Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation-Guided Inquiry pada Materi Energi dalam Sistem Kehidupan terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP
Abstract
Abstract: The purpose of this study was to examine the effect of the GI-GI learning model on the critical thinking skills of students at SMP Negeri 12 Jember. The implementation of this research was due to the rapid development in the education sector so that students needed 21st century skills. One of the skills that was needed especially for students of SMP Negeri 12 Jember was critical thinking skills because students were less active in learning activities. In addition to the importance of skills for students, learning materials must also be mastered, especially science subjects, the subject of energy in living systems which is considered to need to be studied optimally because it is considered quite difficult to understand. The type of research used is an experiment with a non-equivalent control group design. The sample uses two classes, namely class VIIA as the control class and VIIE as the experimental class. The data obtained from the independent sample t-test showed that the sig. (2-tailed) is 0.000, so there is an influence of the GI-GI learning model on students' critical thinking skills.
Abstrak: Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran GI-GI terhadap keterampilan berpikir kritis siswa SMP Negeri 12 Jember. Pelaksanaan penelitian ini disebabkan karena seiring pesatnya perkembangan pada sektor pendidikan sehingga siswa memerlukan keterampilan abad 21. Salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan terutama siswa SMP Negeri 12 Jember adalah keterampilan berpikir kritis karena siswa kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran. Selain pentingnya keterampilan bagi siswa, materi pembelajaran juga harus dikuasai terutama mata pelajaran IPA materi energi dalam sistem kehidupan yang dianggap perlu dipelajari secara optimal karena cukup sulit dipahami. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Sampel menggunakan dua kelas yaitu kelas VIIA sebagai kelas kontrol dan VIIE sebagai kelas eksperimen. Data yang diperoleh pada uji independent sample t-test bahwa nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 maka ada pengaruh model pembelajaran GI-GI berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa.Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adinda, A. (2016). Berfikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. In Logaritma: Jurnal Ilmu-ilmu Pendidikan (Vol. 4, Issue 01, pp. 125–138).
Aini, Z., Ramdani, A., & Raksun, A. (2018). Perbedaan Penguasaan Konsep Biologi Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Pada Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dan Guided Inquiry Di Man 1 Praya. Jurnal Pijar Mipa, 13(1), 19–23. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i1.466
Handayanti, A., Rohmatika, L., Ayudatami, I. A., & Sari S. N. I. (2018). Identifikasi keterampilan berpikir kritis siswa SMP di Kabupaten Jember. Prosiding Seminar Nasional PPM 2018, Universitas Negeri Surabaya, 592-596.
Hidayati, N., Ferazona, S., Desti, D., & Idris, T. (2021). 4Cs’ (Critical Thinking, Communication, Collaboration, Creativity) pada Era Revolusi Industri 4.0: Pentingnya Mengenalkan Keterampilan ini Bagi Guru SMPN 1 Kuok. Community Education Engagement Journal, 3(1), 30–38. https://doi.org/10.25299/ceej.v3i01.7822
Indrawati, I. (2015). Model GI-GI: Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis SCL dan Scientific Approach untuk Pembelajaran Perkuliahan Strategi Belajar Mengajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains, Jurusan Pendidikan Sains Program Pascasarjana UNESA.
Indrawati, I., Sutarto, S., Mahardika, I. K., Haryanto, A., & Wicaksono, I. (2017). The Impact of GI-GI Model on the Ability of Developing Lesson Plan and PCK of Physics Prospective Teacher Undergraduate Students. International Journal of Research in Humanities and Social Studies, 4(9, 6-15.
Labibah, R. M., & Ernawati, T. (2017). Pengaruh penggunaan peta konsep terhadap hasil belajar IPA ditinjau dari kemampuan berpikir kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 4(2), 19–25.
Meryastiti, V., & Ridlo, Z. R. (2017). Identifikasi Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Ipa Siswa Smp Negeri 1 Glenmore. Jurnal Pendidikan, 1, 240–256.
Nasihah, E. D., Supeno, S., & Lesmono, A. D. (2020). Pengaruh Tutor Sebaya Dalam Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Fisika Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(1), 44. https://doi.org/10.24127/jpf.v8i1.1899
Nasirotul’Uma, Z., Indrawati, I., & Yushardi, Y. (2017). Model Gi-Gi (Group Investigation-guided Inquiry) Dalam Pembelajaran Elastisitas Di SMA (Studi Pada Keterampilan Proses Sains Dan Hasil Belajar Siswa). Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 144–150.
Palupi, D. D., Sugiarti, T., & Kurniati, D. (2017). Proses Berpikir Kritis dalam Memecahkan Masalah Terbuka berbasis Polya Sub Pokok Bahasan Persegi Panjang dan Persegi Siswa Kelas VII-B SMP Negeri 10 Jember. Kadikma, 8(3), 162-172.
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi Meningkatkan Kompetensi 4C (Critical Thinking, Creativity, Communication, & Collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41–52. https://doi.org/10.21831/jpipfip.v14i1.35810
Setyorini, U., Sukiwo, S. E., & Subali, B. (2011). Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(1), 52-66.
Solihin, M. W., Prastowo, S. H. B., & Supeno, S. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(3), 299-306.
Supeno, S., Bektiarso, S., & Munawaroh, A. (2018). Pengembangan Pocketbook berbasis Android untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA. Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF), 2, 76–83.
Wahono, R. H. J., Supeno, S., & Sutomo, M. (2022). Pengembangan E-LKPD dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(5), 8331–8340. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3743
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.13679
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: