Analisis Usability Engineering Pada Aplikasi CBT Program Studi Akuntansi SMK Muhammadiyah 10 Jakarta

Tri Hartati, Reni Widyastuti

Abstract


Abstract:  The computer-based exam application is a test implementation system that is carried out using computer media. The computerized exam system has several supporting aspects that can facilitate teachers and students in the access process. As in the Muhammadiyah 10 SMK accounting study program which has used CBT in implementing PTS (Penilaian Tengah Semester) and PAS (Penilaian Akhir Semester) since the 2019-2020 school year, coinciding with the Covid -19 pandemic where the government required the implementation of remote teaching and learning activities to reduce the spread of the virus in the school environment. Usability analysis needs to be done with the aim of improving the quality of the system used. The usability engineering method used is a method adopted from the usability engineering lifecycle which consists of platform constraints, general design principles, conceptual models, and screen design stages. The results of this study are in the form of information on the feasibility of the CBT application so that this computer-based exam system can still be used at SMK Muhammadiyah 10 Jakarta.

Abstrak: Aplikasi ujian berbasis komputer merupakan sistem pelaksanaan ujian yang dilakukan dengan menggunakan media komputer. Sistem ujian yang terkomputerisasi memiliki beberapa aspek pendukung yang dapat memudahkan guru maupun siswa dalam proses aksesnya. Seperti pada program studi akuntansi SMK Muhammadiyah 10 yang telah menggunakan CBT dalam pelaksanaan PTS (Penilaian Tengah Semester) maupun PAS (Penilaian Akhir Semester) sejak tahun ajaran 2019-2020, bertepatan dengan pandemi covid -19 dimana pemerintah mewajibkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar jarak jauh untuk mengurangi sebaran virus dilingkungan sekolah. Analisis usability perlu dilakukan dengan tujuan meningkatkan kualitas sistem yang digunakan. Metode usability engineering yang digunakan merupakan metode yang diadopsi dari usability engineering lifecycle yang terdiri dari tahapan platform constraints, general design principles, conseptual model, dan screen design. Hasil dari penelitian ini berupa informasi kelayakan aplikasi CBT sehingga sistem ujian berbasis komputer ini masih dapat digunakan pada SMK Muhammadiyah 10 Jakarta.


Keywords


usability engineering, aplikasi cbt, sistem informasi

Full Text:

PDF

References


Astini. (2020). Tantangan Dan Peluang Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Online Masa Covid-19. Jurnal Ilmu Pendidikan, 79 - 88.

Gadsdon. (2010). Moodle 1,9 Theme Design: Beginner's Guide. Birmingham UK: Packt Publishing Ltd.

Karfindo, Firlan Mustafa. (2017). Pengembangan Aplikasi Computer Based Test (CBT) Untuk Sekolah Menegah Atas (SMA). Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi-UNIPDU, 42-48.

Kenneth E. Kendall, Julie E. Kendall. (2011). Systems Analysis and Design. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Kesuma, Chandra, Desiana Nur Kholifah. (2019). Sistem Informasi Akademik BerbasisWeb Pada Lkp Rejeki Cilacap. EVOLUSI - Jurnal Sains dan Manajemen Vol 7 (1), 82-88.

M. Brady, J. Loonam. (2010). Exploring the use of entity relationship diagramming as a technique to support grounded theory inquiry. Qualitative Research in Organizations and Management: An International Journal, -.

Marsani Asfi, Nopi Fitrianingsih. (2020). Implementasi Algoritma Naive Bayes Classifier sebagai Sistem Rekomendasi Pembimbing Skripsi. InfoTekJar (Jurnal Nasional Informatika dan Teknologi Jaringan).

O.Brien, James A. (2010). Management Information System. New York: Mc Graw Hill Irwin.

Regi Witanto, Hanhan Hanafiah Solihin. (2016). Perancangan Sistem Informasi Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web (Studi Kasus: SMP Plus Babussalam Bandung). Jurnal Infotronik, Volume 1, No. 1, 54-63.

Rosa. A.S, M. Shalahuddin. (2016). Rekayasa Perangkat Lunak Terstuktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika.

S, R. (2011). Konsep Dasar Rekayasa Perangkat Lunak. Jakarta.

Sudiati, Edy Listiarini, Didik Purwanto. (2017). Analisa dan Rancang Bangun Customer Relationship Managemet Pada Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Sentra Penelitian Engeineering dan Edukasi .

Suryani N, Setiawan A, Putri A. (2018). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Teddyana, A. (2017). Computer Based Test Untuk Seleksi Masuk Politeknik Negeri Bangkalis. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi 8(2), 114-124.

Utami Mizani Putri, Sri Rahayu. (2018). Aplikasi Computer Based Test (CBT) Sebagai Alternatif Evaluasi Hasil. Jurnal Sistem Informasi (JUSIFO), 153-164.

Widoyoko, E. P. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran: Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Zaduqisti. (2013). Problem-Based Learning (Konsep Ideal Model Pembelajaran untuk Peningkatan Prestasi Belajar dan Motivasi Berprestasi). Forum Tarbiyah-Edukasia Islamika




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i1.13715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: