Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Iklan Kelas V Di SDN 028 Tarakan

Siti Nur Hamifam, Donna Rhamdan, Mety Toding Bua

Abstract


Abstract:  This study explains the effect of the role playing method on student learning outcomes in class V advertising material at SDN 028 Tarakan. In this study using quasi-experimental quantitative research. The population in the study were fifth grade students at SDN 028 Tarakan and the samples were taken using a simple random sampling type from classes V-A and V-B with a total of 49 students in the even semester of the 2022/2023 school year. The data collection technique used is data collection using tests. the results of the independent sample t-test on the effect of the role playing method which was reviewed from student learning outcomes obtained tcount = 5,027 at a significance level of 0.05 and df = 47, then ttable = 1,678, meaning tcount > ttable. Thus, the use of the role playing method has a significant influence on student learning outcomes.

Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk pengaruh metode role Playing  terhadap hasil belajar siswa pada materi iklan kelas V di SDN 028 Tarakan. ada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V di SDN 028 Tarakan dan sampel yang di ambil menggunakan jenis simple random sampling dari kelas V-A dan V-B yang berjumlah 49 siswa pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data menggunakan tes. hasil uji independent sample t-test terhadap pengaruh metode role playing yang ditunjau dari hasil belajar siswa diperoleh thitung = 5.027 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 47 maka diperoleh ttabel = 1.678, berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, penggunaan metode role playing  memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

References


Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839

Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24

Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336

Arikunto. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.

Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012

Asep Jihad. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.

Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.

Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412

Handika, S., Pendidikan, J., Sekolah, G., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tarakan, U. B. (2018). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation ( Gi ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 028 Tarakan.

Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8), 1–5.

Nurambia, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Role Playing Pada Materi Seni Rupa Dua Dimensi Di Sman 1 Labuhan Deli. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(1), 152. https://doi.org/10.24114/gr.v10i1.23751

Rhamdan, D. (2013). Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 37–58. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.450

Rinaldi, I. M. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SESUAI UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING Ifan Mustika Rinaldi Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya. 6(2).

Rismawati. (2019). SEJ (School Education Journal) Vol. 9 No. 1 Juni 2019. SEJ (School Education JournaL), 9(1), 78–85.

Subekti, A. (2017). Benda-Benda Di Sekitar Kita Tematik Berpadu Kurikulum 2013. Kemendikbud.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-ruzz Media.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Prenadamedia Group.

Tarmujianto, T. (2020). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Etika Publik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.7047

Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410

Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89




DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.17650

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JUSTEK Official: