Hubungan ICT Literacy Dengan Hasil Belajar Informatika Kelas X TKJ SMKN 2 Padang Panjang
Abstract
Abstract: This research aims to determine the relationship between ICT Literacy and the informatics learning outcomes of class x TKJ SMKN 2 Padang Panjang. The problem in this research is that students' ICT Literacy is low so that the learning outcomes of students at SMKN 2 Padang Panjang are still lower than expected. The research is a type of quantitative research with a form of correlational research. The data processing method used in the research is product moment correlation. The sampling method used was simple random sampling, the number of samples in the study was taken randomly, totaling 31 students of class X TKJ SMKN 2 Padang Panjang. Data collection techniques use questionnaires, knowledge tests and documentation. Data analysis techniques use descriptive analysis, normality test, linearity test, homogeneity test and hypothesis test. The results of research on the relationship between ICT Literacy and Informatics Learning Outcomes for class X TKJ SMKN 2 Padang Panjang stated that the two variables were significant at the 0.05 level. The correlation coefficient (rcount) obtained is 0.400 which is positive or in the same direction. Then by comparing rcount > rtable, namely rtable at a significant level of 0.05 for N =31, the figure is 0.355 and it can be seen that there is a positive and significant relationship between ICT Literacy and the informatics learning outcomes of class X TKJ SMKN 2 Padang Panjang.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan ICT Literacy dengan hasil belajar informatika kelas x TKJ SMKN 2 Padang Panjang. Permasalahan pada penelitian ini yaitu ICT Literacy yang dimiliki siswa rendah sehingga hasil belajar siswa SMKN 2 Padang Panjang masih rendah dari yang diharapkan. Penelitian termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian korelasional. Metode pengolahan data yang digunakan dalam penelitian adalah korelasi product moment. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, jumlah sampel dalam penelitian diambil secara acak yang berjumlah 31 siswa kelas X TKJ SMKN 2 Padang Panjang. Teknik pengumpulan data menggunakan koesioner/angket, tes pengetahuan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji linieritas, uji homogenitas dan uji hipotesis . Hasil Penelitian Hubungan ICT Literacy Terhadap Hasil Belajar Informatika kelas X TKJ SMKN 2 Padang Panjang menyatakan bahwa dua variabel tersebut signifikan pada taraf 0,05. koefisien korelasi (rhitung) yang di peroleh nilai 0,400 yang bertanda positif atau searah. Kemudian dengan membandingkan rhitung > rtabel yaitu rtabel pada taraf signifikan 0,05 untuk N =31 sehingga memperoleh angka 0,355 dan dapat dilihat bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara ICT Literacy terhadap hasil belajar informatika kelas X TKJ SMKN 2 Padang Panjang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958
Carin, A. A., Sund, R. ., & Lahkar, B. K. (2018). Analisis Tingkat Kematangan Gonad Teripang Keling (Holothuria Atra) Di Perairan Menjangan Kecil, Karimunjawa Analysis. Journal of Controlled Release, 11(2), 430–439.
Fuadiah, N. F. (2021). Integrasi Literasi Digital Dalam Pembelajaran Abad 21. November, 62–66.
Helaludin. (2019). Peningkatan Kemampuan Literasi Teknologi dalam Upaya Mengembangkan Inovasi Pendidikan di Perguruan Tinggi. Pendais, I(skor 403), 44–55. https://uit.e-journal.id/JPAIs/article/view/218
Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411
Island, F., Islands, G., Fuke, Y., Iwasaki, T., Sasazuka, M., & Yamamoto, Y. (2021). Pentingnya Keterampilan Belajar di Abad 21 sebagai Tuntutan dalam Pengembangan Sumber Daya Manusia. 71(1), 63–71.
Kajin, S. (2018). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Literasi Digital Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif di MTs N Mojosari dan MTs N Sooko Mojokerto. PROGRESSA: Journal of Islamic Religious Instruction, 2(1), 133–142. https://doi.org/10.32616/pgr.v2.1.119.133-142
Khudriyah (2021). Metode Penelitian dan Statistika Pendidikan. Malang: Madani.
Mukhsin, M. (2020). Peranan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Menerapkan Sistem Informasi Desa Dalam Publikasi Informasi Desa Di Era Globalisasi. Teknokom, 3(1), 7–15. https://doi.org/10.31943/teknokom.v3i1.43
Naredi, H., Haqien, D., Ruslan, A., Nelsusmena, N., & Erlangga, G. (2022). Pembelajaran Sejarah Abad 21 dalam Menunjang Kompetensi Komunikasi dan Rasa Nasionalisme Siswa. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 7(3), 762. https://doi.org/10.28926/briliant.v7i3.1065
Nurhayati. (2023). Hubungan Kemampuan Literasi Teknologi Dan Informasi (Ti) Dan Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas Xi Di Sman 1 Makassar. 1.
Oktariani, O., & Ekadiansyah, E. (2020). Peran Literasi dalam Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan (J-P3K), 1(1), 23–33. https://doi.org/10.51849/j-p3k.v1i1.11
Rahmad Setyo Jadmiko, D. R. W. (2022). Pengaruh pembelajaran berbasis komputer terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran teknologi informasi dan komunikasi (tik) kelas xi di sma negeri 1 tulungagung. 6, 35–40.
Sabban, N. D. M. (2022). Analisis Manajemen Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Matematika Di SMA Negeri 3 Makassar. Journal of Applied Management and Business Research (JAMBiR), 2(2), 196–202.
Winarno, A., & Ashari, V. D. (2022). Hubungan Antara Literasi TIK dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Siswa SMK. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 7(1), 68–75. https://doi.org/10.30998/sap.v7i1.12826
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i3.16792
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: