Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Iklan Kelas V Di SDN 028 Tarakan
Abstract
Abstrak: Penelitian ini memiliki tujuan yaitu untuk pengaruh metode role Playing terhadap hasil belajar siswa pada materi iklan kelas V di SDN 028 Tarakan. ada penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Populasi dalam penelitian yaitu siswa kelas V di SDN 028 Tarakan dan sampel yang di ambil menggunakan jenis simple random sampling dari kelas V-A dan V-B yang berjumlah 49 siswa pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pengumpulan data menggunakan tes. hasil uji independent sample t-test terhadap pengaruh metode role playing yang ditunjau dari hasil belajar siswa diperoleh thitung = 5.027 pada taraf signifikansi 0,05 dan df = 47 maka diperoleh ttabel = 1.678, berarti thitung > ttabel. Dengan demikian, penggunaan metode role playing memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Full Text:
PDFReferences
Ali, M. (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia Dan Sastra (Basastra) Di Sekolah Dasar. PERNIK : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1), 35–44. https://doi.org/10.31851/pernik.v3i2.4839
Ananda, R. (2018). Peningkatan Pembelajaran Pkn Dengan Penerapan Metode Role-Playing Siswa Kelas Ii Sdn 003 Bangkinang Kota. Jurnal Basicedu, 2(1), 33–42. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.24
Andrianto, N. (2018). Pesan Kreatif Iklan Televisi Dalam Bulan Ramadan: Analisis Semiotika Iklan Bahagianya adalah Bahagiaku. Jurnal Studi Komunikasi (Indonesian Journal of Communications Studies), 2(1), 17–31. https://doi.org/10.25139/jsk.v2i1.336
Arikunto. (2013). Prosedur penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT. Rineka Cipta.
Arsyad, A., & Sulfemi, W. B. (2018). Metode Role Playing Berbantu Media Audio Visual Pendidikan Dalam Meningkatkan Belajar Ips. Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 3(2), 41. https://doi.org/10.26737/jpipsi.v3i2.1012
Asep Jihad. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Ayu Desy N. Endah Lulup T P. dan Suharsono Naswan. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar Spiritual Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ekonomi, 4(1), 4.
Farhrohman, O. (2017). Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD/MI. Primary: Jurnal Keilmuan Dan Kependidikan Dasar, 9(1), 23–34. http://www.jurnal.uinbanten.ac.id/index.php/primary/article/view/412
Handika, S., Pendidikan, J., Sekolah, G., Keguruan, F., Ilmu, D. A. N., & Tarakan, U. B. (2018). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation ( Gi ) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sd Negeri 028 Tarakan.
Kartini, T. (2007). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Minat Siswa dalam Pembelajaran Pengetahuan Sosial di Kelas V SDN Cileunyi I Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(8), 1–5.
Nurambia, N. (2021). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Role Playing Pada Materi Seni Rupa Dua Dimensi Di Sman 1 Labuhan Deli. Gorga : Jurnal Seni Rupa, 10(1), 152. https://doi.org/10.24114/gr.v10i1.23751
Rhamdan, D. (2013). Hubungan Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Kewirausahaan Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Bogor. Jurnal Teknologi Pendidikan, 2(2), 37–58. https://doi.org/10.32832/tek.pend.v2i2.450
Rinaldi, I. M. (2020). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS DIALOG SEDERHANA SESUAI UNGGAH-UNGGUH BAHASA JAWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING Ifan Mustika Rinaldi Mahasiswa Program Pascasarjana , Prodi Pendidikan Dasar , Universitas Negeri Surabaya. 6(2).
Rismawati. (2019). SEJ (School Education Journal) Vol. 9 No. 1 Juni 2019. SEJ (School Education JournaL), 9(1), 78–85.
Subekti, A. (2017). Benda-Benda Di Sekitar Kita Tematik Berpadu Kurikulum 2013. Kemendikbud.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Suprihatiningrum. (2013). Strategi Pembelajaran. Ar-ruzz Media.
Susanto, A. (2016). Teori Belajar & Pembelajaran. Prenadamedia Group.
Tarmujianto, T. (2020). Penggunaan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Etika Publik. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 5(2). https://doi.org/10.30998/sap.v5i2.7047
Widayanti, L. (2014). Peningkatan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Siswa dengan Metode Problem Based Learning pada Siswa Kelas VIIA MTs Negeri Donomulyo Kulon Progo Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Fisika Indonesia, 17(49), 32–35. https://doi.org/10.22146/jfi.24410
Yusnarti, M., & Suryaningsih, L. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(3), 253–261. https://doi.org/10.54371/ainj.v2i3.89
DOI: https://doi.org/10.31764/justek.v6i4.17650
Refbacks
- There are currently no refbacks.
JUSTEK Official: