Pembelajaran yang Digunakan Guru pada Kelas VII dan VIII SMP Kemala Bhayangkari 1 Surabaya. Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, 7(2), 1–8.
Sintya, Y. R., Sutadji, E., & Djatmika, E. T. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Pembelajaran Tematik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(8), 1105. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i8.13905
Sudiarta, I. G. P., & Sadra, I. W. (2016). Pengaruh Model Blended Learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 49(2), 48. https://doi.org/10.23887/jppundiksha.v49i2.9009
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Udin, M., Arsyad, M., & Khaeruddin. (2012). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Melalui Model Pembelajaran Berdasarkan Science Skills Through Process Improvement Model Based. Pendidikan, I, 139–147.
Umayak, L. (2021). Analisis Ketercapaian Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Lkpd Berbasis Saintifik Menggunakan Media Video Case Pada Materi Impuls Dan Momentum Lilis Umayak , Jurubahasa Sinuraya * Program Studi Pendidikan Fisika , Universitas Negeri Medan ANALYSIS OF. 2, 99–103.
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.13076
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: