Pengaruh Strategi Active Knowledge Sharing Dalam Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA
Abstract
Abstract: This type of research is quasi-experimental. The purpose of this study was to determine how the influence of active knowledge sharing learning strategies on student learning outcomes. The instrument used in this study is a learning outcome test. Data collection is carried out by giving post-test questions after learning. Descriptive and inferential statistics were used in the analysis of data from this study. The results of this study obtained the average score of the control class was 77.89 while the average score in the experimental class was 84.11. The results of the independent sample t-test used to test the hypothesis obtained a sig value (2 tailed) 0.002 < 0.05, thus there is a significant influence of active knowledge sharing learning strategies on student learning outcomes.
Abstrak: Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan memberi soal post-tes setelah pembelajaran. Statistik deskriptif dan inferensial digunakan dalam analisis data dari penelitian ini. Hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata dari kelas kontrol sebesar 77,89 sedangkan nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 84,11. Hasil independent sample t-test yang digunakan untuk menguji hipotesis diperoleh nilai sig (2 tailed) 0,002 < 0.05, dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan strategi pembelajaran active knowledge sharing terhadap hasil belajar siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Rusman, R. (2015). Pembelajaran tematik terpadu. Raja Grafindo Persada.
Yufrinalis, M., Fil, S., Tirin, S. S. N. D., Supratman, M., Mbari, M. A. F., Yusuf, M., ... & Kom, M. (2021). Pendidikan Profesi Keguruan dan Teknologi Pendidikan. Media Sains Indonesia.
Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Surya, E., & Fitri, R. (2016). Pengaruh Penerapan Model Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Di Kelas VIII SMP Negeri 9 Banda Aceh. Jurnal Pendidikan Serambi Ilmu, 27(2), 271–281. https://doi.org/https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/serambi-ilmu/article/view/123/120
Uno, B. H. (2023). Perencanaan pembelajaran. Bumi Aksara.
Awaluddin, R., & Setiyadi, M. W. (2023). Pengaruh Metode Pembelajaran Outdoor Learning Berbentuk Jelajah Lingkungan Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1), 46–61.
Putra, M. S., Setiyadi, M. W., Kamaluddin, K., & Firmansyah, E. (2023). Implementasi Model Pembelajaran Resource Based Learning (RBL) Untuk Menigkatkan Aktifitas Pembelajaran Matematika Siswa Kelas 6 SDN 02 Dompu. Genta Mulia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(1).
Setiyadi, M. W. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Biologi Siswa. Justek: Jurnal Sains dan Teknologi, 2(1), 22-28.
Mayasari, N., Amin, A. K., & Rofiqoh, L. (2019). Peningkatan pemahaman konsep matematik mahasiswa melalui model pembelajaran active knowledge sharing. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(2), 140–152. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i2.13513
Silberman, M. L. (2018). Active learning 101 cara belajar siswa aktif. Nuansa Cendekia. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=Fx5_EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=melvin+l+silberman+active+learning&ots=JLcE1pmTKs&sig=geecRmlEPyDwaLZUfsticMO4ZKo&redir_esc=y#v=onepage&q=melvin l silberman active learning&f=false
Permanasari, L., & Pradana, K. C. (2021). Model Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smp the Influence of Active Knowledge Sharing Learning Model on Mathematics Learning Outcomes of Junior. Ensiklopedia: Jurnal Pendidikan Dan Inovasi Pembelajaran Saburai, 01(01), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24967/ESP.v1i01.1327
Setiyadi, M. W. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Learning Cycle (7E) pada Materi Plantae. Jurnal Pijar Mipa, 16(2), 186-190.
Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&d dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67.
Purwanti, E., & Hatmanto, E. D. (2019). Understanding EFL Teachers’ Beliefs about Lesson Study and Their Knowledge Development Viewed from Social Cultural Theory of Vygotsky. English Language Teaching Educational Journal (ELTEJ), 2(2), 50–61.
Setiyadi, M. W. (2017). Perbedaan Hasil Belajar IPA Terpadu antara Pemberian Tugas di Awal Pembelajaran Dengan Pemberian Tugas di Akhir Pembelajaran pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Bolo Tahun Ajaran 2016-2017. AL-FURQAN, 6(1), 1-11.
Syamratulangi, S., Putra, I. S., & Setiyadi, M. W. (2021). Penggunaan Media E-Learning Shcoology dan Edmodo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Vygotsky: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 3(1), 37-48.
Sanjaya, W. (2015). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Kencana.
Nasruddin, N., Setiyadi, M. W., & Islamiati, N. (2022). Pengaruh Media Audio Visual terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas VIII SMP Negeri 01 Kediri Lombok Barat. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan dan Sosial, 3(1), 31-37.
Marlina, Y., & Sangadji, H. (2021). Penerapan Strategi Pembelajaran Active Knowladge Sharing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Pada Materi Struktur dan Fungsi Bagian Tumbuhan Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Kaporo Kabupaten Kepulauan Sula. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 7(1). https://doi.org/10.5281/zenodo.6372749
Saputri, A., & Sukirno, S. (2016). Penerapan Metode Active Knowledge Sharing Berbantu Media Teka Teki Silang Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 14(1). https://doi.org/10.21831/jpai.v14i1.11363
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i2.15442
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: